Perawatan Rambut Panjang agar Kuat dan Sehat

Perawatan Rambut Panjang agar Kuat dan Sehat

Penulis: Lady | Editor: Umi

Memiliki rambut panjang yang indah dan sehat adalah impian para wanita karena dapat mempercantik penampilan Anda. Namun, perawatan rambut panjang lebih sulit dibandingkan dengan rambut yang pendek.

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, pasti sering mengalami rontok, kusut, ujung rambut bercabang dan terlihat kusam. Hal itu dapat disebabkan karena gaya hidup Anda yang sibuk, stres dan rambut yang terpapar polusi setiap hari. Berikut cara merawat rambut panjang, bagi anda yang mendambakan rambut panjang yang kuat dan sehat.

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Rambut dan kulit kepala Anda membutuhkan minyak alami agar tetap sehat. Oleh karena itu, saat anda keramas setiap hari, minyak alami pada rambut akan semakin berkurang. Hal ini akan membuat kulit kepala Anda memproduksi minyak yang berlebihan sehingga membuat rambut rentan berketombe dan rusak.

Idealnya, untuk menjaga rambut panjang tetap sehat, Anda hanya perlu mencuci dua hingga tiga kali seminggu. Fokuslah pada kulit kepala Anda, karena kotoran dan minyak cenderung menumpuk di kulit kepala. Oleskan sampo pada kulit kepala sambil dipijat hingga sampo berbusa, dan turunkan ke ujung rambut. Pastikan juga memilih sampo sesuai dengan jenis rambut spesifik Anda.

Baca Juga :Cara Mudah Hilangkan Kutu Rambut Si Kecil

2. Gunakan Kondisioner

Rahasia umum menjaga rambut panjang tetap sehat, berkilau, dan halus adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner berfungsi untuk melembutkan, memperbaiki kerusakan, dan membantu menghaluskan rambut Anda.

Oleskan kondisioner setelah Anda melakukan keramas. Konsentrasikan dari tengah rambut hingga ke ujung. Hindari mengoleskan kondisioner pada akar rambut karena akan membuat rambut Anda berketombe.

3. Batasi Penggunaan Alat Pengering atau Catokan Rambut

Anda yang sering menggunakan pengering atau catokan rambut, mungkin harus waspada karena alat tersebut dapat membuat rambut Anda menjadi kasar dan rusak. Terutama ketika setelah keramas, Anda lebih baik menunggu rambut sampai kering tanpa menggunakan alat pengering, karena alat tersebut dapat membuat rambut rontok.

Di samping itu, sebelum memakai alat pengering atau catokan, Anda harus menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu agar terhindar dari kerusakan rambut yang tidak Anda inginkan. Jadi, pakailah alat pengering dan catokan rambut pada saat diperlukan.

4. Gunakan Sisir Berbentuk Bundar

Pilih sisir dengan bulu alami seperti sisir berbentuk bundar dari landak laut untuk rambut panjang Anda. Selain itu, kuas sisir Anda harus cukup kuat untuk mengurai rambut panjang, tetapi juga harus cukup lembut sehingga tidak menarik terlalu keras pada rambut Anda.

Sisir bundar memiliki pegangan dari kayu atau plastik yang nyaman dan mudah dipegang oleh tangan Anda. Bentuknya yang bundar ini juga sangat baik untuk menyisir rambut panjang agar tidak rontok, kusut, dan bercabang.

5. Sisir Rambut secara Perlahan

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, harus ekstra hati-hati saat menyisir karena rambut panjang lebih rentan kusut. Anda harus menerapkan cara menyisir yang tepat yaitu dengan menyisir dari ujung rambut dan lanjutkan ke atas secara perlahan. Menyisir dengan cara tersebut memastikan tidak ada tekanan pada akar rambut, sehingga meminimalkan kerusakan pada rambut Anda.

Perlu diingat juga untuk tidak menyisir rambut dalam kondisi masih basah, karena dapat menyebabkan banyak kerusakan saat meregangkan helai rambut dan bukannya memisahkan rambut. Keringkan rambut Anda dengan handuk secara lembut dan gunakan sisir bergigi lebar.

6. Potong Ujung Rambut secara Rutin

Memotong ujung rambut secara rutin juga perlu Anda perhatikan dalam merawat rambut panjang. Memotong ujung rambut secara rutin berguna untuk membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan menghilangkan rambut yang bercabang. Jadi, potonglah rambut Anda minimal tiga bulan sekali agar terhindar dari rambut yang bercabang dan membuat rambut Anda lebih sehat.

Baca Juga :Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala Bagi Perempuan Berhijab

7. Batasi Penggunaan Pewarna Rambut

Jika Anda suka sekali mewarnai rambut, Anda mungkin harus membatasi penggunaan pewarna rambut mulai sekarang. Kandungan kimia dalam pewarna rambut akan memberatkan dan merusak rambut panjang Anda. Jika Anda memilih untuk mewarnai rambut, lakukan hanya pada saat Anda benar-benar membutuhkannya.

8. Gunakan Masker Rambut

Masker rambut dapat membuat rambut Anda menjadi kuat dan berkilau. Vitamin dalam masker sangat baik agar rambut menjadi sehat dan lebih halus. Anda bisa menggunakan masker rambut yang kini banyak dijual di pasaran, seperti masker dengan kandungan minyak kelapa, lidah buaya, madu, atau plain yogurt.

Deretan kandungan tersebut memiliki berbagai manfaat yang berguna untuk menjaga rambut panjang Anda tetap sehat. Di samping itu, bahan alami lain seperti minyak zaitun juga bisa Anda coba agar rambut mudah dirapikan dan tidak mudah kusut.

9. Gunakan Sarung Bantal Berbahan Katun dan Satin

Gantilah sarung bantal berbahan katun dan memilih kain satin akan membuat rambut tetap sehat dan terhidrasi. Karena kain satin dan sutra memiliki permukaan yang lebih lembut. Kedua bahan tersebut menyebabkan gesekan lebih sedikit dibandingkan dengan kain katun, sehingga ketika Anda terbangun, rambut panjang tidak dalam keadaan kusut.

Itulah beberapa tips untuk merawat rambut panjang Anda. Merawat rambut yang panjang sebenarnya cukup mudah asalkan Anda rajin dan rutin menerapkannya, agar terhindar dari rambut yang rontok, bercabang, kusam dan kusut.

Baca Juga : 6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

Sumber :
WikiHow. How to Maintain Long Hair (2019). www.wikihow.com
Stylecraze. 26 Top Tips For Long Hair – A Definitive Guide (2019). www.stylecraze.com
Luxy Hair. How To Take Care Of Long Hair: 7 Best Tips. www.luxyhair.com
The Long Hair Community. Long Hair Care Basics for Beautiful, Long, Healthy Hair. www.longhaircommunity.com