Prosedur Operasi Ambeien yang Perlu Anda Ketahui

Prosedur Operasi Ambeien yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Anita | Editor: Ratna

Pada awalnya, ambeien tidak terasa sakit sama sekali. Tapi, kalau dibiarkan, pembuluh darah akan semakin membengkak dan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan. Bahkan, darah bisa saja mengucur dari anus ketika Anda sedang buang air besar. Kalau sudah begitu, duduk pun akan terasa seperti siksaan yang tiada tara.

Biasanya kalau wasir sudah terlalu parah, bedah akan menjadi solusinya. Namun, masih ada beberapa orang yang ragu untuk menjalaninya karena belum terlalu memahami prosedur operasi ambeien. Tidak perlu cemas, Anda akan mendapatkan jawabannya dari artikel ini!

Baca Juga: Mengenali Gejala dan Penyebab Ambeien

Bagaimana Prosedur Operasi Ambeien?

Wasir yang sudah parah tidak akan mempan dengan obat dan pola makan saja. Operasi ambeien menjadi satu-satunya jalan untuk menanggulangi ambeien yang diderita.

Sebenarnya masih ada metode-metode lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ambeien, tapi bedah adalah pilihan yang lebih baik untuk jangka panjang. Anda tidak perlu khawatir karena operasi ambeien tergolong aman dan efektif

Ada banyak tata cara operasi ambeien tergantung dari jenis wasir yang diderita oleh pasien. Untuk memahami lebih jelasnya seperti apa, berikut adalah beberapa prosedur operasi ambeien:

1. Hemoroidektomi

Operasi ambeien ini dilakukan jika pasien menderita ambeien yang berukuran besar atau yang sudah keluar dari anus. Biasanya hemoroidektomi juga dilangsungkan untuk pasien yang wasirnya tidak bisa diobat dengan metode non-bedah.

Sebelum bedah dilangsungkan, dokter akan memberikan Anda pilihan jenis bius, Anda bisa memilih bius lokal, regional, atau total.

Setelah obat bius sudah bekerja, dokter akan membuat sayatan kecil di sekitar anus untuk mengeluarkan ambeien dan menjahit bekas luka. Dokter akan mengobservasi Anda selama beberapa saat seusai operasi untuk memastikan kondisi Anda baik-baik saja. Kalau tidak ada masalah, Anda bisa langsung segera pulang. Rasa nyeri yang dialami karena operasi akan berangsur menghilang kurang lebih dua sampai enam minggu.

2. Hemorrhoidopexy

Prosedur operasi ambeien ini juga dikenal sebagai Procedure for Prolapse and Hemorrhoids atau PPH. Bedah wasir ini hanya bisa dilakukan pada ambeien yang belum keluar dari anus. Proses pelaksanaannya juga melibatkan pemberian obat bius.

Berbeda dengan hemoroidektomi, dokter akan menggunakan alat seperti staples untuk menjepit ambeien dan menggesernya ke daerah yang sarafnya sedikit.  Nantinya, ambeien akan mengecil dan menghilang karena kekurangan asupan darah.

Dibandingkan dengan operasi hemoroidektomi, bedah hemorrhoidopexy lebih tidak sakit dan lebih cepat sembuhnya. Selain itu, komplikasi karena menjalani operasi ini lebih rendah.

3. Hemorrhoidal Artery Ligation and Recto Anal Repair (HAL-RAR)

Prosedur operasi ambeien ini masih tergolong baru. Alih-alih memakai perkakas seperti stapler atau pisau bedah, dokter akan menggunakan alat serupa Doppler sensor. Alat tersebut akan dimasukkan ke dalam anus untuk memeriksa pembuluh darah mana yang menyuplai darah ke ambeien.

Setelahnya, dokter akan mengikat pembuluh darah tersebut untuk menghentikan pasokan darah ke ambeien. Nantinya pembuluh darah yang membengkak akan mengecil dan lama kelamaan mulai tak terasa lagi setelah beberapa minggu.

