Penyebab dan Gejala Kanker Tulang yang Perlu Diwaspadai

Penyebab dan Gejala Kanker Tulang yang Perlu Diwaspadai

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Kanker tulang dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Kanker ini terjadi jika sel di dalam tulang mulai tumbuh di luar kendali. Walaupun begitu, kanker ini sangat jarang ditemukan.

Kanker tulang dapat menyerang bagian tulang manapun dalam tubuh Anda. Namun, biasanya sering ditemukan di bagian panggul, lengan, dan tungkai. Apa saja gejala yang muncul akibat kanker tulang?

1. Nyeri Tulang

Nyeri tulang adalah hal yang paling umum dari tanda-tanda kanker tulang. Awalnya, mungkin Anda akan merasa nyeri sesekali atau sakit saat tulang digerakkan.

Jika kanker semakin tumbuh dan menyebar, sakit yang dirasakan akan berkepanjangan dan bertambah buruk hingga mengganggu aktivitas Anda. Sehingga, jangan menganggap sepele jika tulang Anda terasa nyeri.

2. Bengkak

Selain nyeri, mungkin Anda akan mengalami pembengkakan di area sekitar kanker. Pembengkakan ini tidak akan langsung terasa atau terlihat. Namun, mulai akan terasa setelah kanker ini tumbuh beberapa minggu.

3. Patah Tulang

Perlu Anda ketahui bahwa kanker tulang dapat melemahkan tulang. Kondisi inilah yang membuat Anda bisa mengalami patah tulang. Mungkin gejala ini tidak akan muncul secara langsung, melainkan beberapa minggu setelah kanker tumbuh.

Seseorang yang mengalami patah tulang akibat kanker akan merasakan nyeri parah di bagian tulang yang terpapar kanker. Oleh sebab itu, jika Anda merasa nyeri di tulang Anda segera ke dokter agar dapat didiagnosis dan mendapat perawatan.

4. Penurunan Berat Badan

Kanker dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis. Jika kanker menyebar ke organ dalam lainnya, maka kondisi tersebut akan menimbulkan gejala lain. Misalnya, jika kanker menyebar ke paru-paru, memungkinkan Anda kesulitan bernapas.

Baca Juga : Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 8 Cara Ini!

Penyebab Kanker Tulang

Belum diketahui secara pasti penyebab kanker tulang pada seseorang. Hal ini karena sel-sel pada salah satu bagian tubuh tumbuh dengan sangat cepat. Sehingga menyebabkan malfungsi dalam proses perkembangannya dan berpotensi menjadi kanker.

Walaupun belum diketahui secara pasti, terdapat beberapa faktor yang meningkatkan Anda terserang penyakit kanker tulang:

  • Riwayat Keluarga. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker tulang, maka kemungkinan Anda terpapar penyakit ini pun tinggi. Hal ini karena dipengaruhi oleh faktor genetik yang diturunkan kepada Anda.
  • Penyakit Paget. Merupakan kondisi tidak normal yang mengganggu regenerasi tulang sehingga menyebabkan tulang rapuh. Kondisi ini biasanya terjadi pada Anda yang berusia di atas 40 tahun.
  • Cedera. Walaupun belum diketahui pasti bahwa cedera menjadi penyebab kanker tulang, namun beberapa orang mengaku pernah mengalami cedera di bagian tulang.
  • Terapi Radiasi. Paparan radiasi secara berlebihan dapat menyebabkan risiko kanker di kemudian hari.
  • Metastasis. Yaitu penyebaran sel-sel abnormal dari organ satu ke organ lainnya. Penyebaran tersebut bisa terjadi mana saja, baik pada organ dekat maupun jauh.

Jenis Kanker Tulang

Penyakit kanker tulang dapat terjadi pada siapapun, dan memiliki beberapa jenis yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis kanker tulang:

  • Multiple Myeloma (MM). Jenis kanker tulang yang paling umum dan terjadi ketika sel-sel kanker tumbuh di sumsum tulang sehingga menyebabkan kanker di berbagai tulang. MM biasanya menyerang orang  tua, pria maupun wanita yang telah berusia lebih dari 40 tahun.
  • Osteosarkoma (Sarkoma Osteogenik). Jenis kanker tulang ini cenderung berkembang di sel tulang lengan dan kaki dan umum dialami oleh anak-anak atau remaja.
  • Chondrosarcoma. Jenis kanker ini tumbuh dan berkembang di sel tulang rawan di panggul, paha, atau bahu orang dewasa yang lebih tua. Chondrosarcoma sering terjadi pada wanita yang berusia di atas 40 tahun.
  • Sarkoma Ewing.  Merupakan jenis kanker yang langsung tumbuh di jaringan lunak sekitar tulang atau langsung di tulang. Biasanya kanker ini ditemukan di tulang panggul, lengan, dan kaki.
  • Chordoma. Jenis kanker tulang belakang yang sangat langka. Biasanya berkembang di pangkal tulang belakang dan tengkorak. Kanker ini kerap biasa ditemukan pada pria berusia di atas 30 tahun.
  • Tumor Sel Raksasa pada Tulang. Meskipun tulang ini bersifat jinak, namun jenis ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya yang jauh. Umumnya, jenis kanker tulang ini menyerang tulang lengan dan kaki, terutama di dekat lutut.

Baca Juga : Tips Memilih Makanan untuk Tulang Kuat dan Sehat

Sumber


American Cancer Society. Risk Factors for Bone Cancer. www.cancer.org
American Cancer Society. Signs and Symptoms of Bone Cancer. www.cancer.org
Everyday Health. 2009. Bone Cancer Risk Factors. www.everydayhealth.com
Healthline. 2016. Bone Cancer. www.healthline.com
Mayo Clinic. Bone Cancer. www.mayoclinic.org
Medical News Today. 2019. What to know about bone cancer. www.medicalnewstoday.com
Verywell Health. 2020. What is Bone Cancer. www.verywellhealth.com
 



Add Your Comment