5 Hal yang Sebabkan Kulit Ketiak Hitam

Image: groomandstyle.com

Banyak orang ingin buat kulit terlihat putih, termasuk bagian ketiak. Bahkan berbagai cara dilakukan agar daerah tersebut bisa kinclong. Tapi, tahukah anda alasan sebenarnya kulit daerah ketiak bisa menghitam? Simak penjelasannya, ya.

1. Acanthosis Nigricans

Banyak hal bisa sebabkan kulit ketiak hitam, salah satunya adalah acanthosis nigricans. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan insulin, obesitas, obat kontrasepsi, kelebihan niacin, kelainan hormon, dan kanker.

Kulit penderita acanthosis nigricans akan menghitam pada beberapa bagian seperti ketiak, pangkal paha, dan belakang leher.

2. Hiperpigmentasi

Alasan lainnya adalah akibat hiperpigmentasi dimana tubuh produksi melanin berlebihan. Memang tidak berbahaya, hanya saja buat sebagian orang  risih. Hitamnya kulit akibat melanin ini bisa diatasi dengan obat resep dokter maupun perawatan dengan laser.

3. Iritasi kulit

Iritasi kulit karena dicukur atau pakaian yang tidak nyaman juga bisa sebabkan ketiak hitam.

Pisau cukur yang tidak steril sebabkan iritasi pada permukaan kulit. Efeknya terdapat benjolan kecil di akar rambut. Selain itu, pisau cukur bisa kikis lapisan epidermis kulit, sehingga kulit terlihat kusam.

Oleh karena itu, gunakan krim khusus saat mencukur ketiak. Pilih pisau cukur elektrik juga bisa jadi opsi tambahan. Kemudian pilih baju yang lembut serta punya daya serap keringat yang baik

4. Sel Kulit Mati & Bekas Cukuran

Sel kulit mati yang menumpuk di ketiak akan terlihat kehitaman. Langkah yang tepat adalah rutin gunakan krim asam laktat untuk hilangkan sel kulit mati.

Hal lainnya adalah bekas cukuran yang tidak merata. Hal ini disebabkan oleh sisa rambut pada permukaan kulit. Supaya cukuran lebih halus, anda bisa gunakan jasa waxing.

5. Deodoran

Beberapa deodoran punya zat aktif seperti formaldehyde dan parfum. Zat aktif tersebut dapat bereaksi dan sebabkan iritasi kulit.

Pilih deodoran dengan bahan alami atau khusus untuk kulit sensitif. Jangan lupa bersihkan deodoran sebelum tidur agar kulit anda tidak terlalu lama terpapar zat asing.

Nah, kalau sudah tau sebabnya anda bisa cari solusinya. Kulit ketiak yang putih kinclong idaman pun bisa didapatkan. Jadi tidak malu kalau pakai baju tanpa lengan. Semoga berhasil!

 

Sumber:
What is Dark Skin Under the Armpit? 2017. www.livestrong.com
Underarm Bump: The Causes. 2017. www.livestrong.com
What Causes Dark Underarms and How Are They Treated? 2017. www.healthline.com