Mengenal Tea Tree, Bahan Alami untuk Kulit Lebih Cantik

Image: facingacne.com

Minyak tea tree (daun tea tree) disebut sebagai Melaleuca Oil. Pohon teh jenis ini pun esensial hanya ada di Australia.

Tea tree dapat digunakan untuk atasi permasalahan kulit, kuku, dan rambut. Bahkan bisa jadi deodoran, obat kumur dan usir bau tubuh , lho!

Kandungan & Manfaatnya untuk Kulit

Anti Radang

Tea tree mengandung terpinen-4-ol, zat anti radang alami dalam jumlah yang tinggi. Zat ini bantu meringankan rasa sakit dan iritasi kulit. Selain itu, tea tree juga dapat kurangi bengkak maupun kemerahan akibat radang. 

Penelitian sebutkan bahwa tea tree bisa redakan radang yang diakibatkan alergi kulit terhadap logam.

Namun hati-hati saat pemakaian, tidak dianjurkan mengoleskan secara langsung pada kulit. Cairkan ekstrak tea tree terlebih dahulu dengan minyak atau cairan lain yang tidak berbahaya. Jika ragu silahkan konsultasi terlebih dulu dengan dokter,

Anti Bakteri dan Jamur

Tea tree sudah dikenal luas di Australia sebagai pengobatan alami untuk masalah kulit. Hal ini dikarenakan sifatnya yang anti bakteri dengan cara merusak dinding sel bakteri.

Salah satu penelitian tentang hubungan tea tree dengan jamur adalah kemampuannya bunuh jamur candida albicans. Jemur tersebut merupakan jenis yang umum menyerang kulit manusia.

Dan kandungan terpinen-4-ol tea tree dapat tingkatkan fungsi flukanozol, yaitu obat anti jamur.

Kulit Berminyak

Selain peradangan, tea tree juga bantu menghalau minyak berlebihan. Terbukati dalam penelitian, bahwa orang yang pakai tabir surya dengan kandungan tea tree mampu turunkan produksi minyak setelah 30 hari pemakaian.

Caranya hanya dengan mencampur 2 tetes tea tree dalam tabir surya yang biasa anda pakai.

Jerawat

Manfaat tea tree yang satu ini cukup terkenal. Pasalnya, berbagai penelitian sebutkan minyak tea tree dapat obati jerawat. Hasilnya, baik jumlah maupun tingkat keparahan jerawat berkurang dengan signifikan.

Namun dibandingkan obat berbahan kimia, memang hasilnya baru terlihat setelah pemakaian agak lama. Pemakaian tea tree jangka panjang perlu dampingan dokter karena tidak menutup kemungkinan beberapa orang tidak cocok.

Penelitian sendiri mengklaim bahwa minyak tea tree punya efek samping yang lebih sedikit.

Cara & Saran Pakai

Untuk tea tree komersial, biasanya sudah ada dosis dan anjuran pakai. Beberapa saran lain terkait penggunaan tea tree adalah:

  • Tidak menggunakan tea tree ekstrak murni. Tea tree tersebut rentan terhadap kulit yang sensitif. Cairkan dengan larutan lain terlebih dulu, seperti minyak kelapa, minyak almond, atau olive oil.
  • 2 tetes tea tree ekstrak dicampur dengan 12 tetes larutan campuran
  • Coba dulu di kulit yang tertutup, misalnya siku. Ini untuk mengetes kecocokan kulit anda terhadap tea tree. Urungkan pemakaian jika terjadi alergi.
  • Hati-hati pada daerah mata

Meskipun laporan tentang efek samping tea tree sangat sedikit, tetap ada kemungkinan kulit yang tidak cocok. Beberapa efek samping yang mungkin timbul adalah alergi, gatal, rasa terbakar, kering, kulit memerah, dan iritasi.

Selalu mulai dengan dosis yang rendah terlebih dulu.

Nah, itulah fakta dan manfaat tentang tea tree yang sedang fenomenal. Dan ternyata, tea tree juga bisa hilangkan ketombe karena sifat anti jamurnya, lho! Masih ragu pakai tea tree?

 

Sumber:

Tea Tree Oil. 2017. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-tea-tree-oil/art-20364246

11 Benefit of Tea Tree Oil. 2018. https://www.medicalnewstoday.com/articles/262944.php

How Does Tea Tree Oil Help Skin? 2018. https://www.healthline.com/health/tea-tree-oil-for-skin