Selain Praktis, Inilah 6 Manfaat Sheet Mask Bagi Kulit

Image : purlisse.com

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Belakangan ini produk kecantikan asal Korea sedang menjadi tren. Keinginan untuk memiliki kulit yang putih dan bersinar menjadikan produk-produk kecantikan Korea banyak diminati oleh kaum perempuan. Salah satu produk yang lagi naik daun adalah sheet mask.

Sheet mask merupakan masker wajah yang bentuknya lembaran dan terbuat dari bahan alami, seperti kertas, katun, atau selulosa. Selain itu, sheet mask biasanya diperkaya dengan kandungan serum dan air sebagai bahan utamanya.

Cara memakainya sangat mudah karena hanya digunakan satu kali. Setelah ditempelkan ke wajah, lembarannya bisa langsung dibuang dan sisa-sisa serum yang menempel di wajah biarkan sampai meresap dalam kulit tanpa perlu membilasnya dengan air. Selain praktis, sheet mask juga memiliki banyak manfaat yang menjadikannya wajib untuk Anda masukkan dalam rutinitas perawatan kulit harian.

Mau tahu apa saja manfaat sheet mask? Yuk baca beberapa manfaatnya berikut ini:

Baca Juga : Alasan Pentingnya Penggunaan Masker Wajah

1. Mencerahkan Wajah

Banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Selain disebabkan karena paparan sinar UV, kulit dapat menjadi kusam seiring dengan bertambahnya usia Sheet mask mampu membantu menyeimbangkan warna kulit dan menyamarkan bintik-bintik hitam bekas jerawat.

Sheet mask juga bagus bagi Anda yang sedang melakukan perawatan kulit. Pilihlah sheet mask dengan varian lemon, karena kandungan vitamin C didalamnya mampu membuat kulit Anda tampak lebih lembab, segar dan cerah. Gunakan sheet mask sebelum tidur dan setelah membersihkan wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Menghilangkan Jerawat

Kulit berjerawat memang membutuhkan perawatan yang ekstra daripada kulit normal. Menggunakan sheet mask secara rutin bisa menjadi salah satu solusinya. Sheet mask yang didalamnya terdapat kandungan asam salisilat atau varian tea tree sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat karena memiliki manfaat untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat.

Tempelkan sheet mask tersebut paling lama 20 menit, karena menggunakan sheet mask yang terlalu lama justru akan membuat kandungan essence nya menguap dan tidak akan terserap dalam kulit. Perlu Anda ketahui juga, kalau tidak semua sheet mask cocok untuk kulit berjerawat. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sheet mask baca terlebih dahulu kandungan didalamnya dan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan masing-masing.

3. Mengurangi Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia seringkali tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, garis-garis halus, bahkan bintik-bintik coklat mulai terlihat di sekitar mata dan dahi. Namun, masalah kerutan di wajah dapat dengan mudah diselesaikan dengan penggunaan sheet mask secara teratur.

Ada beberapa jenis sheet mask yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan melawan kerusakan akibat radikal bebas yang secara bertahap akan menghasilkan kulit Anda menjadi lebih kencang dan lebih segar. Selain itu, sheet mask juga cocok untuk menyiapkan kulit wajah sebelum mengaplikasikan makeup

4. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang besar merupakan masalah yang banyak dihadapi oleh sebagian orang. Selain itu, memiliki pori-pori yang besar membuat terasa tidak nyaman karena produksi minyak dan komedo di wajah akan lebih banyak sehingga sangat berpotensi menimbulkan jerawat. Tapi tidak perlu khawatir, menggunakan sheet mask bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah Anda.

Gunakan sheet mask yang mengandung vitamin A, B, C, dan yang terpenting zat lycopene dan juga zinc karena keduanya sangat berperan untuk mengecilkan pori-pori di wajah bahkan juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya varian sheet mask yang cocok bagi Anda yang memiliki pori-pori besar adalah lemon, brokoli, tomat, pepaya, dan apel.

5. Melembabkan Kulit

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, cobalah sheet mask dengan manfaat untuk melembabkan atau hydrating. Pasalnya, sheet mask mampu meningkatkan kadar air pada permukaan dan bagian dalam kulit Anda, lho!

Biasanya, sheet mask tersebut mengandung aloe vera. Anda bisa menggunakan sheet mask sebelum mengaplikasikan make up, agar wajah terasa lebih lembab. Pastikan juga untuk menggunakan sheet mask pada malam hari sebelum tidur supaya kulit Anda tetap terjaga kelembabannya di siang hari.

6. Membersihkan Kulit Wajah Secara Menyeluruh

Selain bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih, sheet mask juga mampu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang masih menempel di wajah. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan make up saat beraktivitas sehari-hari, sheet mask sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa make up yang masih menempel di wajah yang berpotensi menutup pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat. Dengan demikian, wajah Anda akan terbebas dari masalah kulit.

Jadi, gunakan sheet mask secara rutin dan sesuaikan dengan tipe atau kondisi kulit Anda. Pastikan juga baca kandungan didalamnya dan petunjuk pemakaian pada kemasan sebelum menggunakannya karena sheet mask memiliki beberapa varian dengan manfaat yang berbeda-beda pula untuk kulit.

Baca Juga : Tips Merawat Kulit bagi Wanita Karir

Sumber:
Earlycare (2018). Top 5 Benefits of Using a Face Mask. www.earlycare.org
Femina (2018). Everything to know about sheet masks. www.femina.in
Istyle (2018). Manfaat Penting Sheet Mask Untuk Mengatasi Kulit Kering. www.istyle.id
Ttmask (2016). Top 5 Benefits Of Using A Facial Mask. www.ttmask.com
Womenshealthmag (2018). Literally Everything You Need To Know About Sheet Masks. www.womenshealthmag.com