Perut Buncit? Ketahui dan Hindari Penyebabnya

Image: fio.health.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Memiliki berat badan ideal dengan perut yang rata adalah impian semua orang, terutama untuk para kaum hawa, karena hal ini tentu saja bisa meningkatkan rasa percaya diri di depan banyak orang. Namun, memiliki berat badan yang ideal, bukanlah jaminan untuk terhindar dari perut buncit karena bisa saja seseorang yang berbadan ideal memiliki perut yang buncit.

Hal ini bisa dilihat dari ukuran lingkar pinggangnya, untuk pria jika lingkar pinggangnya lebih dari 90 cm dan perempuan lebih dari 80 cm, maka orang tersebut termasuk dalam kategori memiliki perut buncit sehingga untuk mengurangi ataupun menghilangkannya Anda perlu melakukan atau menghindari beberapa hal ini, agar terhindar dari perut yang buncit.

Baca Juga : 8 Olahraga yang Efektif untuk Kecilkan Perut

1. Mengonsumsi Alkohol

Anda penggemar alkohol? Maka hal ini harus mulai perlahan untuk dihindari dan dikurangi, karena salah satu penyebab dari perut buncit adalah mengonsumsi alkohol. Hal ini disebabkan, dalam satu gelas yang berisi alkohol, memiliki sebanyak 150 kalori yang setara dengan tujuh keping biskuit ataupun es serut yang bertoping susu dan kacang merah. Oleh karena itu, jika ingin tubuh Anda sehat dan terhindar dari perut buncit, mulai kurangi minum alkohol dari sekarang, ya.

2. Kurangnya Waktu Istirahat

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung lemak ataupun karbohidrat berlebih, waktu istirahat yang kurang juga merupakan salah satu penyebab perut Anda menjadi buncit. Hal ini dikarenakan, ketika Anda kurang tidur maka dapat mengganggu produksi hormon leptin sehingga mengakibatkan hormon tersebut menyimpan lemak di perut. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kurang tidur bisa membuat proses pembakaran lemak jadi lambat dan membuat orang menambah asupan makanan sebanyak 500 kalori di esok harinya.

3. Merokok

Jika ada orang yang mengatakan bahwa dengan merokok bisa mengurangi berat badan maka anggapan tersebut ada benarnya. Hal ini dikarenakan, ketika orang merokok secara tidak langsung akan memberikan efek samping dalam mengurangi nafsu makan serta meningkatkan proses pembuangan energi, tetapi dilansir dari sebuah penelitian, perokok aktif justru memiliki lingkar pinggang lebih besar daripada orang yang tidak merokok.

Hal ini dikarenakan, rokok dapat mengubah penyebaran lemak di dalam tubuh manusia sehingga beberapa lemak bertumpuk di area sekitar perut yang mengakibatkan perut menjadi buncit.

4. Konsumsi Gula Berlebih

Segala makanan dan minuman yang mengandung rasa manis, memang sangatlah enak, tetapi jika dikonsumsi dalam takaran yang berlebih maka pilihan konsumsi ini bisa membuat perut Anda menjadi buncit. Dilansir dari penelitian di Amerika, takaran normal untuk mengonsumsi gula adalah sebanyak 50 gram atau setara dengan seperempat sendok makan setiap harinya. Nah, jika terlalu banyak mengonsumsi gula selain bisa membuat perut Anda buncit, beberapa penyakit serius juga bisa menjangkit Anda seperti obesitas, diabetes, jantung, dan kanker.

5. Banyak Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Di zaman seperti ini, makanan cepat saji selain menjadi pilihan juga menjadi makanan favorit beberapa orang, dikarenakan rasanya yang enak dan cepat untuk dikonsumsi. Namun, sering yang dilupakan bahwa dalam makanan cepat saji memiliki jumlah kalori yang melebihi dibutuhkan oleh beberapa orang. Semisal, hamburger memiliki 400-1.000 kalori, kentang goreng mengandung 200-350 kalori, pizza ukuran sedang memiliki kalori sebesar 300-400 kalori dan jika semisal itu dikonsumsi semua maka tubuh kita mengandung kurang lebih 1.950 kalori dan hal inilah yang menyebabkan perut Anda bisa menjadi buncit.

6. Kurangnya Minum Air Putih

Rasa lapar yang dirasakan oleh tubuh Anda, tidak hanya sekedar karena kurang makan, tetapi juga bisa jadi tubuh Anda kekurangan cairan. Mengapa perut bisa menyalah artikan sinyal ini? Jawabannya ketika tubuh Anda kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan mengirimkan sinyal yang bisa membuat bingung dalam mengatur nafsu makan sehingga hal tersebut akan memunculkan rasa lapar yang membuat Anda akan mencari camilan, di mana sebenarnya tubuh Anda hanya membutuhkan segelas air putih. Jadi, jika perut Anda merasakan lapar disaat Anda sudah makan, jadikan air putih solusi terbaik Anda, ya.

7. Stres yang Berlebih

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa stres dapat membuat perut Anda menjadi buncit, hal ini dikarenakan ketika Anda mengalami stres nafsu makan Anda menjadi berlebih dan memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan yang manis, kalori yang tinggi dan berlemak.

Di sisi lain, tubuh Anda akan lebih banyak melepaskan hormon stres yang mempengaruhi metabolisme tubuh dan menentukan dimana lemak berlebih Anda akan disimpan. Terlebih lagi, ketika stres orang cenderung akan malas bergerak maupun berolahraga, hal inilah yang menjadi pendukung perut Anda menjadi buncit.

8. Minuman Berkarbonasi

Jenis minuman ini merupakan salah satu jenis minuman yang susah untuk dihindari, terlebih lagi ketika dalam cuaca yang panas, maka rasa manis dan segar sangat memanjakan tenggorokkan Anda. Namun, kadar gula yang ada di dalam minuman soda ini yang membuat minuman ini manis, merupakan kandungan yang perlu diwaspadai. Jika minuman ini dinikmati berlebihan tanpa diimbangi dengan olahraga yang teratur maka tubuh akan menyimpan karbohidrat dan lemak ini sebagai lemak dan bisa membuat perut Anda menjadi buncit.  

Nah, inilah beberapa hal yang bisa membuat perut Anda buncit dan perlu dihindari. Jadi, selamat menjalani hidup sehat, ya.

Baca Juga: Ingin Langsing dan Sehat Coba Tips Diet Mediterania

Sumber:
Healthline. (2017). What Causes Abdominal Bloating? www.healthline.com
IFFGD. (2018). Understanding Bloating and Distension. www.iffgd.org
HarvardHealthPublishing. (2018). What Causing the Belly Boat? www.health.harvard.edu
MedlinePlus. (2019). Abdomen-Swollen. www.medlineplus.gov