Ponstan: Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

Ponstan: Manfaat, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

Penulis: Fajar | Editor: Ratna

Ponstan adalah salah satu jenis obat asam mefenamat yang berfungsi untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Obat ini digunakan saat seseorang merasakan nyeri pada kepala, gigi, sendi, atau wanita yang nyeri saat haid.

Obat ini membantu mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan atau demam. Selain itu, obat ini mengurangi pembengkakan dengan cara menurunkan kadar prostaglandin, hormon yang memicu peradangan.

Ponstan meredakan sakit atau rasa nyeri dalam jangka pendek, sifat obat ini sementara, tidak bisa mengobati kemungkinan sumber penyakit yang mengakibatkan rasa nyeri timbul.

Baca Juga: Asam Mefenamat: Fungsi, Cara Penggunaan, dan Efek Samping

Cara Penggunaan

Ponstan merupakan obat tablet yang dikonsumsi dengan cara diminum. Penggunaan obat ini harus dengan rekomendasi dokter, karena tidak semua kondisi tubuh siap menerima obat.

Dosis obat ini umumnya 4 kali sehari, tapi pastikan kadar tersebut sesuai dengan saran dokter yang menangani gangguan kesehatan pengguna. Setidaknya pengguna tidak tidur selama 10 menit setelah menenggak obat ini. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggolongkan obat ini sebagai golongan K atau obat keras. Maka, penting untuk memahami fungsi Ponstan, cara penggunaan, dan efek samping yang mungkin timbul.

Tubuh orang dengan gangguan hati mungkin tidak bisa memproses obat ini dengan baik. Peningkatan asam mefenamat dalam tubuh dapat memicu sejumlah efek samping. Begitu pula dengan orang dengan masalah ginjal, yang tak akan dapat memproses khasiat obat dengan sempurna. Dokter mungkin akan menentukan dosis khusus bagi penderita gangguan ginjal.

Sebaiknya hindari penggunaan obat ini bagi wanita yang sedang hamil, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Obat ini mampu menghambat asupan nutrisi dan oksigen lewat pembuluh darah.

Pahami juga bahwa seseorang mungkin mengalami alergi pada obat ini, biasanya timbul gejala seperti sulit bernafas, bengkak pada wajah dan tenggorokan, atau gatal-gatal.

Dosis Ponstan

Obat jenis ini yang umum beredar di Indonesia biasanya sebesar 500 mg, berikut dosis pemakaian Ponstan tersebut:

  • Dosis Dewasa (14 tahun ke atas): 1 tablet untuk penggunaan pertama, setengah tablet setiap 6 jam atau sesuai kebutuhan. Hindari mengkonsumsinya selama 7 hari berturut.
  • Anak-anak kurang dari 14 tahun mengkonsumsinya.
  • Wanita haid: 1 tablet untuk penggunaan pertama, setengah tablet setiap 6 jam atau sesuai kebutuhan.

Efek Samping Umum Ponstan

Meski ada yang berupa obat generik, namun penggunaan Ponstan harus dengan hati-hati dan mengetahui secara pasti kondisi kesehatan yang Anda alami. Karena, jika tidak obat ini dapat memberi pengaruh buruk.

Asam mefenamat pada Ponstan dapat memberi efek tertentu saat Anda konsumsi. Terdapat sejumlah efek samping Ponstan yang sebaiknya Anda ketahui dan pahami, antara lain:

  • Sakit perut
  • Mual
  • Muntah
  • Maag
  • Sembelit
  • Diare
  • Ruam kulit
  • Pusing
  • Telinga berdengung

Untuk itu, sebaiknya Ponstan dikonsumsi atas saran dokter, karena dokter sebelumnya tahu bagaimana riwayat tubuh Anda dan kesiapan tubuh menerima Ponstan.

Efek Samping Serius Ponstan

Terdapat pula sejumlah risiko efek samping yang lebih membahayakan, seperti serangan jantung atau stroke. Berikut gejala yang mungkin dirasakan seseorang:

  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Merasa lemas di satu sisi tubuh

Selain itu, Ponstan juga mungkin menyebabkan pencernaan dan kesehatan perut seseorang terganggu, dengan gejala seperti sakit perut, feses atau tinja berwarna gelap, hingga muntah darah.

Efek samping serius lain yang bisa timbul setelah mengkonsumsinya adalah gangguan fungsi hati, dengan gejala kulit yang menguning, demam, kelelahan, dan mual.

Berhenti konsumsinya secara teratur jika sejumlah gejala efek samping sudah timbul. Hubungi dokter dan konsultasikan penggunaan Ponstan untuk masalah kesehatan yang sedang Anda alami.

Itulah pemaparan mengenai fungsi Ponstan, cara penggunaan, hingga efek samping yang mungkin timbul jika kondisi kesehatan seseorang tak siap untuk menerima obat ini.

Baca Juga: Meloxicam: Fungsi, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

Sumber

BPOM. Ponstan. www.pionas.pom.go.id

Healthline. (2019). Mefenamic Acid, Oral Capsule. www.healthline.com

Medline Plus. (2020). Mefenamic Acid. www.medlineplus.gov

Web MD. Mefenamic Acid. www.webmd.com