7 Cara Mudah Meredakan Migrain

7 Cara Mudah Meredakan Migrain

Penulis: Adhenda | Editor: Umi

Ditinjau oleh: dr. Bianda Dwida

Terakhir ditinjau: 3 Juli 2020

 

Apakah Anda sering mengalami migrain? Jika ya, Anda perlu waspada karena migrain bukan sekadar sakit kepala biasa. Biasanya migrain ditandai dengan sakit kepala yang berdenyut dan terjadi berulang pada satu sisi kepala.

Dalam hal ini, tidak mudah untuk mendeteksi penyebab migrain. Pasalnya, berbagai faktor dapat menjadi pemicu munculnya migrain, baik dari faktor genetik, makanan atau minuman tertentu, maupun lingkungan. Karena itu, jangan menganggap remeh penyakit ini.

Migrain harus segera diatasi, agar tidak berlangsung terus-menerus dan mengganggu aktivitas Anda. Penanganan untuk setiap penderita migrain berbeda-beda. Jadi, Anda mungkin perlu mencoba beberapa metode penanganan terlebih dahulu untuk menemukan yang cocok bagi Anda. Berikut ini cara meredakan migrain yang bisa Anda coba.

1. Istirahat di Ruangan yang Tenang

Saat mengalami migrain, itu berarti pertanda bahwa Anda harus istirahat sejenak dari aktivitas. Beristirahatlah di ruangan yang gelap dan sunyi. Karena seringkali cahaya yang terlalu terang dan suara yang bising bisa menjadi pemicu munculnya migrain.

Selain itu, hindari menatap layar handphone atau komputer terlalu lama karena dapat memperparah migrain Anda. Pastikan juga Anda memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 6-8 jam per hari karena kurang tidur juga dapat menjadi salah satu penyebab migrain dan dapat memperburuk kondisi Anda.

Baca Juga : Penyebab Pusing dan Berkunang-kunang Setelah Berolahraga

2. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Magnesium

Salah satu pemicu migrain adalah kurangnya zat magnesium yang masuk ke dalam tubuh. Penelitian menemukan bahwa zat magnesium bermanfaat dalam mengurangi frekuensi migrain pada beberapa orang.

Jika Anda merasa gejala migrain mulai kambuh, segera konsumsi makanan dengan kandungan tinggi magnesium seperti coklat, kacang almond, alpukat, atau pisang untuk membantu mencegah munculnya migrain lebih parah.

3. Menghirup Minyak Esensial Lavender

Menghirup minyak esensial lavender dapat meredakan nyeri migrain. Sebuah studi di Neurologi Eropa menunjukkan bahwa dengan menghirup aroma lavender selama 15 menit dapat mengurangi migrain. Anda dapat menghirup minyak lavender secara langsung atau dioleskan ke pelipis sambil memijatnya secara perlahan.

Minyak lavender atau wangi-wangian aromaterapi lainnya, dapat membantu Anda merasa rileks. Selain aroma lavender, mengoleskan minyak peppermint ke pelipis Anda juga sangat efektif untuk meredakan nyeri dan mual akibat migrain.

4. Mengompres Kepala dengan Es

Mengompres kepala dengan es dapat meredakan sakit kepala yang berdenyut. Sensasi dingin yang dihasilkan saat mengompres dapat mengurangi peradangan akibat pembuluh darah yang menyempit karena migrain.

Berbaringlah dengan posisi nyaman dan gosok kompres es pada bagian yang sakit, terutama di bagian tengkuk leher. Alternatif lain jika Anda tidak dapat menemukan es, Anda dapat menggunakan kain atau handuk yang dibasahi dengan air dingin.

5. Minum Air Jahe Hangat

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, dengan meminum secangkir air jahe hangat dapat membantu 100 pasien yang mengalami serangan migrain. Beberapa orang bahkan mengonsumsi jahe yang telah direbus untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pengobatannya.

Kandungan vitamin C, B6, dan mineral lainnya dalam jahe, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Anda juga bisa mencampurkan air jahe dengan kayu manis atau lemon untuk perawatan migrain alami yang menyegarkan dan lezat.

Baca Juga : Sakit Kepala Sebelah Kanan? Inilah Penyebabnya!

6. Cobalah Akupuntur

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional asal Tiongkok. Menurut para ahli dalam jurnal Pain Management Nursing, akupuntur efektif dalam menghilangkan migrain dan minim efek samping.

Studi lain yang melibatkan 4.400 responden yang menjalani akupuntur menunjukkan bahwa akupuntur mampu membantu meredakan migrain.

Bahkan akupuntur dapat meredakan rasa mual yang disebabkan oleh migrain. Cobalah tekan jari-jari Anda di tempat yang sakit, seperti pelipis dan area tengah dahi Anda. Tekanan tersebut dipercaya dapat membantu meredakan ketegangan yang menyebabkan migrain.

7. Melakukan Yoga

Tidak hanya dapat meredakan sakit kepala saat migrain, ternyata yoga memiliki banyak manfaat dalam berbagai aspek kesehatan. Gerakan-gerakan dalam yoga yang melibatkan pengaturan napas, ketepatan postur tubuh, dan meditasi dipercaya bisa meningkatkan kesehatan mental dan relaksasi tubuh.

Dalam International Journal of Yoga menunjukkan, penderita migrain memiliki lebih sedikit serangan jika mereka melakukan yoga secara teratur. Jika di daerah Anda terdapat kelas khusus yoga, tidak ada salahnya lho mencobanya! Cobalah lakukan yoga selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Nah, itulah beberapa metode untuk meredakan migrain yang bisa Anda coba di rumah. Bagaimana mudah, kan? Jika migrain Anda masih sering kambuh, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala saat Hamil

 

Sumber

Everyday Health (2018). How to Treat Migraines and Get Pain Relief. www.everydayhealth.com
Healthline (2017). 10 Natural Ways to Reduce Migraine Symptoms. www.healthline.com
Mayoclinic (2019). Migraines: Simple steps to head off the pain. www.mayoclinic.org
Powerofpositivity (2019). 8 Easy Ways to Relieve A Migraine Naturally. www.powerofpositivity.com



Add Your Comment