Penyebab Bersin dan Cara Mengatasinya

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Apa yang membuat Anda sering bersin? Hampir semua hal yang mengiritasi hidung Anda dapat membuat Anda bersin. Bersin, juga disebut sternutasi, biasanya dipicu oleh partikel debu, serbuk sari, bulu binatang, dan sejenisnya. Ini juga merupakan cara bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan kuman yang tidak diinginkan, yang juga dapat mengiritasi saluran hidung Anda dan membuat Anda ingin bersin.

Seperti berkedip atau bernafas, bersin adalah refleks semiotonom. Ini berarti bahwa Anda memiliki kontrol sadar terhadapnya. Anda mungkin bisa menunda bersin untuk mengambil tisu, tetapi menghentikannya sama sekali sulit. Di sini, kami akan mengajarkan Anda memahami terlebih dahulu penyebab bersin untuk mengetahui cara mengatasinya :

1. Ketahui Pemicunya

Identifikasi penyebab bersin Anda sehingga Anda dapat mengobatinya. Apa yang membuat Anda bersin? Pemicu umumnya meliputi: debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, cahaya terang, parfum, makanan pedas, lada hitam, bahkan virus flu biasa.

Jika Anda merasa bersin disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu dan Anda kesulitan menentukan apa yang menjadi pemicu alergi Anda, dokter Anda dapat melakukan tes alergi.

2. Perhatikan Lingkungan

Orang dengan alergi sering bersin berurutan dua sampai tiga kali bersin. Catat kapan dan di mana Anda paling sering bersin untuk mengetahui penyebabnya. Alergi yang terkait dengan suatu tempat, seperti kantor, bisa berasal dari kontaminan seperti jamur atau bulu hewan peliharaan.

Pil anti alergi yang dijual bebas atau semprot intranasal setiap hari mungkin cukup untuk mengendalikan gejala Anda. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter mungkin dapat meresepkan obat yang sesuai dengan alergi Anda.

3. Jauhi Sumber Alergi

Orang-orang di beberapa jenis pekerjaan lebih mungkin mengalami iritasi daripada orang lain. Debu yang dapat terhirup adalah hal biasa di banyak lokasi kerja dan bisa sangat mengiritasi hidung dan sinus, seperti: bahan kimia (termasuk pestisida dan herbisida), semen, batu bara, logam, kayu, unggas, biji-bijian dan tepung.

Seiring waktu, iritasi ini dapat menyebabkan alergi yang lebih parah, bahkan masalah pernapasan kronis lainnya. Selalu gunakan alat pelindung, seperti masker atau respirator, saat bekerja di sekitar debu yang bisa dihirup.

4. Jangan Melihat Cahaya yang Terlalu Terang

Sebagian orang memiliki kondisi yang menyebabkan mereka bersin ketika mereka melihat lampu yang terang. Bahkan melangkah keluar di hari yang cerah dapat menyebabkan beberapa orang bersin.

Dikenal sebagai fotik bersin, kondisi ini sering terjadi pada sebagian orang. Lindungi mata Anda dengan kacamata hitam dan kenakan sebelum Anda meninggalkan rumah!.

5. Gunakan Nasal Spray

Membersihkan sinus yang tersumbat dapat membantu mencegah hidung Anda gatal dari alergi. Nasal Spray digunakan untuk pengobatan rhinitis alergi, atau pembengkakan membran nasal di dalam hidung yang ditandai dengan bersin-bersin, hidung gatal, hidung tersumbat dan  meler yang dipicu oleh alergi.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Hidung Gatal

 

Sumber :
HealthLine. (2017). How to Treat a Tickle in Your Nose. www.healthline.com
Medical News Today. (2018). Why is my nose tingling inside?. www.medicalnewstoday.com
HealthLine. (2017). How to Stop Sneezing. www.healthline.com