Pentingnya “Me Time” agar Jauh dari Stres

Image : www.lifehack.org

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Me Time atau memiliki waktu khusus diri sendiri tanpa adanya orang lain adalah hal penting yang sangat baik untuk mental Anda. Banyak orang beranggapan bahwa me time adalah sesuatu yang sangat aneh jika dilakukan. Bayangkan saja, banyak orang yang melakukan me time dengan aktivitas seperti ke salon sendiri, makan di restoran enak sendiri atau bahkan pergi  menonton di bioskop sendiri.

Tapi tahukah Anda, kalau aktivitas ini sangat diperlukan supaya terhindar dari stres? Misalnya saja jika Anda lelah beraktivitas di dalam ruangan seperti di kantor. Apakah Anda akan tidak merasa bosan jika melakukan hal-hal yang sama setiap hari? tugas-tugas yang sama setiap hari bahkan masalah yang terus menerus berulang. Pastilah Anda juga sangat memerlukan waktu sendiri untuk bersantai dan menenangkan pikiran.

Mau tahu apa saja manfaat penting dari me time? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca JugaPeregangan Ringan Atasi Sakit Tulang Ekor Karena Duduk Lama

1.  Menambah rasa percaya diri dan menambah keberanian

Stres karena jam kerja yang padat, aktivitas yang monoton, dan stres karena hal lainnya bisa berdampak menurunkan rasa kepercayaan diri Anda. Dengan me time, Anda bisa memiliki waktu untuk mengistirahatkan pikiran Anda dari pekerjaan atau hal-hal yang membuat stres lainnya.

Kalau sedang me time, pastinya Anda akan melakukan segala macam kegiatan sendirian, dan membuat keputusan sendiri. Nah, hal ini tentunya dapat menambah rasa percaya diri dan keberanian Anda untuk melakukan segalanya sendiri.

Lakukan hal-hal kecil yang dapat membuat kepercayaan diri Anda meningkat seperti bersepeda keliling kota, Spa, pergi merawat diri ke salon atau hanya dengan jalan-jalan ke taman dan menghirup udara segar. Setelah melakukan salah satu kegiatan tersebut, tentu mood Anda akan segera kembali dan menjadi percaya diri kembali untuk melanjutkan aktivitas kembali seperti sedia kala.

2. Lebih bisa menghargai dan mencintai diri sendiri

Dengan me time, Anda akan lebih bisa menghargai dan mencintai diri sendiri. Membeli sesuatu untuk untuk diri sendiri dan memperlakukan diri sendiri dengan baik. Hal tersebut menjadi suatu bentuk rasa cinta untuk diri sendiri.

Ada kalanya pergi bermain dengan teman itu memang sangat penting, tapi satu hal yang biasanya tidak dapat Anda lakukan ketika sedang bersama teman. Apa itu? Pergi kemanapun dan melakukan apapun yang Anda mau! Tanpa perlu merasa khawatir akan merepotkan teman atau membuat teman akan merasa tidak nyaman karena harus mengikuti kemauan kita.

Me time bukan untuk mengasingkan diri dari kehidupan sosial, tapi Anda bisa membahagiakan diri sendiri dan lebih mengerti apa yang Anda mau saat melakukan me time. Me time membuat Anda lebih memahami diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan dapat menjauhkan Anda dari pikiran negatif.

3. Meningkatkan kebahagiaan

Me Time bisa membuat Anda lebih bahagia. Bagaimana mungkin? Tentu saja! luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai, seperti menonton film, memasak, membaca buku, berolahraga, pergi ke salon atau spa. Tentu saja Anda akan merasa lebih rileks dan bahagia bukan?

Tidak selamanya melakukan segala aktivitas bersama orang lain akan membuat stres hilang. Bahkan terkadang Anda akan merasa tambah stres jika menghabiskan waktu bersama orang lain karena mood Anda yang sedang buruk. Setelah diri Anda merasa terpenuhi dengan pikiran positif tentunya Anda akan siap dengan tantangan aktivitas selanjutnya di masa depan.

Untuk mendapatkan me time berkualitas, lakukan hal yang sempat tertunda karena bisa membuat pikiran bahagia dan hati yang terasa plong karena akhirnya bisa memenuhi apa yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

4. Menjadi pribadi yang tidak mudah “baper”

Nah, poin ini adalah yang terpenting dari pentingnya me time. Selain terhindar dari stres, Anda akan menjadi pribadi yang tidak mudah terbawa perasaan pada hal-hal sepele. Kenapa? Karena pikiran Anda akan dapat bias berfikir secara logis jika semua yang anda ingin lakukan sudah tercapai. Mood Anda akan jauh merasa lebih baik ketika melakukan aktivitas seperti biasanya (bekerja atau berkumpul dengan teman-teman).

Bagaimana? Jadi kapan Anda akan melakukan Me Time? Ingat, yang terpenting dari hidup ini adalah menghargai dan memperlakukan diri Anda sendiri dengan baik. Yuk, segera lakukan Me Time!

Baca JugaKenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari?

 

Sumber :
Journal Sociolla. (2018). Bisa Membantu Anda Mengurangi Stres, Ini Dia Manfaat ‘Me Time’. journal.sociolla.com
Combiphar. (2017). Me Time untuk Emosi yang Lebih Stabil. www.combiphar.com
Web MD. A Woman’s Guide to ‘Me’ Time. www.webmd.com
Kompas. (2012). 8 Cara Mudah Nikmati “Me Time”. lifestyle.kompas.com