Ragam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Image : thedialymeal.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Kacang merah adalah salah satu jenis kacang dari banyak jenis kacang di dunia. Dalam bahasa inggris kacang merah yaitu red kidney bean. Nama ini diambil karena bentuk dan warnanya yang menyerupai ginjal (kidney) manusia.

Kacang merah merupakan makanan yang sangat terkenal di dunia. Kandungan proteinnya yang tinggi, terkenal sangat bermanfaat bagi tubuh. Kacang merah juga digunakan sebagian besar orang di dunia sebagai salah satu bahan andalan untuk menu sehat. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya untuk tubuh, berikut beberapa manfaat kacang merah untuk kesehatan.

1. Mengurangi Risiko Terjadinya Diabetes

Ada beberapa makanan yang dapat melindungi Anda dari penyakit Diabetes tipe 2, di antaranya adalah kacang merah. Serat dalam kacang merah memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke aliran darah, yang akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah lonjakan insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2.

Selain itu, kacang merah juga termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan seperti ini sangat baik untuk Anda yang bahkan masih sehat untuk mencegah terjadinya diabetes.

2. Mencegah Sembelit dan Menurunkan Kolestrol

Kacang merah kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dengan menyerap lemak pada saluran cerna. Kedua jenis serat ini juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah saluran cerna seperti susah BAB atau sembelit.

Baca Juga : 5 Makanan Kaya Serat Ampuh Atasi Sembelit Tanpa Obat

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Telah dijelaskan di atas bahwa serat pada kacang merah mampu menurunkan kolestrol jahat (LDL). Kacang merah juga kaya akan vitamin, khususnya vitamin B dan folat. Semua hal tersebut memberikan pengaruh penting terhadap nutrisi dan kesehatan jantung Anda.

4. Memberikan Energi Pada Tubuh

Kacang merah kaya nutrisi sebagai sumber energi yang bagus bagi tubuh. Kacang Merah memiliki banyak protein, dan ketika dicampur dengan kacang-kacangan lainnya, membentuk protein lengkap yang bahkan bisa lebih sehat daripada protein hewani.

Protein-protein ini membantu membuat Anda kenyang. Serat yang terkandung juga membuat Anda kenyang. Karena tubuh membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencerna kacang-kacangan, sehingga hal itu membuat Anda merasa kenyang cukup lama.

Kacang merah juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Sekitar 72% kalori dalam kacang merah berasal dari karbohidrat. Hal ini tentunya akan dapat memberikan tubuh Anda energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh

5. Mengontrol Nafsu Makan

Seperti semua jenis kacang-kacangan pada umumnya, kacang merah adalah komponen yang ideal untuk diet, baik untuk proses penurunan berat badan atau mencegah penambahan berat badan.

Kandungan proteinnya yang tinggi membuat kacang merah lebih mengenyangkan, artinya Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama setelah memakannya. Jika dengan dimbangi dengan olahraga dan makanan pendamping diet lainnya, hasilnya tentu akan jadi lebih maksimal. Sangat efektif untuk anda yang sedang menjalani diet.

6. Pencegahan Kanker

Kacang merah dapat mencegah terjadinya kanker dengan beberapa cara. Sebagai makanan serat tinggi, kacang merah bisa membantu mencegah kanker payudara – studi tahun 2016 yang dipimpin oleh para peneliti Harvard dan diterbitkan dalam jurnal Pediatri menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan kaya serat selama masa remaja dan awal mungkin dewasa memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara di kemudian hari.

Baca Juga : Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh

 

Sumber :
Medical News Today. (2017). What are the health benefits of beans?. www.medicalnewstoday.com
American Heart Association. The Benefits of Beans and Legumes. www.hearth.org
DoveMed. (2017). 7 Health Benefits Of Kidney Beans. www.dovemed.com
Mother and Baby. (2018). 5 Manfaat Kacang Merah yang Baik untuk Kesehatan Anda. www.motherandbaby.co.id
WH Foods. Kidney beans. www.whfoods.com