Sakit Kepala Sebelah Kanan? Inilah Penyebabnya!

Image: medicalnewstoday.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Sakit kepala merupakan rasa sakit dan nyeri di daerah kepala yang umum dirasakan oleh semua orang. Biasanya sakit kepala terjadi di kedua sisi atau salah satunya seperti sisi kiri, atau sisi kanan saja. Jika Anda sering merasakan sakit kepala sebelah atau migrain khususnya sebelah kanan, bisa jadi stres atau efek samping obat-obatan dapat menjadi penyebabnya. Namun, sakit kepala biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh seseorang.

Apakah Anda sering sakit kepala sebelah kanan? Jika ya, Anda perlu waspada. Ada beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan seperti di bawah ini:

Baca Juga : Kenali Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

1. Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia atau disebut toul douloureux merupakan salah satu jenis penyebab neurologis yang dapat menyebabkan rasa sakit kepala di sebelah kanan. Kondisi ini kronis sehingga mempengaruhi saraf dan membuat sensasi dari wajah ke otak Anda. Stimulasi sekecil apa pun di wajah Anda dapat memicu rasa sakit. Rasa sakit tersebut dapat ditimbulkan oleh rangsangan ringan pada wajah seperti bercukur, menyikat gigi, berbicara, dan menggunakan makeup.

Trigeminal neuralgia ditandai oleh serangan berturut-turut dari nyeri wajah. Nyeri yang berhubungan dengan Trigeminal neuralgia dapat melemahkan. Jenis neurologis ini terjadi ketika pembuluh darah menekan saraf trigeminal yang meninggalkan batang otak.

2. Temporal Arteritis

Temporal arteritis merupakan penyebab neurologis lainnya yang dapat menyebabkan rasa sakit kepala di sebelah kanan. Kondisi ini ditandai dengan peradangan dan kerusakan pembuluh darah yang membawa darah ke kepala. Arteri besar dan arteri sedang yang bercabang dari leher sangat rentan terhadap temporal arteritis.

Kondisi ini dikaitkan dengan infeksi serius dan penggunaan obat antibiotik yang berat. Biasanya paling sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun, meskipun dapat juga terjadi pada orang yang usianya lebih muda. Gejalanya dapat meliputi, penglihatan ganda, kehilangan permanen di satu mata, sakit kepala berdenyut di pelipis, dan kelelahan.

3. Occipital Neuralgia

Jenis penyebab neurologis yang satu ini merupakan jenis kelainan sakit kepala kronis yang jarang terjadi. Ini terjadi ketika rasa sakit berasal dari daerah oksipital dan menyebar melalui saraf oksipital. Saraf oksipital berjalan dari bagian atas sumsum tulang belakang ke kulit kepala Anda sehingga dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan.

Tidak seperti sakit kepala biasanya, occipital neuralgia dapat dipicu dengan cepat bahkan hanya dengan sentuhan sederhana seperti menyisir rambut. Gejalanya meliputi rasa sakit secara tiba-tiba dan intens seperti menusuk tajam.

4. Penggunaan Obat-obatan yang Berlebihan

Sakit kepala sebelah kanan dapat terjadi karena efek samping dari resep obat. Terlebih jika Anda terlalu sering menggunakannya. Bahkan termasuk obat penghilang rasa sakit seperti aspirin, ibuprofen, dan acetaminophen. Sakit kepala sebelah kanan yang disebabkan oleh penggunaan obat sering terjadi saat bangun tidur. Justru penggunaan obat yang berlebihan untuk mengobati sakit kepala dapat menyebabkan sakit kepala. Ini merupakan gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum.

5. Gaya Hidup

Sakit kepala sebelah kanan tidak hanya terjadi karena kondisi tubuh saja. Melainkan juga karena faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti sering melewatkan makan atau menunda-nunda waktu makan. Tahukah Anda? hal tersebut disebabkan oleh kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi karena sebenarnya terdapat beberapa makanan yang memicu sakit kepala seperti kafein, makanan yang mengandung MSG, dan daging fermentasi.

Tidak hanya itu kurang bergerak atau malas bergerak juga dapat menyebabkan sakit kepala. Terutama bagi Anda pekerja kantoran yang terlalu sering duduk karena duduk terlalu lama dapat membuat rasa sakit kepala sebelah kanan yang terjadi akibat penyumbatan aliran darah ke kepala. Selain itu, kurang minum, kurang tidur, dan merokok juga merupakan faktor lain yang dapat membuat sakit kepala.

6. Infeksi dan Alergi Sinus

Infeksi dan alergi sinus dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Sakit kepala dihasilkan dari peradangan yang mengarah pada tekanan dan rasa sakit di balik tulang pipi dan dahi Anda. Terdapat beberapa gejala dari sakit kepala akibat sinus yaitu hidung tersumbat, sakit kepala berdenyut, rasa lelah, nyeri pada bagian gigi atas, dan nyeri pada pipi, mata, serta dahi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat-obatan seperti ibuprofen, parasetamol, dan asam mefenamat. Jika Anda mengalami sakit kepala lebih dari 2 minggu atau mengalami sakit kepala yang tidak kunjung berhenti, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Itulah beberapa penyebab sakit kepala sebelah kanan. Jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah kanan yang sangat parah, sebaiknya mulai hindari beberapa penyebab di atas ya!

Baca Juga : Manfaat dan Cara Melakukan Senam Wajah

Sumber:
Medical News Today. (2018). What Does a Right-Sided Headache Mean?. www.medicalnewstoday.com
Healthline. What Causes Headaches on the Right Side?. www.healthline.com
Healthline.Occipital Neuralgia. www.healthline.com
Healthline. Temporal Arteritis. www.healthline.com
Healthline. Trigeminal Neuralgia. www.healthline.com
Livestrong. Causes of Pain in the Right Side of the Head. www.livestrong.com