Penyebab Dahak Kental dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Dahak Kental dan Cara Menghilangkannya

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Dalam kondisi tertentu, tenggorokan Anda mungkin terus-menerus menghasilkan dahak untuk membantu melindungi Anda dari infeksi dan mencegah jaringan internal Anda dari dehidrasi. 

Lendir adalah sekresi yang lebih tipis dari hidung dan sinus Anda. Sementara, dahak lebih kental dan dibuat oleh tenggorokan dan paru-paru Anda. Keduanya bekerja sebagai bagian dari sistem kekebalan Anda. Dahak membawa sel-sel mati, debu dan kotoran lainnya dari hidung dan paru-paru. 

Sayangnya, terutama dahak memang begitu mengganggu dan membuat gatal tenggorokan. Memang dahak akan hilang dengan sendirinya, namun lebih cepat tentu akan membuat tenggorokan lebih lega dan nyaman. Ketahui dahulu penyebab dahak, selanjutnya ikuti juga tips untuk menghilangkannya lebih cepat.

Baca Juga: Cara Alami Hilangkan Batuk Berdahak

Penyebab Dahak

Beberapa kondisi kesehatan bisa memicu produksi dahak, seperti:

  • Asam lambung
  • Alergi
  • Asma
  • Infeksi, misalnya demam
  • Penyakit paru-paru, seperti: bronkitis kronis, pneumonia, dan penyakit paru lainnya

Munculnya dahak biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Anda mungkin merasakannya di pagi hari karena terakumulasi dalam semalam, dan mereda di siang hari. Anda mungkin juga melihat dahak lebih banyak jika Anda sakit, memiliki alergi, atau jika Anda mengalami dehidrasi.

Cara Menghilangkan Dahak

Beberapa langkah perawatan rumahan dan alami dapat Anda ambil untuk membantu mengurangi dahak, seperti:

Berkumur dengan air garam hangat. Cara alami ini dapat membantu membersihkan lendir dari bagian belakang tenggorokan Anda dan dapat membantu membunuh kuman.

Pakai Humidifier. Kelembaban di udara dapat membantu mengencerkan lendir. Melembabkan udara di sekitar Anda juga bisa membantu mengencerkan lendir di tenggorokan. Anda mungkin pernah mendengar jika uap panas dapat membersihkan dahak dan hidung tersumbat. Sebenarnya tidak banyak bukti yang mendukung metode ini, bahkan uap panas dapat menyebabkan luka pada kulit dalam hidung yang tipis dan sensitif. Alih-alih uap hangat, Anda bisa menggunakan humidifier yang juga dapat menyerap partikel virus dan debu dengan aman sepanjang hari.

Tetap terhidrasi. Minum cukup cairan, terutama air hangat dapat membantu meluruhkan dahak yang menyumbat dan membantu aliran dahak Anda. Cobalah sup ayam hangat, teh hangat, jahe hangat atau air lemon hangat.

Hindari iritasi, wewangian, bahan kimia, dan polusi. Ini dapat mengiritasi selaput lendir, menandakan tubuh untuk memproduksi lebih banyak lendir.

Hentikan rokok. Berhenti merokok bisa sangat membantu, terutama untuk orang dengan penyakit paru-paru kronis seperti asma atau COPD.

Jika dahak tidak kunjung reda dan membuat tidak nyaman, Anda mungkin perlu membuat janji dengan dokter atau meminum obat anti dahak dari Apotek.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda memiliki gejala lain, seperti batuk darah, nyeri dada, sesak napas atau mengi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Obat Alami

 

Sumber

Health Line. (2020). What Causes Excess Mucus in Your Throat and What to Do About It. www.healthline.com

Premier Health. (2018). Mucus and Phlegm: Barometers of Your Health. www.premierhealth.com

Health Line. (2017). 7 Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More. www.healthline.com

Medical News Today. (2020). What’s to know about postnasal drip?. www.medicalnewstoday.con