Pahami Tahapan Pertumbuhan Bayi Ideal Usia 0-11 Bulan

Pahami Tahapan Pertumbuhan Bayi Ideal Usia 0-11 Bulan

Penulis: Dea | Editor: Handa

Tahun pertama perkembangan bayi merupakan periode dimana bayi belajar fokus dengan penglihatannya, menjangkau, dan mengeksplorasi hal-hal apapun yang berada di sekitarnya. Bayi mengalami beberapa perkembangan penting dalam hidupnya meliputi perkembangan kognitif, sosial dan emosional, bahasa, serta fisik atau gerakan.

Sebagai orang tua, tentunya Anda perlu mengetahui pertumbuhan ideal buah hati Anda sebagai acuan apakah sudah berada di jalur yang benar atau belum. Pasalnya, jika tidak sesuai dengan tahapan pertumbuhannya, hal ini menandakan adanya masalah pada bayi Anda. Beberapa tahapan pertumbuhan bayi yang ideal, meliputi:

1. Perkembangan Fisik atau Gerakan

Pertumbuhan bayi pada tahun pertama berlangsung dramatis. Bayi tumbuh lebih tinggi, dan kepala mereka menjadi lebih besar. Selain itu, mereka juga mampu melakukan beberapa gerakan, seperti:

  • Otot leher bayi berusia 1 bulan umumnya belum cukup kuat untuk menopang kepalanya dalam waktu lama. Bayi hanya bisa mengangkat kepalanya sebentar ketika tengkurap. Gerakan tungkai dipengaruhi oleh refleks bayi baru lahir, seperti refleks terkejut yang membuat bayi mengulurkan lengan dan merentangkan jari sebagai respon terhadap suara keras atau rangsangan tiba-tiba lainnya.
  • Pada usia tiga bulan, bayi Anda sudah dapat mengendalikan gerakan kepalanya, menghisap, memegang barang berukuran kecil, seperti mobil-mobilan mini.
  • Sekitar usia empat bulan bayi sudah bisa memegang kendali dan keseimbangan kepala,leher, dan badannya. Selain itu, bayi Anda juga sudah mulai bermain dengan tangannya, menggenggam jari Anda, melihat benda dan mengambilnya.
  • Antara usia 4 dan 6 bulan, keseimbangan gerakan bayi meningkat dengan drastis seiring dengan penggunaan dan koordinasi otot besar. Pada rentang usia tersebut bayi akan berguling dan mungkin duduk dengan bantuan tangan yang diletakkan di depan.
  • Pada kelompok bayi dengan rentang usia 6 hingga 9 bulan, koneksi sistem saraf terus terbentuk. Hal ini membuat bayi mendapatkan kendali lebih banyak. Bahkan pada usia ke 7 bulan bayi sudah mampu melihat hampir sebaik orang dewasa. Koordinasi mata, tangan, tungkai dan badan juga semakin berkembang, sehingga bayi bisa duduk tanpa bantuan, tepuk tangan, dan belajar merangkak.
  • Pada usia sekitar 9 hingga 12 bulan bayi Anda sudah mampu memegang kendali lebih banyak atas tangan dan jari mereka, dan mungkin dapat mengambil benda-benda berukuran kecil dengan jari telunjuk dan ibu jari. Selain itu, si kecil juga sudah mampu berguling ke dua arah, merangkak, menunjuk barang yang menarik perhatiannya, melempar bola kecil, membalik halaman buku, berdiri, berjalan, makan sendiri, dan minum sendiri dengan gelas.

