Si Pisang yang Kaya Manfaat

Image: asweetpeachef.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Pisang? Siapa yang tidak suka pisang? Banyak orang yang menyukai buah yang berwarna kuning dan berbentuk lonjong ini. Harganya yang ekonomis dan mudah didapat, membuat buah ini digemari oleh banyak orang. Meski harganya murah, namun buah ini kaya manfaat lho. Pisang punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan berat badan lho. Nah berikut ini manfaat pisang untuk tubuh di antaranya:

Baca Juga : 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

1. Pisang adalah Salah Satu Sumber Vitamin B6 Buah Terbaik

Vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh Anda dan pisang berukuran sedang dapat menyediakan seAndar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian Anda. Vitamin B6 membantu tubuh Anda untuk menghasilkan sel darah merah, menjaga metabolisme karbohidrat dan lemak serta mengubahnya menjadi sebuah energi untuk beraktivitas. Menjaga metabolisme asam amino, menghapus bahan kimia di dalam tubuh yang bersumber dari hati serta ginjal Anda dan menjaga sistem saraf untuk tetap sehat. Tidak hanya itu, pisang juga baik untuk wanita yang sedang hamil juga loh, karena membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan perkembangan sang janin di dalam perut.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Pisang dapat meningkatkan dan menjaga kadar gula darah dalam waktu cukup lama karena mengandung 3 macam gula alami, sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda. Dengan mengonsumsi pisang membuat Anda tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga mood Anda. Namun, bagi Anda penderita diabetes harus hati-hati dalam mengonsumsi pisang karena buah ini mengandung cukup banyak gula. Pantaulah gula darah Anda sebelumnya jika ingin memakannya ya!

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda para wanita yang sedang menjalani program diet, nah pisang ini sangat cocok untuk Anda konsumsi lho. Memang masih belum ada penelitian yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, pisang memang memiliki beberapa kandungan zat, yang seharusnya menjadikannya makanan yang cocok untuk melakukan penurunan berat badan. Sebagai teman diet, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Rata-rata pisang memiliki lebih dari 100 kalori, namun pisang juga sangat bergizi dan mengenyangkan. Makan lebih banyak serat dari sayuran dan buah-buahan seperti pisang, telah berulang kali dikaitkan sebagai solusi untuk program penurunan berat badan karena mengenyangkan dan dapat mengurangi nafsu makan Anda.

Baca Juga : 8 Camilan Sehat bagi Anda yang Sedang Diet 

4. Baik untuk Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 320-400 mg potasium, yang memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan potasium harian Anda. Kalium membantu tubuh Anda menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium yang tinggi membantu mengendalikan tekanan darah Anda yang tinggi. Jadi bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau sedang mengalami darah tinggi, pisang sangatlah cocok untuk mengurangi tekanan darah Anda.

Baca Juga : Waspadai 6 Gejala Serangan Jantung

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi pisang setiap hari ternyata memberikan dampak baik bagi pencernaan Anda lho. Buah pisang mengandung serat tak larut air yang berperan penting untuk melancarkan kerja usus Anda sehingga Anda lebih mudah BAB. Tidak hanya itu mengonsumsi satu buah pisang dapat membuat bakteri baik tumbuh subur di dalam pencernaan Anda, sehingga menurunkan risiko terserang gangguan pencernaan.

Jadi, siapa bilang pisang itu buah yang hanya cocok untuk dikonsumsi oleh hewan Monyet? Memang, dari luar terlihat sederhana dan tidak menarik. Namun, jangan salah lima manfaat yang sudah Anda baca tadi, sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda loh. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah yang kaya manfaat ini ya!

Semoga bermanfaat untuk Anda-Anda semua dan selamat mengkonsumsi pisang!

Baca Juga : Hubungan Bersendawa dengan Masalah Pencernaan dan Enzim

Sumber:
Healthxchange. (2016). 6 Good Reasons to Eat Banana Today. www.healtxchange.com
Medical News Today. (2017). Benefits and Health Risk of Bananas. www.medicalnewstoday.com
Healthline. (2018) 11 Evidence Based Health Benefits of Eat Bananas. www.healthline.com
Food NDTV. (2018).7 Wonderful Benefits of Banana.  www.food.ndtv.com.