Kenali Tipe Tubuh untuk Hasil Olahraga Maksimal

Image: Express.co.uk

Sering makan banyak tapi tetap kurus? Atau sudah coba berbagai diet tapi tetap gemuk? Mungkin tipe tubuh anda memang seperti itu. Karena faktanya ada beberapa tipe tubuh manusia. 

Tahun 1940-an, dokter William Sheldon berpendapat bahwa tubuh dibagi jadi 3 tipe. Tipe tersebut punya ciri khas dan metabolisme tubuh yang berbeda. Maka dari itu, olahraganya pun harus berbeda.

1. Apa Tipe Tubuh Anda?

Image: bruknowsfit.com

Tiap tipe tubuh punya ciri khas yang berbeda, tergantung pada kemampuan metabolisme. Tipe tersebut adalah:

Ectomorph

Orang dengan tipe tubuh ectomorph bisanya tinggi dan langsing. Susah untuk menaikkan berat badan, walaupun sudah makan banyak. Susah pula untuk membentuk otot tubuh.

Mesomorph

Tipe tubuh yang terlihat kekar berotot dengan bahu lebih lebar daripada pinggang. Mudah untuk naik berat badan sekaligus menurunkannya. Metabolismenya normal dan mudah membentuk otot.

Endomorph

Orang endomorph mudah naik berat badan dan menyerap lemak. Postur tubuhnya tinggi, dan besar. Biasanya lebar bahu sama dengan lebar pinggang dengan tulang rusuk yang tebal.

Walaupun begitu, bisa jadi tipe tubuh anda adalah campuran. Misalnya, tulang tangan terlihat besar dan berotot namun tetap sulit untuk menaikkan berat badan. 

Untuk tubuh campuran, pilih tipe yang paling dominan. Tipe tubuh ini nantinya akan jadi kunci untuk pemilihan jenis olahraga.

2. Jenis Olahraga yang Tepat

Image: mendhealth.com

Ectomorph

Metabolisme pada ectomorph terjadi dengan sangat cepat.  Olahraga yang tepat adalah paduan sedikit cardio dan lebih berfokus pada pembentukan otot.

Awali dengan pemanasan olahraga aerobik (jogging, senam, bersepeda) selama 5 menit. Kemudian fokus pada pembentukan otot melalui angkat beban, push up, sit up, plank, sprint) dengan 3-4 set (1 set = 10 kali pengulangan) per bagian otot. Akhiri dengan pendinginan selama 10 menit.

Selingi dengan istirahat 2-3 menit per set untuk mengambil nafas. Lakukan rutin 3 kali seminggu agar otot anda punya waktu untuk pemulihan.

Mesomorph

Orang dengan tipe mesomorph memiliki metabolisme yang baik, ditambah komposisi otot yang solid dan kuat. Sebaiknya lakukan perpaduan seimbang antara olahraga aerobik dengan pembentukan otot.

Lakukan olahraga aerobik seperti HIIT, jumping jack, atau jogging selama 30-45 menit. Jadikan rutin 2-3 kali seminggu.

Lalu angkat beban dengan 3-4 set (1 set = 12 kali pengulangan) per bagian otot. Syaratnya, tiap set beban ditambah bertahap. Istirahat 90 detik setiap set. Untuk pembentukan otot ini harus rutin 3- 5x seminggu.

Jika pemula, intensitas bisa dikurangi sesuai kemampuan. Namun, harus meningkat secara bertahap pada waktu selanjutnya.

Endomorph

Para endomorph memiliki cadangan lemak yang lebih banyak. Oleh karena itu, fokus utama olahraga adalah membantu diet makanan untuk turunkan berat badan.

Olahraga cardio seperti HIIT dan lari cocok untuk membakar lemak. Cukup rutin 2-3 kali seminggu selama 30 menit. Selain itu ditambah push up, sit up, plank, squat, dan angkat beban masing-masing 50 detik dengan diselingi istirahat 10 detik.

Poin utama adalah membakar kalori. Olahraga pembentukan otot pada endomorph bisa ditingkatkan setelah massa lemak berkurang.

Setelah menyimak artikel diatas, anda sudah tahu jenis olahraga yang tepat untuk tipe tubuh anda bukan? Jangan ditunda lagi, mulai dari sekarang dipraktekan!

Sumber:
How to Eat and Train a Mesomorph Body Type? 2014. acefitness.org
How to Eat and Train a Endomorph Body Type? 2014. acefitness.org
Ectomorph, Mesomorph, Endomorph: How to Train for Your Body Type. 2017. coachmag.co.uk
What is Your Body Type? 2018. bodybuilding.com
What is The Best Workout for Ectomorph? 2018. bodybuilding.com
Doug’s Mass Building Routine for Ectomorphs. 2018. muscleandstrength.com