Ragam Salep Gatal Selangkangan Berdasar Penyebabnya

Ragam Salep Gatal Selangkangan Berdasar Penyebabnya

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Gatal atau ruam selangkangan biasa disebabkan karena infeksi jamur lokal (dermatofita). Hal ini umumnya disebabkan oleh kelembaban, iritasi, atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Gejala dan tanda gatal di selangkangan meliputi ruam merah di lipatan selangkangan, gatal, dan rasa perih.

Menggaruk memang bisa meredakan rasa gatal, namun hanya untuk sementara waktu dan pada akhirnya hanya akan menyebabkan iritasi lebih lanjut, serta menghambat penyembuhan kulit. Sebagai penggantinya, gunakan salep antigatal untuk meredakan gejala gatal, kemerahan, dan nyeri yang terkait dengan berbagai iritasi kulit ringan.

Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau kurap di area selangkangan menyebabkan ruam kulit yang berwarna merah, gatal, bersisik, dan bisa melepuh. Kondisi ini sering terjadi karena terlalu lembabnya area selangkangan.

Penanganan gatal karena infeksi jamur ini berupa menjaga daerah selangkangan tetap bersih dan kering serta mengoleskan obat antijamur topikal. Pilih krim antijamur dengan kandungan tertentu. Seperti terbinafine, miconazole, clotrimazole , oxiconazole, miconazole, dan ketoconazole.

Beberapa krim juga bisa dibeli tanpa resep dokter. Seperti ultrasiline, fungiderm, kalpanax K, dermifar, miconazole, dan ketonazole. Ikutilah cara pemakaian yang dijelaskan pada kemasan. 

Dermatitis Kontak

Ruam kulit pada kondisi ini disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu yang mengiritasi kulit atau memicu reaksi alergi, seperti sabun, kosmetik, dan wewangian. Gejala dari dermatitis kontak meliputi ruam kemerahan yang kering, bersisik, dan terasa gatal. Dokter akan mendiagnosis dermatitis kontak dengan melakukan pemeriksaan seperti tes alergi dan tes iritasi. 

Gatal pada selangkangan yang disebabkan dermatitis kontak umumnya dapat hilang sendiri dengan menghindari zat pemicunya. Namun untuk mempercepat penyembuhan dan meredakan gejalanya, krim hidrokortison (dengan resep dokter) dan salep calamine seperti caladine cream bisa membantu Anda.

Kutu Kemaluan

Gatal di selangkangan dapat disebabkan oleh kutu kemaluan, atau parasit yang hidup di rambut kemaluan. Kondisi ini memerlukan diagnosa dokter dan ditandai dengan bintik-bintik (telur kutu) di area rambut kemaluan. 

Untuk mengobatinya, biasanya dokter akan meresepkan obat salep untuk membasmi kutu, yang mengandung permethrin seperti ascabs, scabicore, dan scabimite.

Psoriasis

Psoriasis yang diduga karena masalah sistem kekebalan tubuh juga bisa memicu munculnya ruam kemerahan, bersisik, dan gatal pada area lipatan kulit termasuk selangkangan. Gatal di selangkangan akibat psoriasis dapat diobati dengan obat-obatan yang mengatur sistem imun tubuh, misalnya tacrolimus cream  atau salep anthralin yang digunakan sesuai resep dokter.

Baca Juga: Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Ampuh Mengatasinya

 

Sumber

MedicineNet. 2019. Jock Itch. www.medicinenet.com

HealthLine. 2019. Jock Itch: Causes, Symptoms, and Treatments. www.healthline.com

HealthLine. 2019. What Causes Groin Rash and How Is It Treated?. www.healthline.com

CDC. Pubic “Crab” Lice. www.cdc.gov