Segudang Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan Jantung

Segudang Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan Jantung

Image: indiahealthlink.com

Klaim bahwa olahraga punya banyak manfaat untuk kesehatan sudah sering didengar. Dengan berolahraga teratur, resiko terkena penyakit degeneratif turut berkurang, termasuk penyakit jantung.

Penyakit jantung sendiri dicap sebagai silent killer. Sebab tanda dan gejalanya tidak terlihat jelas, namun baru terasa saat sudah terjadi kerusakan besar pada pembuluh darah jantung.

Olahraga dan Jantung

Olahraga disebut ajang latihan bagi jantung karena dapat memicu ischemic preconditioning.

Ischemic adalah kondisi dimana suplai darah ke jaringan terhambat, sehingga jaringan kekurangan oksigen. Biasanya disebabkan karena adanya permasalahan pada pembuluh darah.

Walau terdengar menyeramkan, ternyata sedikit ischemic preconditioning yang terjadi setelah olahraga memicu jantung untuk beradaptasi dengan kondisi tersebut. Akhirnya, jika ada kondisi yang sama untuk kedua kalinya, jantung bisa beradaptasi lebih cepat.

Contohnya saat berlari, anda akan merasa cepat lelah. Namun setelah istirahat beberapa saat dan coba lari kembali, anda akan merasa lebih kuat serta tidak mudah lelah. Hal ini disebabkan jantung sudah beradaptasi.

Menurut penelitian, ischemic preconditioning bisa kurangi 50% resiko penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Terhadap Kinerja & Fungsi Otak

Rutin Olahraga

Beberapa orang tidak tahu apakah pembuluh darahnya bebas plak/tidak. Padahal adanya plak yang menyumbat bisa tingkatkan resiko terkena serangan jantung.

Olahraga bisa jadi penjamin kesehatan jantung anda dan keluarga. Karena jantung sudah bisa beradaptasi dengan baik setelah ischemic conditioning. Selain itu, jantung terporteksi hingga 2-3 jam setelah berolahraga.

Lakukan olahraga rutin 150 menit per minggu dengan tingkat olahraga sedang atau berat. Contoh olahraga sedang hingga berat adalah senam, tenis, dan bulu tangkis.

Baca Juga: Tips Olahraga Ringan untuk Pekerja Kantoran Super Sibuk

Efek Tidak Langsung

Olahraga juga pengaruhi banyak aspek yang bisa menjaga kesehatan otak, seperti:

  • Kontrol berat badan

Orang dengan obesitas beresiko terkena penyakit jantung lebih besar. Dengan memantau berat badan untuk tidak obesitas, sama halnya dengan menjaga kesehatan jantung.

  • Memperkuat otot

Olahraga tingkatkan kemampuan jaringan (otot) untuk mengikat oksigen. Efeknya, kerja jantung jadi berkurang dan tidak terlalu lelah

  • Hilangkan stress

Saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorphin yang membuat rileks, perbaiki suasana hati, dan cegah depresi. Menurunnya resiko stress dan depresi, maka kesehatan jantung pun lebih terjamin.

Baca Juga: Olahraga Rutin untuk Melepas Stress Berlebih

Olahraga memang tidak perlu diragukan manfaatnya. Yang penting rutin dilakukan dan terus bertahap. Kalau sudah tahu, tidak ada alasan untuk tinggalkan olahraga. Yuk, mulai!

 

 

Sumber:
7 Heart Benefit from Exercise. 2018. www.hopkinsmedicine.org
The Benefit of Exercise. 2018. www.heartfoundation.org.nz
The Many Ways Exercise Help Your Heart. 2018. www.health.harvard.edu