Penyebab dan Tips Mencegah Flu pada Anak

Image: mom365.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Flu kini bukan lagi penyakit yang hanya menyerang pada orang dewasa saja, namun karena pencegahannya bisa melalui udara, maka tidak jarang anak-anak juga bisa mengalami flu. Nah, jika anak Anda terserang flu maka hal ini bisa menghambat aktivitas mereka seperti belajar, bermain dan membuat rasa tidak nyaman pada tubuh anak. Sebelum membahas mengenai cara mencegah anak tertular flu, mari membahas hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan anak Anda bisa tertular flu:

Baca Juga: Meringankan Gejala Flu pada Anak

1. Tidak Mencuci Tangan

Hal ini terlihat nampak sederhana, namun mencuci tangan merupakan langkah awal sederhana yang bisa membuat kehidupan kita menjadi sehat dan terhindar dari beberapa penyakit seperti flu. Nah, jika anak Anda langsung mengambil makanan seusai bermain di luar rumah tanpa mencuci tangan, maka hal ini bisa membuka jalan untuk kuman-kuman masuk ke tubuh anak Anda. Maka dari itu, ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah bermain di luar agar terhindari dari penyakit.

2. Dehidrasi

Memperbanyak minum air putih tidak hanya sekedar untuk mengurangi rasa haus, namun juga bisa menghindari anak Anda terkena flu, karena dehidrasi selain bisa mengganggu aktivitas anak, hal ini bisa mengurangi kekuatan imun tubuh anak. Sehingga, anak Anda bisa lebih mudah tertular penyakit seperti. Jadi, mulai biasakan anak Anda untuk minum 8 gelas sehari.

3. Memiliki Alergi

Memiliki alergi akan hal-hal tertentu bisa membuat hidung anak Anda berair, apalagi jika ditambah sekitarnya sedang terserang flu. Semisalnya, jika anak Anda memiliki alergi debu, akan lebih rentan mengalami gangguan pernafasan, sehingga virus akan lebih mudah masuk pada tubuh anak dan merusak kekebalan tubuh anak dan bisa tertular penyakit flu.

4. Sering Bersentuhan dengan Kuman

Jika orang-orang disekitar lingkungan anak Anda sering bersin ataupun sakit dan anak Anda lupa dibekali dengan masker, sabun cuci tangan, maka hal ini bisa mengundang virus masuk ke tubuh anak Anda. Sehingga, jika anak Anda sering bepergian atau dititipkan di daycare, bekali anak Anda dengan vaksin dan masker.

5. Jarang Olahraga

Selain dengan makan-makanan sehat, untuk mencegah kekebalan tubuh pada Anak juga diimbangi dengan olahraga. Jika anak Anda tidak berolahraga secara teratur, tanpa Anda sadari bisa berdampak pada penurunan kekebalan tubuh. Sehingga, mulailah motivasi anak Anda untuk olahraga secara teratur.

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan anak Anda tertular penyakit flu. Mari simak penjelasan dibawah ini mengenai cara-cara mencegah penularan flu pada anak Anda.

1. Berikan Vaksin influenza

Para orang tua jika tidak ingin anak Anda terkena flu, usahakan untuk memberikan vaksin pada anak, bahkan sejak anak Anda masih bayi, salah satunya vaksin influenza. Waktu terbaik untuk memberikan vaksin ini ketika anak Anda masuk pada usia 6 bulan ke atas. Hal ini bisa mencegah anak terhindar dari penyakit yang menular, terutama bagi anak Anda yang mudah sakit.

Baca Juga: Pentingnya Vaksin Imunisasi bagi Anak

2. Bersihkan Lubang Hidung Anak Setelah Bepergian

Jika anda dan anak Anda suka bepergian, terlebih lagi ketika musim flu menyerang maka tidak mungkin udara di sekitar anak Anda bebas dari virus flu, terlebih lagi di sekitar anak Anda terdapat pasien flu.  Sehingga, sangat disarankan seusai anda dan anak Anda berpergian, mulailah rutin untuk membersihkan lubang hidung anak Anda dengan sabun, untuk mengurangi virus di lubang hidung anak Anda bersarang dan berkembang biak, yang bisa mengganggu kesehatan anak Anda, dengan cara menghembuskan udara di lubang hidung anak Anda sekuat-kuatnya dan diambil kotorannya dengan tisu.

3. Biasakan Anak Anda Berkumur-kumur dan Menggosok Gigi

Flu masuk pada tubuh anak Anda melalui lubang hidung dan rongga mulut. Selain,   menjaga kebersihan lubang hidung, area mulut pada anak Anda juga harus dijaga kebersihannya. Maka, tidak ada salahnya mulai biasakan anak Anda untuk sering berkumur, terlebih sebelum anak Anda tidur malam. Pilihlah obat kumur yang memiliki aroma daun sirih, yang dijual di apotek, dengan demikian anak Anda bisa terbebas dari bibit penyakit yang mungkin sudah mengendap di rongga mulut, salah satunya virus flu. Selain, itu juga mulai biasakan anak Anda untuk menggosok gigi untuk membersihkan rongga mulut dan akar-akar pada gigi yang kotor untuk mencegah virus masuk.

4. Perkuat Tubuh Anak Anda

Dengan beristirahat dan mengonsumsi menu bergizi, meskipun bukan di musim yang rentan terkena flu, bisa membuat ketahanan tubuh anak Anda menjadi kuat. Mulailah sajikan menu-menu yang memiliki asupan gizi tinggi, khususnya yang kadar proteinnya tinggi seperti telur, susu, daging dan juga sayuran. Selain itu, mengonsumsi yoghurt juga bisa meningkatkan kekuatan tubuh anak Anda agar tidak terserang bakteri yang masuk dari usus.

5. Biasakan Anak Anda untuk Tidur yang Cukup

Salah satu tips mudah untuk anak Anda sehat adalah memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, hal ini bisa membuat tubuh anak Anda kuat dan kebal dari beberapa virus terutama flu. Sebuah penelitian, mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam, lebih rentan terkena flu dibanding orang yang tidur cukup delapan jam sehari. Ketika di malam hari, hindarkan anak Anda dari mainan, televisi maupun gadget yang mengganggu istirahat malam anak Anda.

Itulah beberapa cara untuk mencegah anak Anda terhindar dari flu yang bisa mulai untuk dilakukan di rumah. Selamat mencoba di rumah, ya!

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Nafsu Makan Anak

Sumber: 
Webmd (2018). 4 Things to Do if You Think Your Child Has the Flu. www.webmd.com
The Conversation (2018). Thinking about getting your child the flu vaccine? Here’s what you need to know. www.theconversation.com
Healthharvard (2017). 10 Things Parents Should Know About Flu Shots. www.health.harvard.edu
ArnoldPalmerHospital.  8 Reasons You may be Planning to Skip Your Child’s flu vaccine this year (and why you probably shouldn’t). www.arnoldpalmerhospital.com