2. Perkembangan Kognitif

Pada tahap perkembangan kognitif, bayi memiliki kemajuan yang pesat dalam kemampuan belajar, dan mengingat. Beberapa tahapannya, yaitu:

  • Pada usia 1 sampai 3 bulan bayi mampu menunjukkan ketertarikan pada objek dan wajah manusia. Selain itu, bayi juga akan mudah merasa bosan saat melakukan aktivitas yang berulang-ulang.
  • Pada usia 4 sampai 6 bulan bayi dapat mengenali wajah-wajah yang sudah terkenal, mendengarkan musik, dan menanggapi perasaan cinta dan kasih sayang
  • Bayi berusia 5 sampai 9 bulan dapat mengangkat tangan ke atas, dan memberikan suatu benda ke orang lain
  • Bayi berusia 9 sampai 12 bulan mampu mengenali namanya sendiri, melihat benda yang terjatuh dan mencari benda-benda yang tersembunyi

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi Agar Tidak Bertambah Parah

3. Perkembangan Sosial dan Emosional

Pada tahap perkembangan sosial dan emosional, bayi mulai menunjukkan emosi dan perasaan mereka kepada orang lain.

  • Pada usia 1-3 bulan bayi berusaha untuk melihat Anda atau orang lain yang berada di sekitarnya. Bahkan pada usia 3 bulan, bayi sudah mampu membalas senyuman Anda atau orang lain.
  • Pada usia 4-6 bulan, bayi sudah bisa menanggapi ekspresi wajah seseorang, bermain dengan orang lain, dan merespon berbagai suara nada yang berbeda
  • Pada usia 5-9 bulan, bayi sangat suka bercermin, dan sudah bisa mengetahui keberadaan orang asing.
  • Pada usia 9-12 bulan, bayi mulai akrab dengan orang-orang yang ada disekitarnya.

4. Perkembangan Bahasa

Pada tahap perkembangan bahasa, bayi bisa mempelajari bahasa dengan cepat melalui perkataan yang diucapkan oleh orang-orang disekitarnya.

  • Pada usia 1-3 bulan bayi mulai membujuk dan membuat suara vokal. Dia bisa menjadi lebih tenang saat diajak berbicara, dan menangis. Bayi menangis bukan hanya karena dia merasa sedih dan takut, melainkan untuk memenuhi kebutuhan yang ia inginkan.
  • Pada usia 4-6 bulan bayi mulai berceloteh, menirukan suara di sekitarnya, dan tertawa
  • Pada usia 5-9 bulan bayi sudah bisa merespon Anda saat namanya dipanggil. Bayi juga bisa menambahkan suara konsonan pada suara vokal, dan berkomunikasi melalui gerakan tubuh.
  • Pada usia 9-12 bulan bayi sudah bisa mengucapkan beberapa kata sederhana, seperti “mama”, “dada” dan “tidak”, dan melambaikan tangan saat berpisah dengan seseorang.

Bagaimana Cara Membantu Bayi Anda Selama Tahun Pertama?

Selama tahun pertama, aktivitas-aktivitas, seperti mencintai, menggendong, mengganti popok, dan memberi makan merupakan hal pertama yang harus Anda fokuskan. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu bayi tumbuh dan belajar adalah:

  • Segera gendong dan tenangkan bayi Anda saat dia menangis. Hal tersebut bermanfaat untuk membangun ikatan kasih sayang antara ibu dan anak
  • Bantu bayi Anda untuk belajar berbicara, membaca, dan bermain. Tiga aktivitas tersebut berfungsi membantu menumbuhkan pikiran bayi
  • Letakkan bayi secara tengkurap dan bermain bersamanya. Melalui posisi tengkurap bayi Anda akan mendapatkan kepercayaan diri untuk mencoba keterampilan baru, seperti merangkak dan berjalan
  • Saat bayi tidur posisikan secara terlentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Baca Juga : BAB Bayi Hijau? Ketahui Penyebabnya

Sumber

Healthline. 2019. Ages and Stages: How to Monitor Child Development. www.healthline.com
Web MD. 2011. Baby’s First Year: How Infants Develop. www.webmd.com
Centers for Disease Control and Prevention. 2020. Child Development. www.cdc.gov  
Health Link BC. 2019. Sensory and Motor Development, Ages 1 to 12 Months. www.healthlinkbc.ca
National Health Service. Child Development Milestones. www.cambscommunityservices.nhs.uk



Add Your Comment