Tahukah Anda Kulit Dapat Dehidrasi? Yuk Ketahui 6 Penyebabnya

Image: bebeautiful.in

Penulis : Adhenda | Editor : Niahappy

Pernahkah Anda mengalami kulit dehidrasi? Sebagian besar dari Anda mungkin banyak yang belum mengetahui jika bukan tubuh saja yang dapat mengalami dehidrasi, kulit pun mengalami hal yang serupa. Perlu Anda ketahui juga, kulit dehidrasi dan kulit kering itu berbeda, lho! Faktanya, masih banyak wanita yang berasumsi keduanya sama, padahal asumsi tersebut salah besar. Pemilik jenis kulit berminyak pun dapat mengalami kulit dehidrasi. Jadi, kulit dehidrasi bukanlah jenis kulit, melainkan kondisi kulit.

Kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit saat kekurangan kadar air sehingga dapat mempengaruhi tekstur kulit.  Kulit yang dehidrasi biasanya ditandai dengan kulit terlihat kusam, gatal, timbul jerawat, terasa nyeri, dan kasar. Namun, gejala utamanya berupa timbul garis halus pada kulit atau mengelupas pada kulit bagian tubuh tertentu. Lalu, kira-kira apa saja sih penyebab kulit dehidrasi? Berikut ini penjelasannya:

Baca Juga: Cara Membersihkan Wajah untuk Kulit Kering

1. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Pasti Anda telah mengetahui jika paparan sinar matahari secara langsung dapat mengganggu kesehatan kulit. Terlebih lagi, dalam waktu yang lama dan sering. Hal itu dapat menyebabkan air menguap dari kulit dan menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, sebelum beraktivitas keluar rumah sebaiknya gunakan terlebih dahulu sunblock atau pelembap wajah yang mengandung SPF untuk meminimalisir dampak paparan sinar matahari.

2. Lama Berada di Ruangan Ber-AC

Sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC? Nah, hal itu menjadi salah satu yang menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Suhu AC yang terlalu dingin dapat menjadikan udara ruangan kurang lembap dan menyebabkan orang-orang yang berada di ruangan tersebut mengalami kulit dehidrasi. Penggunaan lotion dan face mist akan sangat dibutuhkan jika Anda banyak beraktivitas dalam ruangan ber-AC.

3. Kebiasaan Mandi dengan Air Panas

Mandi menggunakan air panas memang tepat saat berada di tempat yang udaranya dingin. Bukan hanya itu, mandi dengan air panas diyakini dapat menenangkan dan membuat tubuh menjadi rileks. Namun, sebenarnya kebiasaan tersebut sangat buruk bagi kulit Anda apabila dilakukan secara terus-menerus. Karena suhu air yang terlalu panas dapat mengangkat lapisan minyak pelindung pada kulit dan membuatnya menjadi mudah kehilangan cairan.

Solusinya, batasi penggunaan air panas saat mandi. Anda dapat memilih air hangat daripada air panas. Usahakan jangan mandi terlalu lama, maksimal 15 menit. Selain itu, gunakan sabun mandi yang mengandung pelembap untuk mencegah kulit dehidrasi.

4. Memakai Produk dengan Kandungan yang Terlalu Keras

Pastikan kandungan skincare atau kosmetik yang biasa digunakan sehari-hari aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan sampai yang seharusnya dapat menutrisi kulit justru membuat kulit Anda mengalami dehidrasi. Pasalnya, produk skincare atau kosmetik dengan kandungan bahan kimia yang sifatnya terlalu keras dapat mengangkat minyak alami pada kulit sehingga kulit menjadi mudah rapuh dan kehilangan cairan.

5. Bertambahnya Usia

Penambahan usia juga turut menjadi penyebab kulit mengalami dehidrasi. Semakin bertambahnya usia seseorang, produksi pelembap alami pada kulitnya semakin menurun. Ditambah lagi, dengan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit menurun. Sebenarnya hal tersebut wajar terjadi, mengingat semakin tua produksi kolagen dan hormon-hormon juga semakin berkurang. Termasuk hormon-hormon yang berperan untuk menjaga kesehatan kulit.

6. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Tahukah Anda bahwa segala sesuatu yang Anda konsumsi berdampak bagi kesehatan kulit? Ada beberapa minuman dan obat-obatan yang dapat memicu naiknya pembentukan urin. Anda harus mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup agar kulit tidak dehidrasi. Selain itu, hindari makanan yang mengandung banyak garam karena dapat meningkatkan resiko kulit dehidrasi, seperti makanan cepat saji, daging olahan, dan makanan kemasan.

Bagi Anda yang mengalami kulit dehidrasi harus mewaspadai beberapa penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika kondisi kulit dehidrasi sudah cukup parah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan solusinya.

Baca Juga: Kenali Jenis Kulitmu dan Skincare yang Sesuai

Sumber:

Everydayhealth (2018). 8 Reasons for Dry, Itchy Skin in Fall and Winter. www.everydayhealth.com

Healthline (2018). Is My Skin Dehydrated? www.healthline.com

Honestdocs (2019). 12 Penyebab Kulit Kering dan Solusi Mengatasinya. www.honestdocs.id

Nayelle (2018). Causes of Dehydrated and Dry Skin. www.nayelle.com

Stylecraze (2019). Dehydrated Skin: Causes, Symptoms, And How To Care For It. www.stylecraze.com