Suplemen untuk Olahraga dan Menurunkan Berat Badan

Images : www.ingredientswizzard.com

Perlu nggak sih penggunaan suplemen untuk olahraga atau menurunkan berat badan? Jawabannya adalah ‘tergantung’. Kalau nutrisi dari menu harian kamu sudah baik, maka suplemen memang nggak diperlukan.

Memang sulit sih untuk benar-benar memenuhi nutrisi harian. Tapi kalau kamu mengkonsumsi suplemen sementara pola makan masih tidak sehat, semua itu ya sama saja percuma. Suplemen bukanlah ‘replacement’ atau pengganti saat kamu malas untuk makan dengan sehat dan bergizi. Jadi kalau pola makan kamu belum benar, sebaiknya fokus untuk memperbaiki menu dan pola makan kamu dulu.

“Suplemen diet yang dipasarkan untuk olahraga tidak dapat menggantikan diet yang sehat, tetapi beberapa mungkin memiliki manfaat untuk jenis kegiatan tertentu,” kata Paul M. Coates, Ph.D., Direktur Office of Dietary Supplements, Amerika.

Berikut beberapa suplemen yang direkomendasikan untuk pendukung olahraga dan diet.

Baca JugaKenali HIIT Kardio, Olahraga Efektif Membakar Lemak

1. Omega 3

Ada banyak sekali manfaat dari omega 3, tapi untuk pendukung olahraga dan diet setidaknya ada 3 manfaat. Omega 3 membantu dalam menurunkan kadar lemak tubuh sehingga menurunkan berat badan, juga  meningkatkan sintesis protein dan menjaga massa otot, serta meningkatkan stamina dan performa atletik. Kecukupan omega 3 harian (12-13% dari total kalori) sangat membantu dalam pembentukan badan.

2. Pre-Workout dengan Kandungan Beta-Alanine

Hati-hati karena banyak suplemen yang sebenarnya tidak terbukti benar-benar berguna. Untuk membentuk massa otot, suplemen pre-workout dengan kandungan beta-alanine telah teruji efektivitasnya dalam banyak penelitian. Beta-alanine adalah asam amino yang memberikan manfaat dalam meningkatkan performa dan stamina saat berolahraga, dan membentuk massa otot.

3. Susu Protein

Susu protein adalah suplemen protein untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh, mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung metabolisme tubuh dan menstabilkan tekanan darah. Protein juga dibutuhkan dalam menunjang kerja setiap struktur tubuh kita seperti enzim, hormon , tulang , otot , kulit dan sel – sel dalam tubuh.

Susu protein ada dua jenis yaitu whey dan casein. Susu protein dapat membantu untuk membangun otot dan memperbanyak pembakaran kalori.

Saat menurunkan berat badan, biasanya tubuh bukan cuma kehilangan lemak tapi juga otot. Hal tersebut justru menyebabkan metabolisme menjadi lambat dan sulit untuk membentuk tubuh (body shape). Dengan mengkonsumsi susu protein, tubuh tidak akan kehilangan massa otot sehingga lebih mudah untuk membakar kalori, dan membentuk tubuh.

Baca Juga : Apa Bedanya? Whey vs Casein Protein

4. Creatine

Makanan yang seperti daging sapi dan ikan akan membantu tubuh, melalui ginjal, hati, dan pankreas untuk menghasilkan creatine secara alami. Tapi untuk menunjang hasil yang lebih efektif, suplemen creatine bisa membantu dalam meningkatkan creatine dalam tubuh.

Creatine adalah jenis suplemen fitness untuk meningkatkan performa atletik sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot. Creatine berfungsi sebagai sumber tenaga untuk latihan karena cadangan phospocreatine mengalami peningkatkan. Kalau kamu menginginkan peningkatan kekuatan dan kinerja anaerobik, serta menambah berat badan dari otot tanpa lemak, gunakanlah creatine.

Baca JugaTips Diet Aman bagi Penderita Maag

Suplemen bisa dikonsumsi sebagai pendukung saja, misal terkadang karena aktivitas padat tidak sempat masak, nah saat itu suplemen bisa menjadi penolong. Tapi ingat! Tetap pastikan menu dan pola makan kamu sudah benar, ya.

 

Sumber :
Dapurfit. (2016). Suplements for Fitness and Fatloss. www.instagram.com
Fitness Indonesia. Suplemen Omega 3 Apakah Penting?. www.fitnessindonesia.com
Health Line. The 7 Best Pre-Workout Supplements to Try. www.healthline.com
National Institute of Health. (2018). Will Supplements Help Your Workout or Diet Routine?. www.nih.gov
Web MD. Beta Alanine. www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.