9 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

9 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Ditinjau oleh: dr. Bianda Dwida

Terakhir ditinjau: 30 Mei 2020

 

Kesehatan kandung kemih cukup jarang dibicarakan, padahal semua orang melakukan buang air kecil setiap harinya. Setiap hari, orang dewasa mengeluarkan sekitar satu setengah liter urin melalui kandung kemih dan keluar dari tubuh.

Seiring bertambahnya usia, struktur kandung kemih berubah dan masalah medis mulai muncul, termasuk infeksi kandung kemih, inkontinensia urin, dan infeksi saluran kemih. Meskipun Anda tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang mempengaruhi kesehatan kandung kemih, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan kandung kemih.

Baca Juga: Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih dan Cara Mengobati

1. Cukupi Asupan Air Putih

Cukupi asupan cairan dalam tubuh dengan meminum 6-8 gelas air putih setiap hari. Hal ini dapat mengeluarkan bakteri dari saluran kemih dan membantu mencegah infeksi kandung kemih. Air putih atau mineral adalah cairan terbaik untuk kesehatan kandung kemih. 

2. Jaga Berat Badan

Membuat pilihan makanan sehat dan aktif secara fisik dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Menjadi aktif secara fisik dapat membantu mencegah masalah kandung kemih serta sembelit. Obesitas juga bersinggungan dengan peningkatan sekresi kalsium dan oksalat pada urine yang kemudian bisa memicu batu ginjal.

3. Olahraga Rutin

Beberapa orang yang kurang gerak dapat mengalami penumpukan cairan di kaki mereka pada siang hari. Pada malam hari, cairan ini menyebabkan mereka harus sering mengosongkan kandung kemih mereka. 

Jika Anda memiliki retensi cairan di kaki Anda yang menyebabkan kandung kemih aktif semalaman, berjalan-jalan lah dengan rutin setiap pagi atau sore hari. Ini juga dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat.

4. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Minum minuman berkafein dan alkohol dapat mengiritasi kandung kemih dan berfungsi sebagai diuretik (menambah kebutuhan untuk buang air kecil). Semakin banyak kafein yang Anda minum, semakin banyak Anda harus buang air kecil. Mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dan alkohol  dapat membantu untuk menjaga kesehatan kandung kemih.

5. Cukup Serat

Hindari sembelit. Makan banyak makanan berserat tinggi (seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan), minum cukup air, dan aktif secara fisik dapat membantu mencegah sembelit.

Baca Juga: 6 Fungsi Penting Serat bagi Tubuh

6. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Wanita sangat rentan terhadap infeksi saluran kemih, salah satu cara untuk mengurangi risikonya adalah dengan tidak menahan buang air kecil dan memastikan Anda buang air kecil sepenuhnya. Jika Anda mengencangkan otot untuk menahan buang air kecil, maka bakteri yang harus segera dikeluarkan akan menempel dan kembali ke kandung kemih Anda.

7. Bersihkan serta Keringkan Kemaluan Setelah Buang Air dan BAB

Bagian anus memiliki banyak bakteri. Menyeka dari depan ke belakang memastikan bahwa Anda tidak membawa bakteri dari anus kontak dengan vagina, yang mengakibatkan infeksi saluran kemih. Pastikan juga untuk mengeringkan dengan tisu atau handuk supaya tidak lembab.

8. Hindari Asap Rokok

Setiap tahun, lebih dari 50.000 orang didiagnosis menderita kanker kandung kemih. Merokok adalah faktor risiko utama, Perokok setidaknya tiga kali lebih mungkin terkena kanker kandung kemih dibandingkan bukan perokok. 

Jika Anda masih merokok atau menggunakan tembakau dalam bentuk lain, penting untuk berhenti demi kesehatan kandung kemih dan kesehatan secara umum. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara berhenti merokok.

Baca Juga: Tips Efektif Berhenti Merokok

9. Bersihkan Kemaluan Sebelum dan Sesudah Melakukan Sex

Hubungan seksual dapat berkontribusi pada infeksi kandung kemih pada wanita. Uretra adalah muara dari saluran kemih di mana karena berkontak dengan dunia luar, dapat menjadi sarang kuman bila tidak dijaga kebersihannya.

Akibatnya, membersihkan area genital Anda sebelum hubungan intim dapat membantu mencegah infeksi ini. Juga, buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks untuk membantu mengeluarkan bakteri dari sistem Anda sehingga mereka tidak memicu infeksi kandung kemih.

Sumber

Everyday Health. 2019. 10 Ways to Keep Your Bladder Healthy and Happy. www.everydayhealth.com

National Institute on Aging. 13 Tips to Keep Your Bladder Healthy. www.nia.nih.gov

Verywell Health. 2019. Tips for Keeping Your Urinary System Healthy. www.verywellhealth.com



Add Your Comment