Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Image: bustle.com

Penulis: Dhiya | Editor: Nia Happy

Apakah kulit kepala Anda terasa kering dan gatal? Atau bahkan kulit kepala Anda mengelupas dan berketombe? Kondisi seperti itu tentunya mengganggu penampilan dan bisa membuat Anda kurang percaya diri. Perlu mengetahui apakah rambut Anda hanya berketombe atau mengalami kulit kepala kering. Karena keduanya merupakan hal yang berbeda.

Umumnya ketombe hanya menyebabkan serpihan terlihat pada rambut atau pakaian yang disebabkan oleh infeksi jamur atau kulit kepala. Namun, Anda perlu waspada jika kulit kepala kering, karena kulit kepala yang kering disebabkan tidak menghasilkan atau menahan kelembapan yang cukup.

Kulit kepala kering dapat menimbulkan bercak bersisik dan terasa gatal. Selain itu, kulit kepala bisa ditandai dengan rambut rontok dan kulit kepala yang mengelupas seperti serpihan ketombe.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kulit kepala kering, Anda perlu tahu dulu penyebabnya. Inilah beberapa alasan umum yang membuat kulit kepala Anda kering:

Baca Juga: Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketombe

1. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik atau seborea merupakan kondisi kulit kepala yang umum, menyebabkan kemerahan, gatal, dan mengelupas. Sebenarnya seborea dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya, juga dapat terjadi pada kulit kepala dan berketombe. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini dapat diobati.

Dermatitis seboroik bukan muncul karena kotoran di kulit kepala, melainkan karena adanya respon inflamasi yang berkaitan dengan psoriasis dan jamur malassezia pada kulit kepala. Bahkan kondisi ini dapat terjadi dalam jangka panjang dan memungkinkan akan timbul lagi.

2. Eksim

Eksim merupakan kondisi kulit kepala yang gatal dan bersisik. Paling umum terjadi pada bayi dan anak-anak, namun siapa pun bisa mengalaminya. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun untuk meringankan gejalanya Anda dapat menghindari menggores atau menggaruk rambut dengan keras. Selain itu Anda juga bisa mengatasinya dengan krim steroid dari resep dokter.

3. Psoriasis

Kulit kepala psoriasis menyebabkan gatal-gatal dan kulit kepala mengelupas seperti ketombe. Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh memicu terlalu banyak sel kulit untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Orang yang mengalami psoriasis lebih mungkin mengalami ketombe, namun psoriasis bukanlah ketombe.

Psoriasis disebabkan oleh dua faktor, yaitu sistem kekebalan tubuh dan genetik. Karena psoriasis merupakan kondisi autoimun yang berupa hasil dari serangan tubuh itu sendiri sehingga sel darah putih keliru menyerang sel kulit dan menyebabkan proses produksi sel kulit mengalami overdrive. Tidak hanya itu, jika keluarga Anda memiliki kondisi kulit psoriasis, maka Anda berisiko tinggi akan mengalaminya.

Psoriasis dapat dipicu oleh stres, alkohol, luka, dan obat-obatan. Serta dapat membuat rambut Anda rontok. Jika Anda mengalaminya, segera periksa ke dokter untuk disuntikkan steroid langsung ke kulit kepala yang terkena psoriasis.

4. Penggunaan Sampo dan Produk Rambut yang Salah

Selain beberapa penyakit tersebut, kulit kepala kering bisa disebabkan oleh sampo yang salah. Jika Anda terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo yang berbahan keras, Anda berisiko membuat kulit kepala kering, bahkan sangat kering. Disarankan Anda menggunakan sampo khusus ketombe yang mengandung zinc, asam salisilat, selenium sulfida, dan pyrithione.

Selain itu produk penataan rambut dan penggunaan hairdryer juga bisa menjadi faktor penyebab kulit kepala kering. Karena sisa-sisa produk yang ada di kulit kepala menyebabkan serpihan kulit berjatuhan sehingga kelembapan pada kulit kepala akan terhalang. Jadi pastikan rambut Anda sudah sangat bersih setelah menggunakan produk rambut.

5. Dehidrasi

Faktor gaya hidup seperti merokok atau pola makan yang buruk dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya berdampak pada kulit tubuh, namun juga bisa berdampak pada kulit kepala kering. Karena tubuh kekurangan cairan, maka kulit secara otomatis mengalami kekeringan, termasuk bagian kulit kepala. Hal ini karena cairan air dalam tubuh akan dipusatkan kepada organ tubuh.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

1. Tetap Terhidrasi

Salah satu penyebab kulit kepala kering adalah dehidrasi, dengan begitu cara mengatasinya adalah membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Terutama bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari sehingga membuat kulit kepala kering, gatal dan rasa tak nyaman lainnya. Disarankan Anda minum 6 hingga 8 gelas air per hari. Namun jika aktivitas Anda padat, Anda perlu minum air lebih banyak.

2. Pijat Kulit Kepala

Salah satu perawatan yang paling mudah adalah memijat kepala Anda sendiri saat keramas atau mengoleskan minyak tertentu. Anda bisa menggosokkan ujung jari dengan gerakan melingkar lembut di kulit kepala. Pijat kulit kepala ini dapat merangsang produksi minyak alami dan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, sehingga membuat kulit kepala menerima banyak nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu pijatan juga dapat menjadi terapi yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti jamur, dan anti bakteri yang dapat mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit kepala Anda.

3. Ganti Sampo dan Produk Rambut

Kulit kepala kering yang disebabkan karena sampo atau produk rambut karena Anda terlalu sering menggunakan produk yang mengandung alkohol. Sebaiknya gunakan produk sampo yang berkualitas tinggi dan berfungsi untuk melembapkan kulit kepalan atau Anda harus menghentikan penggunaan produk rambut dan hairdryer untuk memulihkan kulit kepala secara alami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan produk yang lebih ringan dan sesuai dengan kulit kepala Anda.

4. Minyak Kelapa dan Tea Tree

Minyak kelapa dikenal karena manfaatnya yang melembapkan dan membantu rambut mengatasi kekeringan. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan tea tree oil untuk mendorong sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga kulit kepala mendapat pasokan nutrisi penting.

Di sela-sela keramas, minyak kelapa dapat bertindak sebagai pelindung dan mengunci kelembapan ke dalam rambut untuk membuat rambut tetap lembut dan berkilau. Selain wangi, bahan alami ini jauh lebih baik sebagai obat untuk kulit kepala kering. Tidak hanya itu Anda juga bisa mencampurkannya dengan sedikit minyak esensial favorit Anda untuk aroma yang lebih menyenangkan.

Kulit kepala kering memang sangat tidak nyaman, namun sangat bisa diobati. Banyak masalah kulit kepala kering yang dapat merespon perawatan rambut dengan pengobatan di rumah dan membantu mempercepat prosesnya. Jika pengobatan di rumah tidak berdampak baik pada Anda setelah dua minggu, sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala bagi Perempuan Berjilbab

Sumber:
Australian Bodycare. How to Get Rid of a Dry Scalp – Seven Tricks You Must Know. Australian-bodycare.com
WebMD. What Can Make Your Scalp Dry. www.webmd.com
Healthline. Home Remedies for Dry Scalp. www.healthline.com
Medical News Today. (2018). The Difference Between Dandruff and a Dry Scalp. www.medicalnewstoday.com
Healthline. Everything You Need to Know About Psoriasis. www.healthline.com