Tidak Hanya Melancarkan Pencernaan, Ini 9 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Tidak Hanya Melancarkan Pencernaan, Ini 9 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Penulis: Novi | Editor: Handa

Jahe merupakan salah satu rempah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Jahe terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah memiliki ciri warna kulit rimpang yang kemerahan dan warna bagian dalam yang berwarna merah muda. Berdasarkan ukurannya, jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jahe-jahe lainnya.

Jahe merah atau yang dikenal dengan nama jahe sunti ini memiliki aroma dan rasa lebih kuat dibandingkan jenis jahe lainnya. Jahe merah pun dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena jahe memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi tubuh, seperti antibakteri, flavonoid, gingerol, dan lainnya. Lantas, apa saja manfaat jahe merah?

1. Mengurangi Mual dan Muntah

Sama seperti jenis jahe lainnya, jahe merah pun memiliki kandungan gingerol dan minyak atsiri. Kedua kandungan tersebut dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Minyak atsiri berfungsi menyegarkan dan memblokir reflek muntah. Semantara itu, kandungan gingerol dalam jahe merah dapat melancarkan aliran darah dan saraf dengan baik.

Rasa mual dan muntah disebabkan oleh proses peradangan bakteri, seperti bakteri h.pylori. Kandungan anti bakteri dan anti radang pada jahe merah dapat mencegah dan menghambat terjadinya peradangan bakteri H.pylori. Akibatnya, rasa mual dan muntah dapat berkurang.

2. Mencegah dan Mengobati Masalah Pencernaan

Jahe merah dikenal dapat menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, kandungan anti bakteri pada jahe merah dapat melawan perkembangan bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan, seperti Salmonela entriditis dan E.coli. Selain itu, kandungan anti radang dalam jahe merah sendiri mampu mencegah infeksi bakteri pada saluran pencernaan.

3. Meningkatkan Kesehatan Seksual pada Pria

Jahe merah juga berfungsi dalam menjaga kesehatan seksual pada pria. Kandungan gingerol yang terdapat dalam jahe merah dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh. Lancarnya aliran darah dalam tubuh berpengaruh pada peningkatan ereksi pada pria.

Selain itu, kandungan antioksidan dan androgenik dalam jahe merah pun mampu meningkatkan produksi hormon testosteron. Hormon ini berpengaruh pada peningkatan kesuburan pria.

4. Mengobati Batuk dan Nyeri Tenggorokan

Batuk dan nyeri tenggorokan sering kali disebabkan karena terjadinya peradangan. Kandungan flavonoid di dalam jahe merah memiliki sifat anti radang. Hal ini berguna untuk meredakan batuk dan menyembuhkan nyeri tenggorokan, terutama yang disebabkan oleh proses peradangan.

Baca Juga : 11 Penyebab Sakit Tenggorokan yang Harus Anda Ketahui

5. Anti Inflamasi (Anti Peradangan)

Jahe merah memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid memiliki sifat anti radang yang dapat mencegah proses peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe merah juga memiliki kandungan senyawa aktif lain, seperti gingerol, gingerdione, zingeron, dan oleoresin yang juga dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.

6. Meningkatkan Imunitas

Selain memiliki kandungan anti radang dan senyawa aktif lainnya, jahe merah juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

7. Mencegah dan Mengobati Asam Urat

Rutin mengonsumsi jahe merah dapat mencegah dan mengobati asam urat. Hal tersebut disebabkan jahe merah memiliki kandungan anti radang yang dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada sendi. Selain itu, kandungan gingerol dalam jahe merah berfungsi meningkatkan aliran darah tubuh sehingga dapat membersihkan penumpukan asam urat pada persendian.

8. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe merah juga dapat mencegah kanker. Hal ini karena tingginya antioksidan mendorong peningkatan imunitas tubuh. Akibatnya, perkembangan sel kanker dalam tubuh dapat dicegah.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama seperti jenis jahe lainnya, jahe merah pun bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan oleoresin pada jahe merah memberikan efek pedas dan hangat yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Efek hangat tersebut dapat menjadi energi yang meningkatkan proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun hindari mengonsumsi jahe merah secara berlebihan. Pasalnya, jahe merah dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu dampak negatif dari penggunaan jahe merah secara berlebih adalah menyebabkan pendarahan, penurunan kadar gula darah, dan menyebabkan masalah pada kehamilan.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Jelly Gamat dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Sumber


Herba Mojo.2019. 5 Health Benefit of Red Ginger. herbamojo.id
World Today News. 2020. Consumtion of Red Ginger, These Benefit for Health. www.world-today-news.com
Benefits Of. 2018. Benefits of Red Ginger for Health, from Digestion to fertility. benefits-of.com
Healthline. 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger. www.healthline.com
Jutti Levita, dkk. 2020. Pemeriksaan Kesehatan dan Penyuluhan  Pemanfaatan Jahe Merah sebagai Tanaman Berkhasiat Antiradang Bagi Kader PKK di Desa Cikidang Kecamatan Lembang. Dharmakarya:Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat.