7 Tips Mudah Pertolongan Pertama Untuk Luka Bakar

Related image
Image: myhealth.alberta.ca

Kulit yang terbakar bisa jadi sangat perih dan rentan. Jika salah dalam tangani luka bakar akibatnya bisa fatal. Luka terkena infeksi, semakin meluas, dan sulit sembuh.

Selama ini banyak orang kira bahwa pertolongan pertama bagi kulit terbakar derajat ringan adalah pasta gigi (odol). Padahal cara tersebut tidak tepat. Lalu, harus bagaimana?

1. Jauhkan dari Sumber Panas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jauhkan korban dari sumber panas. Jika sumber panasnya adalah listrik, matikan stop kontak dulu. Hal ini cegah luka bakar menyebar lebih luas.

2. Bilas Air Mengalir

Basuh luka bakar dengan air dingin atau hangat yang mengalir selama 15-20 menit. Pada situasi darurat yang tidak memungkinkan, anda bisa pakai kain kompres. Tujuan langkah ini untuk hentikan inflamasi yang mungkin masih tersisa.

Tapi ingat, hanya gunakan air saja! Tidak boleh ditambahkan es batu, air es, krim apapun. Suhu dingin yang ekstrim malah memperparah luka bakar.

3. Copot Benda atau Baju di Sekitar Luka

Lepaskan seluruh bagian atau aksesoris, baju, cincin, kalung dan lainnya yang berada di dekat area terbakar. Sebab luka bakar bisa membengkak dan sulit diobati jika terhalang benda-benda.

Namun jika benda tersebut terlanjur menempel di kulit, jangan paksa untuk dilepas.

4. Jangan Sampai Kena Hipotermia

Orang dengan luka bakar sensitif terhadap perubahan suhu, sehat fungsi kulit sudah rusak. Oleh karena itu, selimuti atau tutup luka dengan kain lembut/perban yang bersih.

Pada orang dengan luka bakar yang luas, tidak boleh merendam luka dalam air. Hal ini bisa sebabkan hipotermia pada orang tersebut.

5. Olesi Salep atau Aloe Vera

Olesi salep dengan tipis di bagian yang terkena luka bakar. Hanya saja pilih yang tanpa antibiotik karena bisa timbulkan alergi. Tidak disarankan untuk pakai minyak, mentega, atau putih telur. Soalnya bahan yang mentah cenderung mengandung bakteri.

Untuk aloe vera, pilih asli atau produk tanpa zat adiktif seperti parfum dan pewarna. Sebab bisa malah menginfeksi kulit. Aloe vera asli mengandung zat antiradang yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka.

6. Tidak Boleh Memaksa Kulit yang Mengelupas

Kulit yang terbakar selanjutnya akan mengeras dan terasa gatal. Pada saat tersebut, jangan tergoda untuk memaksa kulit mengelupas/melepuh. Bisa jadi tangan yang digunakan tidak steril sehingga memicu radang/penyebaran bakteri. Kulit akan melepuh dan membaik dengan sendirinya.

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Beberapa luka bakar ada yang sangat perih walaupun tidak luas. Bila anda merasa tidak kuat menahannya, beli obat pereda nyeri di apotik. Beberapa zat aktif pereda nyeri adalah ibuprofen, paracetamol, dan aspirin. Gunakan sesuai petunjuk yang tertera atau tanya pada apoteker anda.

Itu lah sederet tips untuk atasi luka bakar derajat ringan. Tentunya jika luka bakar termasuk berat segera ke dokter atau rumah sakit terdekat. Yang pasti jangan gunakan sembarang obat yang belum teruji efeknya. Salam sehat!

 

Sumber:
The efficacy of aloe vera used for burn wound healing: A systematic review. 2007. Burns Journal. Vol 33 (6): 713-718
Home Remedies for Burns. 2015. www.healthline.com
Minor Burns: Aftercare. 2016. www.medlineplus.gov
Burns and Scalds. 2018. www.nhs.uk
Burns: First Aid. 2018. www.mayoclinic.org