Leher Kiri Terasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Leher Kiri Terasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Leher adalah bagian vital dari tubuh manusia yang memberikan dukungan dan mobilitas untuk kepala. Ini adalah bagian tubuh penting yang berisi sumsum tulang belakang leher, otot, dan pembuluh darah utama yang memasok seluruh tubuh.

Mungkin Anda pernah merasakan nyeri pada leher. Nyeri di sisi kiri leher dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari ketegangan otot hingga saraf terjepit. Sebagian besar penyebab nyeri leher bukanlah hal yang serius.

Dalam banyak kasus, rasa sakit di sisi kiri leher Anda akan mereda dengan sendirinya atau dengan pereda nyeri otot yang dijual bebas serta istirahat. Berikut ini beberapa penyebab umum munculnya rasa nyeri pada leher kiri.

1. Tegang Otot

Nyeri leher sering disebabkan karena ketegangan atau tegang otot. Ketegangan otot terjadi ketika otot atau tendon terlalu meregang atau robek. 

Orang dapat mengalami tegang otot di leher sebagai akibat dari:

  • Posisi tidur buruk, seperti dengan leher ditekuk atau dipelintir ke satu sisi.
  • Membungkuk atau mencondongkan tubuh ke depan selama beberapa jam pada suatu waktu.
  • Memegang telepon di antara telinga dan bahu.
  • Terlalu memaksakan otot leher saat mengangkat benda berat atau olahraga dengan beban berat.
  • Kecelakaan seperti tabrakan atau jatuh yang menyebabkan tegang otot.

Sebagian besar ketegangan otot bisa diobati di rumah dengan istirahat, dan kompres es batu.

2. Peradangan

Peradangan adalah respons tubuh terhadap cedera atau infeksi. Ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, kaku, mati rasa, dan gejala lainnya.

Obat anti inflamasi non steroid biasanya diresepkan untuk mengobati nyeri dan peradangan jangka pendek. 

3. Saraf Terjepit di Leher

Saraf terjepit disebabkan oleh kerusakan pada sendi tulang belakang atau saraf di leher menjadi teriritasi, hal ini dapat dipicu oleh trauma. Jika terjadi di sisi kiri, itu juga dapat menyebabkan mati rasa dan nyeri di area leher hingga bahu kiri.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Saraf Terjepit dan Cara Mengatasinya

4. Tortikolis Akut

Tortikolis akut terjadi ketika otot-otot di leher Anda tiba-tiba berkontraksi, menyebabkan kepala Anda berputar ke satu sisi. Kondisi ini sering menyebabkan rasa sakit di satu sisi leher dan sering disebabkan oleh salah posisi tidur, terutama jika tertidur saat duduk tanpa penyangga kepala dengan postur tubuh yang buruk. 

Latihan peregangan, dan pijatan dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Kompres panas juga dianjurkan.

5. Fraktur Serviks

Fraktur serviks, juga dikenal sebagai patah leher, dapat terjadi akibat cidera dalam olahraga, jatuh, kecelakaan kendaraan, atau cedera traumatis lainnya. Risiko paling serius dengan fraktur serviks adalah kerusakan pada sumsum tulang belakang.

6. Rheumatoid Arthritis 

Rheumatoid arthritis adalah penyakit inflamasi yang merusak lapisan sendi dan dapat menyebabkan rasa sakit, kekakuan, mati rasa, dan kelemahan otot. Nyeri dari kondisi ini dapat dirasakan di sisi kiri atau kanan, atau di tengah leher, tergantung pada bagian sendi mana yang terkena.

7. Stenosis Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang adalah penyempitan kanal tulang belakang, yang mengakibatkan terjepitnya sumsum tulang belakang atau saraf yang memanjang dari sumsum tulang belakang. Kondisi ini disebabkan oleh osteoartritis, dapat terjadi pada tulang belakang leher dan sepanjang area tulang belakang hingga punggung bawah.

8. Kapan harus ke dokter?

Nyeri di sisi kiri leher Anda yang berlangsung selama lebih dari seminggu dan tidak membaik setelah minum obat harus dievaluasi oleh dokter. Jika Anda mulai merasakan nyeri di lengan atau kaki, atau Anda merasakan mati rasa atau kesemutan di leher, segera temui dokter. Nyeri leher yang disertai sakit kepala juga harus segera dievaluasi.

Jika nyeri leher adalah akibat dari kejadian yang jelas, seperti kecelakaan mobil, jatuh, atau cedera olahraga, segera dapatkan bantuan medis.

9. Cara Rumahan Atasi Sakit Leher

Perawatan yang tepat untuk sakit leher Anda tergantung pada kondisi Anda, tingkat keparahannya, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

  • Untuk nyeri leher ringan, cobalah kompres hangat-panas atau mandi air panas selama minimal 20 menit selama dua hingga tiga hari pertama. Kemudian gunakan kompres dengin yaitu bongkahan es bayu yang diplastik selama 10 hingga 20 menit beberapa kali sehari.
  • Istirahatkan dahulu leher Anda dan jangan banyak bergerak. 
  • Tidur dengan kepala dan leher yang sejajar dengan bagian tubuh lainnya. 
  • Berlatihlah peregangan yang lembut dan lambat keesokan harinya. Pijat lembut leher, untuk meredakan ketegangan otot.
  • Hindari membawa benda berat atau barang lain yang menarik terlalu banyak di satu sisi bahu.

Baca Juga: Tips Mengatasi Sakit Leher karena Salah Bantal

 

Sumber

Health Line. (2019). What Causes Pain on the Left Side of the Neck?. www.healthline.com

Medical News Today. (2020). What causes neck pain on the left side?. www.medicalnewstoday.com

Mayo Clinic. (2020). Neck Pain. www.mayoclinic.org