10 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka

10 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka

Penulis: Mustika | Editor: Umi

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnama Sari

 

Memiliki kulit mulus tanpa cela merupakan salah satu impian. Namun sayangnya, memiliki bekas luka adalah hal yang tak bisa dihindari. Luka yang terjadi pada kulit sendiri bisa terbentuk karena beberapa hal, seperti tindakan operasi, jatuh, tergores, hingga hal yang tak pernah dibayangkan.

Luka-luka tersebut kemudian meninggalkan bekas yang kerap membuat banyak orang tak percaya diri. Jenis luka pun beragam tergantung dari penyebabnya. Tapi jangan khawatir, walaupun sudah menjadi momok yang menakutkan, bekas luka ternyata bisa diobati menggunakan cara alami, lho. Simak ulasannya berikut ini!

1. Shea Butter dan Minyak Kelapa

Jika Anda pernah mengalami cedera, seperti luka sayatan atau luka bakar, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga kelembapan kulit. Untuk melakukan hal tersebut, Anda memerlukan bahan alami yang berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan kelembapan kulit, seperti shea butter dan minyak kelapa.

Keduanya dipercaya dapat membantu mengurangi bekas luka dan rasa gatal. Hal ini karena kedua bahan alami tersebut mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan yang terbukti dapat memperbaiki kulit dengan menghambat jaringan parut.

Selain itu, shea butter dan minyak kelapa juga bermanfaat untuk melembapkan kulit sehingga dapat meminimalkan bekas luka. Anda cukup mengoleskan shea butter atau minyak kelapa setidaknya dua hingga tiga kali sehari. Anda juga tak perlu membilasnya karena kedua minyak ini sangat bermanfaat bagi kulit.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Menghilangkan Keloid

2. Minyak Lavender

Kolagen adalah salah satu protein yang berperan besar dalam mengurangi pembentukan jaringan parut. Maka, untuk mengurangi bekas luka, Anda perlu mencari bahan yang mampu meningkatkan produksi kolagen, seperti minyak lavender.

Minyak lavender telah terbukti dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh Anda. Selain itu, minyak esensial ini juga dapat membantu mengobati luka bakar, eksim, dan jerawat.

Tak hanya itu, lavender juga beraroma lembut sehingga dapat menenangkan kulit dan terbukti mampu mengurangi jaringan parut. Anda hanya perlu mengoleskan bekas luka dengan beberapa tetes minyak lavender. Lakukan ini setiap hari setidaknya tiga kali sehari.

3. Lidah Buaya

Anda tentu sudah tahu jika lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit. Bahkan lidah buaya dapat membantu mengurangi bekas luka, meregenerasi jaringan yang rusak, dan menenangkan kulit.

Selain itu, efek penyembuhan luka dengan lidah buaya juga telah dibuktikan kemampuannya untuk menghilangkan jaringan parut di kulit Anda. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda disarankan untuk mengoleskan daun lidah buaya langsung ke area bekas luka 30 menit hingga semalaman. Cobalah untuk menerapkan langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

4. Lemon

Jika Anda ingin menghilangkan bekas luka, maka lemon bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Hal ini karena lemon mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang memiliki sifat penyembuhan yang dibutuhkan kulit.

Selain itu, lemon juga dikenal bisa membantu pertumbuhan sel baru serta mengembalikan elastisitas kulit. Untuk penggunaannya Anda dapat mengambil ekstrak lemon dan mengoleskannya pada bekas luka selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Cocoa Butter

Cocoa butter dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi pertumbuhan jaringan parut. Tak hanya itu, cocoa butter juga bermanfaat untuk menghidrasi kulit, memberikan nutrisi, dan meningkatkan produksi kolagen.

Selain menghidrasi kulit, cocoa butter juga dikenal dapat menghilangkan stretch mark. Cocoa butter diklaim mampu diserap oleh kulit dengan mudah sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

6. Kunyit

Salah satu jenis rempah yang bermanfaat menghilangkan bekas luka adalah kunyit. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya mampu mengurangi produksi melanin yang berlebihan dan menambahkan pigmentasi pada bekas luka yang membuatnya terlihat gelap.

Untuk menggunakanya, Anda hanya perlu mengoleskan kunyit yang telah dicampur dengan madu pada bagian kulit yang terluka. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga : 8 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

7. Petroleum Jelly

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, petroleum jelly terbukti menjadi obat yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka dibandingkan dengan krim dan serum mahal.

Penggunaan petroleum jelly ini akan mencegah bekas luka atrofi, bekas cacar air, dan stretch mark menjadi terlalu besar, dalam, atau gatal. Anda hanya perlu mengoleskan petroleum jelly tiga kali sehari selama 1 hingga 3 minggu, agar membantu menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan mengurangi risiko jaringan parut.

8. Ekstrak Bawang

Anda mungkin cukup asing dengan bahan alami yang satu ini. Namun, ekstrak bawang merah merupakan salah satu pengobatan alami yang paling terkenal untuk perawatan bekas luka.

Hal ini karena sifat penyembuhan yang berasal dari bioflavonoid yang ditemukan dalam bawang yang disebut quercetin. Senyawa ini telah terbukti antiproliferatif (yang berarti menghambat pertumbuhan sel) dan anti-inflamasi, yang membatasi perubahan warna dan penampilan pada bekas luka.

9. Timun

Air dan vitamin yang terkandung dalam mentimun bisa membantu mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan bekas luka. Ini karena timun kaya akan vitamin C yang berguna meningkatkan pertumbuhan sel dan memperbaiki kulit Anda, mencegah jerawat, serta memperbaiki penampilan kulit.

10. Cuka Sari Apel

Tingginya pH dalam cuka sari apel dapat bermanfaat sebagai antiseptik yang efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari lapisan permukaan. Ini menjadikannya salah satu solusi terbaik untuk membantu menyamarkan bekas luka dan regenerasi jaringan kulit yang rusak. Namun, karena merupakan asam kuat, penting untuk berhati-hati saat menggunakannya.

Baca Juga : Cara Menjaga Kelembapan dan PH Seimbang pada Kulit Wajah

Sumber


Bright Side. 10 Hacks to Remove All Types of Scars and Help Them Heal. brightside.me
Healthline. 2018. How to Get Rid of Old Scars: Top 10 Remedies. www.healthline.com
Hello Glow. 2019. 12 Natural Ways to Get Rid of Scars. helloglow.co
Medical News Today. 2017. How can home remedies get rid of my old scar?. www.medicalnewstoday.com
NCBI. 2016.  Update on Postsurgical Scar Management. www.ncbi.nlm.nih.gov



Add Your Comment