Operasi wasir ini tidak memberikan pasiennya rasa sakit dan cukup efektif untuk dijalankan.

Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjalani Prosedur Operasi Ambeien?

Beberapa hari sebelum operasi dimulai, dokter akan menginstruksikan Anda untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan, khususnya obat golongan NSAIDs.

Satu hari sebelum bedah wasir, Anda akan diminta untuk mengosongkan perut. Biasanya dokter akan memberitahukan Anda obat atau hal apa yang perlu dilakukan untuk membersihkan usus.

Di hari operasi dilakukan, dokter akan meminta Anda untuk mengonsumsi makanan yang tidak berminyak dan ringan saat sarapan dan makan siang. Seusai makan siang, Anda hanya bisa mengonsumsi cairan yang bening. Namun, empat jam sebelum operasi, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi ataupun minum apapun.

Sebelum prosedur operasi ambeien dimulai, kondisi fisik Anda akan diperiksa dan dipantau terlebih dahulu. Setelahnya, saluran infus yang berisi antibiotik akan dimasukkan ke dalam lengan untuk mencegah infeksi. Berikutnya dokter akan memeriksa kondisi ambeien sebelum memberikan obat bius.

Risiko Menjalani Prosedur Operasi Ambeien

Meskipun termasuk aman, tapi ada beberapa risiko yang bisa terjadi setelah menjalani bedah wasir, seperti:

  • Kesulitan buang air kecil karena otot yang mengejang atau membengkak.
  • Infeksi
  • Pendarahan pada bagian anus
  • Kerusakan pada otot di lubang anus yang membuat Anda tidak mampu menahan buang air besar atau kentut.
  • Adanya reaksi negatif akibat pemakaian anestesi

Apa yang Akan Dirasakan Seusai Prosedur Operasi Ambeien?

Umumnya, efek obat bius akan berakhir 6-12 jam setelah operasi. Setelahnya, Anda akan merasakan nyeri di sekitar anus, terutama saat buang air besar. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan Anda obat anti sakit. Terkadang dokter juga bisa memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi.

Anda bisa mencoba menaruh es batu yang sudah dibalut kain pada anus atau berendam di air hangat yang sudah dicampur garam untuk mengurangi rasa sakit.

Untuk memudahkan Anda buang air besar, Anda boleh menggunakan obat pelunak tinja atau memakai salep yang membuat daerah sekitar anus kebas. Semuanya akan kembali normal setelah kurang lebih 10-14 hari pasca operasi.

Setelah dua sampai tiga minggu pasca operasi, dokter akan meminta Anda untuk mengunjunginya untuk menjalani pemeriksaan.

Pendarahan bisa saja terjadi saat pertama kali buang air besar, jika pendarahan terus berlanjut hubungi dokter.

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Prosedur Operasi Ambeien?

Setelah operasi ambeien, Anda tetap perlu menjaga pola makan dan minum agar wasir tidak kambuh kembali.

Sebaiknya minum 8-10 gelas air dan konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi konsumsi daging, makanan olahan, dan makanan yang kaya akan susu dan tepung.

Sehabis operasi, jangan lakukan aktivitas yang berat serta mengangkat dan menarik benda-benda berat.

Konsultasikan ke Dokter

Segera konsultasikan ke dokter apabila Anda mengalami efek-efek negatif setelah menjalani prosedur operasi ambeien, seperti mengalami pendarahan di anus, tidak dapat buang air kecil atau besar, dan demam.

Baca Juga: 5 Merek Obat Ambeien yang Ampuh dan Aman

Sumber

Healthline. (2019). Hemorrhoid Surgery. www.healthline.com

Verywell Health. (2021). Hemorrhoidectomy: Everything You Need to Know. www.verywellheatlh.com

WebMD. (2020). Hemorrhoid Surgery. www.webmd.com

University of Michigan Health. (2020). Hemorrhoidectomy for Hemorrhoids. www.uofmhealth.org