Tidur Larut Malam dan Bangun Siang, Ketahui Bahayanya untuk Kesehatan

Tidur Larut Malam dan Bangun Siang, Ketahui Bahayanya untuk Kesehatan

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Terjaga hingga larut malam bahkan melewatkan tidur malam sepenuhnya mengakibatkan akumulasi utang tidur yang mempengaruhi tubuh dalam berbagai cara, termasuk efek buruk pada sistem kekebalan tubuh, performa, fokus dan fungsi otak. Hal ini bisa semakin buruk jika ditambah dengan bangun yang terlalu kesiangan. Berikut beberapa efek buruk tidur larut malam dan bangun siang bagi kesehatan.

1. Berhubungan dengan tekanan darah tinggi

Orang yang begadang lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi) dibandingkan orang yang tidak begadang. Kondisi umum ini terjadi ketika kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Pola gaya hidup seperti makan tengah malam karena kesulitan tidur atau kurang olahraga karena bangun siang dapat berkontribusi pada kemungkinan hipertensi yang lebih tinggi. Stres baik fisiologis maupun psikologis mungkin juga memainkan peran besar.

2. Dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Ketika orang tidur larut malam, yang sering mereka lakukan adalah makan larut malam, dan itu diketahui dapat menimbulkan masalah dengan cara tubuh Anda menangani dan memetabolisme makanan.

Beberapa ahli percaya bahwa makan larut malam mengganggu periode puasa semalam alami tubuh, yang dapat mengganggu kemampuannya untuk membakar lemak. Terlebih jika lapar dan ingin makan larut malam, seseorang cenderung mendambakan makanan yang tidak sehat.

3. Risiko lebih tinggi terkena diabetes

Diabetes tipe 2 adalah kondisi yang serius, terutama jika berhubungan dengan tidur larut malam. Faktanya, dalam meta-analisis Januari 2022 yang diterbitkan di Advances in Nutrition, para peneliti menemukan bahwa di 39 penelitian, tidur larut malam dan makan larut malam memiliki “risiko diabetes yang jauh lebih tinggi” bersama dengan masalah kesehatan lainnya.

4. Sakit kepala dan pegal – pegal

Tidur larut malam memiliki dampak besar pada fungsi otak manusia. Jika Anda membuat gangguan dalam fungsi reguler otak Anda karena tidur larut malam bahkan begadang, maka Anda harus menghadapi konsekuensinya seperti sakit kepala keesokan harinya. Selain itu, nyeri punggung dan pegal – pegal merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena tidur larut malam.

5. Terkait dengan depresi dan suasana hati yang buruk

Jika Anda suka tidur larut malam, Anda mungkin cenderung mengalami masalah terkait suasana hati atau moodOrang yang tidur larut malam dan bangun siang mungkin cenderung lebih sulit untuk mengatur emosi mereka. Dalam sebuah studi tahun 2017 di Journal of Biological Rhythms, para ilmuwan menemukan bahwa “night owl” lebih cenderung menekan perasaan mereka dan lebih kecil kemungkinannya untuk mempraktikkan penilaian ulang kognitif (kemampuan untuk mengubah cara seseorang berpikir tentang sesuatu—untuk “melihat sisi baiknya, ” misalnya) daripada orang yang tidur sebelum larut malam dan bangun pagi.

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaiki pola tidur?

Siklus tidur Anda secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan waktu tidur lebih awal dengan cara memulai tidur beberapa menit lebih awal setiap malam. Tidak perlu terburu-buru terlalu cepat, perbaiki waktu tidur secara perlahan. Penting juga untuk menghindari cahaya terang di malam hari dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Mengekspos diri Anda pada cahaya terang di pagi hari juga dapat membantu memprogram ulang otak untuk bangun lebih awal. 

Baca Juga: 10 Cara Efektif Atasi Insomnia



Sumber

Health. (2022). Is Staying Up Late Bad for You?. www.health.com

Cleveland Clinic. (2022). Here’s What Happens When You Don’t Get Enough Sleep (and How Much You Really Need a Night). www.health.clevelandclinic.org

WebMD. (2022). Physical Side Effects of Oversleeping. www.webmd.com