Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Tepat Mengatasinya

Penyebab Telapak Tangan Gatal dan Cara Tepat Mengatasinya

Penulis: Silvia | Editor: Umi

Sebagian orang pasti pernah merasakan sensasi telapak tangan gatal yang begitu hebat dan terkadang muncul ruam merah. Telapak tangan gatal bisa saja terjadi akibat beberapa penyakit kulit yang umum. Namun jangan salah, telapak tangan gatal juga bisa menandakan adanya gangguan pada kesehatan tubuh yang lebih serius.

Saat mengalami kondisi telapak tangan yang gatal, Anda bisa saja mengatasinya dengan krim obat khusus gatal-gatal maupun salep. Sayangnya, cara ini tidak bisa terus dilakukan jika Anda mengalami telapak tangan gatal dalam kurun waktu yang lama karena bisa saja hal serius tengah melanda kesehatan Anda.

Jika sudah begitu, penting bagi Anda untuk mengenali faktor penyebab telapak tangan gatal dan bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk itu, simak artikel di bawah ini!

Baca Juga : 7 Obat Gatal Alami Efektif Redakan Ruam dan Gatal

Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan Gatal

Telapak tangan yang gatal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik karena gangguan dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Berikut ini penyebab umum telapak tangan gatal.

1. Eksim

Eksim merupakan peradangan pada kulit disertai dengan gejala berupa rasa gatal, bercak kemerahan, dan kulit pecah-pecah, hingga munculnya lepuhan kecil.

Beberapa bentuk eksim, seperti eksim dishidrotik bisa menyebabkan kulit merah, bersisik atau lepuh kecil, serta gatal berisi cairan di telapak tangan, sela jari tangan, jari kaki, dan telapak kaki. Jenis eksim ini sering kali dipicu oleh alergi atau stres. Bahkan lepuh bisa berlangsung selama beberapa minggu.

Biasanya orang yang rentan terkena eksim ini merupakan orang yang berprofesi tertentu, di mana tangan mereka cenderung terpapar bahan kimia ataupun kelebihan kelembapan. Misalnya saja penata rambut, montir, tenaga kesehatan, dan petugas kebersihan.

Menggunakan sabun lembut dan losion setelah mandi dapat membantu meringankan gejala eksim. Dalam beberapa kasus, dokter kulit mungkin meresepkan salep atau krim steroid untuk mengobati lepuhan.

2. Reaksi Alergi

Telapak tangan yang gatal dapat mengindikasikan adanya reaksi alergi terhadap sesuatu yang Anda sentuh. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dermatitis kontak alergi.

Gejala yang dirasakan umumnya meliputi ruam, kulit yang sangat kering, gatal-gatal, lepuh, hingga sensasi terbakar atau menyengat. Gejala ini dapat muncul segera atau bahkan beberapa jam kemudian.

Dokter mungkin akan meresepkan obat antihistamin atau kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Baca Juga : 7 Tips Mengurangi Reaksi Alergi Debu

3. Diabetes

Seseorang yang mengidap penyakit diabetes memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi dan sirkulasi darah yang kurang baik. Hal itulah yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan terasa gatal.

Kondisi gatal terkait diabetes ini dalam istilah medis disebut Xantomatosis erupsi. Tak hanya di tangan, kondisi ini juga bisa muncul di area tubuh lainnya seperti kaki.

Penting untuk menerapkan pola hidup sehat agar kadar gula darah Anda tetap stabil. Selain itu, penderita diabetes yang mengalami gatal harus mencari pengobatan secepatnya. Ini karena pada penderita diabetes, kulit yang gatal akan lebih rentan teriritasi dan infeksi.

4. Gangguan Saraf

Gangguan saraf pada tangan akibat kondisi seperti Sindrom Carpal Tunnel juga bisa menyebabkan telapak tangan terasa gatal.

Sindrom carpal tunnel merupakan salah satu gangguan saraf tangan yang memiliki efek serupa yang dapat menyebabkan tangan Anda terasa, seperti mati rasa, gatal, lemas hingga nyeri. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada malam hari.

Jika Anda terus-menerus merasakan hal tersebut, ada baiknya untuk segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Kulit Kering

Seiring bertambahnya usia, elastisitas dan kelembapan kulit akan mengalami penurunan. Hal ini akan menyebabkan kulit semakin kering, sehingga mengakibatkan kulit pecah-pecah hingga gatal-gatal.

Beberapa orang juga mengalami gatal pada tangan yang disebabkan oleh menurunnya kelembapan kulit akibat udara dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan losion pelembap secara rutin agar kulit mampu menjaga kelembapannya.

6. Psoriasis

Psoriasis merupakan masalah kondisi kulit yang timbul akibat pertumbuhan sel kulit yang tidak terkendali. Selain menyebabkan kulit tangan terasa gatal, psoriasis juga menyebabkan kulit kering pecah-pecah/bersisik dan berdarah, nyeri persendian di dekat area yang terkena, hingga timbul lepuh merah.

Penyakit autoimun ini memiliki jenis tingkat keparahan. Apabila Anda mengalami psoriasis dengan tingkat rendah atau dengan gejala yang ringan, Anda cukup mengolesi losion pelembap.

Namun, apabila gejala yang dirasakan sangat mengganggu aktivitas, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih baik.

Langkah Pencegahan

Guna mencegah kondisi telapak tangan gatal dari beberapa penyebab umum yang telah disebutkan, Anda bisa menghindari hal-hal pemicu munculnya masalah kulit.

Langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan antara lain:

  • Rutin menggunakan pelembap yang mampu membuat kulit terhidrasi dengan baik.
  • Hindari menggunakan sabun yang mengandung pewangi serta bahan yang terlalu keras.
  • Menghidrasi kulit tak hanya dari luar saja, tetapi Anda juga perlu menghidrasinya dari dalam tubuh dengan mencukupi asupan air putih.
  • Gunakan sarung tangan sebagai pelindung saat melakukan pekerjaan yang memiliki risiko terkena paparan bahan kimia dan detergen.

Baca Juga : Ketahui Penyebab Nyeri pada Telapak Tangan

 

Sumber

Healthline. 2019. Why Do I Have Itchy Palms?. www.healthline.com
Mayo Clinic. 2021. Itchy skin (pruritus). www.mayoclinic.org
Medical News Today. 2018. Why are my palms itchy?. www.medicalnewstoday.com
Net Doctor. 2020. Why are my palms so itchy? 10 possible reasons. www.netdoctor.co.uk



Add Your Comment