Tidak Hanya untuk Rokok, Berikut Manfaat Tembakau yang Perlu Anda Tahu

Tidak Hanya untuk Rokok, Berikut Manfaat Tembakau yang Perlu Anda Tahu

Penulis: Fajar | Editor: Ratna

Umumnya orang mengasosiasikan tembakau sebagai bahan utama rokok, lantas hal tersebut kemudian dianggap buruk. Namun, tembakau ya tembakau, ada atau tidaknya rokok.

Sebagai tumbuhan, tentu tembakau punya manfaat, pun itu tersaji dalam bentuk rokok. Tumbuhan tembakau kerap berguna untuk keperluan medis, dan kebutuhan positif lainnya, berikut manfaat tanaman ini yang bisa Anda ketahui:

Baca Juga: Mana Lebih Baik: Rokok Tembakau vs Rokok Elektrik?

1. Pengusir Serangga

Ya, tanaman ini adalah pengusir serangga yang alami. Jika Anda ingin membuat acara di luar ruangan, dimana biasanya banyak serangga, tembakau bisa jadi solusi.

Campurkan tembakau dengan air dengan cara diaduk, lalu rendam hingga aroma tanaman ini tercampur ke air, dan semprotkan atau siram ke area yang ingin Anda bersihkan. Hal tersebut juga bisa Anda lakukan saat berkemah.

2. Pembunuh Hama

Tanaman ini merupakan bahan alami untuk membunuh hama di perkebunan Anda. Tumbuhan ini ampuh membunuh hama-hama tanaman seperti lipan, ulat, dan siput.

Hewan-hewan tersebut biasanya berada di perkebunan untuk memakan daun, sehingga membuat kebun Anda tidak panen dengan baik. Larutkan daun tumbuhan ini dengan air, lalu siram air tersebut ke tanah pada area perkebunan Anda.

3. Meredakan Alergi

Tembakau juga disebut ampuh untuk meredakan alergi. Tanaman ini bisa menjadi bahan alami pereda alergi dan gatal sebagai pengganti obat kimia.

Oleskan sari daun tembakau pada kulit yang alergi. Nikotin dalam tumbuhan ini bertanggung jawab untuk mengeluarkan alergen dan memperbaiki kulit hingga kembali normal.

4. Pertolongan Pertama pada Luka Kecil

Tanaman ini juga bisa meredakan luka kecil. Selain meredakan, tembakau juga bisa menyamarkan bau pada luka dengan cara mengoleskan daun tembakau yang telah dibasahi terlebih dahulu.

5. Membersihkan Saluran Hidung

Uap dari rebusan daunnya disebut bisa membersihkan saluran napas, mulai dari hidung hingga paru-paru. Khasiatnya juga dapat membantu untuk meredakan asma dan tuberkulosis.

6. Menurunkan Risiko Parkinson

Sebuah penelitian di Harvard menyebut bahwa perokok memiliki risiko parkinson lebih kecil. Pada penelitian tersebut menyebutkan bahwa tembakau pada rokok mampu memberi perlindungan pada risiko parkinson pada seseorang.

Baca Juga: 10 Masalah Kesehatan Akibat Kebiasaan Merokok yang Perlu Diwaspadai

7. Terhindar dari Obesitas

Sejumlah penelitian menyebut bahwa merokok dapat menekan nafsu makan berlebih. Sejumlah penelitian juga menyebut kenaikan berat badan pada seseorang banyak yang disebabkan karena berhenti merokok.

Memang kaitan hal tersebut tidak terbukti secara medis. Namun, pengalihan dari berhenti merokok biasanya seseorang cenderung untuk memilih kebiasaan ngemil atau makan berlebih.

8. Jadi Bahan Obat

Sejumlah penelitian menyebut bahwa tumbuhan ini bisa digunakan untuk sejumlah racikan obat. Zat-zat terapeutik padanya bisa digunakan sebagai racikan obat penyembuh wasir hingga tetanus. Bahkan, beberapa di antaranya menyebut bahwa tumbuhan mengandung zat anti kanker.

9. Bahan Vaksin

Dengan cara produksi dan melalui hasil analisis penggunaan yang tepat, tanaman ini merupakan salah satu opsi bahan untuk membuat vaksin influenza.

Penelitian mencoba menyimpan materi genetik ke dalam daun tembakau yang menghasilkan partikel mirip flu yang mengandung antigen, yang memicu respons imun. Menurut peneliti, karena partikel virus flu tidak hidup, kemungkinan penularannya minimal.

10. Bahan Bakar Alternatif

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tembakau bisa berfungsi sebagai bahan dasar produksi bahan bakar biofuel. Benih tembakau yang dimodifikasi dan dibudidayakan mampu dimanfaatkan untuk produksi biofuel.

Baca Juga: Kandungan Rokok yang Mengerikan Bagi Tubuh

Sumber

Live Science. 5 Health Benefits of Smoking. www.livescience.com

NCBI. (2004). Medicinal uses of tobacco in history. www.ncbi.nlm.nih.gov

Real Living/ (2017). 5 Beneficial Uses of Tobacco. www.realliving.com

Winston Salem Journal. (2016). Tobacco leaves. journalnow.com