Tips agar Luka Cepat Kering

Tips agar Luka Cepat Kering

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Salah satu hal yang ingin diketahui siapa pun setelah menderita cedera, terluka, atau setelah menjalani prosedur operasi adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk luka mengering. Jawabannya, tentu saja, bergantung pada berbagai faktor, tetapi ada sejumlah langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu luka kering lebih cepat.

Luka dapat diklasifikasikan dengan beberapa cara:

Terbuka vs Tertutup

Luka terbuka adalah luka dengan jaringan di bawah kulit yang terbuka. Luka tertutup terjadi karena benturan benda tumpul, menyebabkan jaringan kulit terluar tetap utuh. Hanya saja efeknya mengenai jaringan di bawah kulit, sehingga menghasilkan memar atau rona kemerahan atau kebiruan.

Akut vs Kronis

Luka diklasifikasikan sebagai luka akut atau kronis tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh. Luka akut sembuh tanpa komplikasi dalam waktu yang relatif dapat diprediksi. Luka kronis membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan seringkali melibatkan beberapa komplikasi.

Luka Bersih vs. Terkontaminasi

Luka bersih tidak memiliki benda asing atau kotoran di dalamnya. Luka yang terkontaminasi (juga dikenal sebagai luka terinfeksi) mungkin terdapat kotoran, bakteri, atau benda asing lainnya.

Baca Juga:10 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka

Selain mengikuti instruksi perawatan luka dari dokter atau ahli bedah, tips-tips berikut ini bisa Anda terapkan supaya luka cepat kering.

1. Istirahat yang Cukup

Sistem kekebalan tubuh menghabiskan banyak energi saat bekerja untuk memerangi infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak atau terluka. Ketika tubuh tidak punya waktu untuk istirahat dan pulih, proses penyembuhan secara signifikan menjadi lebih lambat.

2. Perhatikan Nutrisi Makanan

Nutrisi yang baik sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah peradangan. Jika Anda mengalami luka yang cukup serius, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi, protein, vitamin, dan mineral untuk membantu proses penyembuhan. Vitamin A dan C, zinc, asam lemak omega-3, dan vitamin K sangat penting. Sama seperti memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, penting juga untuk mengetahui apa yang harus dihindari. Makanan olahan (junkfood/fastfood), alkohol dan minuman dengan kandungan gula tinggi harus dibatasi, atau lebih baik lagi dihindari.

3. Jaga Luka Tetap Kering

Menjaga permukaan luka tetap bersih tanpa membuatnya terlalu kering bisa menjadi membantu kulit yang terluka lebih cepat mengering. Dalam kasus luka bedah, mungkin memerlukan penggantian perban secara teratur untuk menjaga lokasi luka yang bersih dan sehat. Namun, menghindari infeksi dengan menjaga luka tetap bersih dan tidak terlalu lembab akan membuat proses penyembuhan berjalan lebih lancar karena terhindar dari risiko infeksi bakteri.

4. Gunakan Plaster Luka

Khususnya untuk anak-anak, atau daerah tubuh yang rawan bersentuhan dengan benda kotor, plester untuk luka bertujuan memberi perlindungan di bagian luka agar terhindar dari infeksi. Namun, pembersihan luka dan pemberian obat merah harus tetap dilakukan dahulu, barulah diberi plester.

Plester akan membantu menutup luka di lingkungan yang lembap sehingga sel-sel baru dapat tumbuh dan memperbaiki kulit tanpa terkena bakteri yang rawan menempel di kondisi kulit yang lembab dan terbuka.

Namun, perlu diketahui jika plaster harus diganti setiap hari kecuali jika Anda telah disarankan untuk melakukannya sebaliknya oleh dokter. Tutupi luka sampai benar-benar sembuh, tetapi pastikan untuk mengganti plaster atau pembalut luka Anda secara teratur. 

5. Oleskan Salep Penyembuhan Luka

Salep pengering luka adalah kunci penyembuhan luka yang cepat. Ini membantu menciptakan lingkungan penyembuhan yang lembab dan telah terbukti secara klinis untuk membantu dan mempercepat proses penyembuhan luka alami hingga dua kali lebih cepat, dibandingkan dengan luka yang tidak diobati. Ulangi secara teratur sampai penyembuhan selesai.

Baca Juga:Tips Merawat Luka Caesar agar Cepat Sembuh

 

Sumber

Wound Care. 2017. 7 Factors that Affect Wound Healing. www.woundcareinc.com

HaymSalomon. How to Help Wounds Heal Fast. www.haymsalomonhome.com

Elastoplast. How to Heal a Wound Quickly. www.elastoplast.com.au