Penjelasan dan Fakta tentang Biseksual

Penjelasan dan Fakta tentang Biseksual

Penulis: Anggita | Editor: Opie

Biseksualitas adalah ketertarikan pada lebih dari satu jenis kelamin. Mereka yang mengidentifikasi diri sebagai biseksual merasakan ketertarikan secara seksual dan/atau romantis kepada orang-orang dari gender yang berbeda serta orang-orang dengan gender yang sama dengan diri mereka sendiri.

Meskipun hanya menjelaskan definisi dasar, Sebenarnya komunitas biseksual terdiri dari orang-orang yang beragam. Seorang biseksual bisa jadi memilikik ketertarikan yang sama besar pada pria dan wanita sekaligus, sementara seorang biseksual yang lain memiliki ketertarikan yang lebih kuat terhadap satu gender saja dibandingkan gender lain yang juga disukainya.

Seorang biseksual mungkin saja berada dalam hubungan heteroseksual atau hubungan sesama jenis dalam jangka yang panjang, atau sebaliknya.

Baca Juga: Apa itu Gay? Begini Penjelasan dan Ciri-cirinya

1. Ada lebih banyak orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai biseksual

Menurut penelitian di tahun 2016, terdapat setidaknya 5,5 persen wanita dan 2 persen pria yang menyatakan dirinya biseksual. Jumlah ini lebih banyak dibanding kelompok LGBTQ lainnya.

Meskipun demikian, terdapat sejumlah orang yang mengubah orientasinya dari biseksual menjadi gay atau lesbian. Sehingga, beberapa orang masih meyakini bahwa biseksual itu tidak ada, sehingga diskriminasi terhadap orang-orang biseksual menjadi tinggi.

2. Biseksual berbeda dengan panseksual

Keduanya kadang sering disalahartikan. Panseksual artinya ketertarikan terhadap semua gender, di dalamnya termasuk cisgender, transgender, non-binary, maupun gender lainnya.

Sementara, biseksual berarti tertarik pada lebih dari satu gender.

Untuk lebih jelas, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa gender yang telah disebutkan di atas:

  • Cisgender. Orang yang hidup dengan jenis kelamin yang sama sejak lahir.
  • Transgender. Orang yang mengubah jenis kelaminnya.
  • Non-binary. Seseorang yang menganggap dirinya sebagai pria dan wanita, atau tidak keduanya sama sekali.

3. Ketertarikan seseorang bisa berubah

Jika Anda merasa hari ini Anda tertarik pada beberapa jenis gender, lalu besok Anda merasa tak lagi demikian, Anda tak perlu khawatir, sebab ketertarikan atau orientasi seksual seseorang dapat berubah-ubah.

Meski demikian, menjadi biseksual bukanlah sebuah fase untuk menyembunyikan identitas diri Anda yang sebenarnya. Sehingga, jika Anda merasa diri Anda tak lagi biseksual, hal tersebut tak menghilangkan biseksual itu sendiri. Justru, Anda sudah memahami apa itu biseksual dan orientasi lainnya.

4. Anda bisa memiliki ketertarikan yang berbeda pada gender yang berbeda

Misalnya, Anda mungkin saja menyukai pria dan wanita secara romantis, namun secara seksual, Anda hanya suka pada pria. Hal inilah yang disebut juga dengan ketertarikan berbeda pada gender tertentu.

Fakta ini memungkinkan Anda untuk menjadi biseksual, meskipun Anda tak tertarik pada seseorang secara seksual, ataupun secara perasaan.

5. Biseksual bisa jadi memiliki ketertarikan lebih pada satu jenis gender saja

Beberapa orang bisa sama-sama tertarik pada pria maupun wanita. Namun, beberapa orang juga bisa memiliki ketertarikan lebih terhadap satu gender saja. Sehingga, biseksual dapat diartikan berbeda-beda bagi setiap orang.

6. Sulit untuk menunjukkan diri sebagai biseksual

Apakah ada tanda-tanda yang terlihat jelas untuk menunjukkan seseorang itu biseksual? Sayangnya, tidak ada.

Sehingga, menjelaskan diri Anda sebagai biseksual bisa sangat susah kepada orang terdekat Anda. Terutama jika Anda sedang menjalin hubungan dengan gender yang sama dengan Anda, sehingga orang bisa beranggapan Anda homoseksual atau lesbian.

Baca Juga: Waspadai Penyimpangan Seksual Masokis dan Ketahui Cara Mengatasinya

Waspadai Penyimpangan Seksual Masokis dan Ketahui Cara Mengatasinya

7. Apakah tidak ada pria biseksual?

Seringkali ada anggapan bahwa hanya wanita yang dapat berorientasi biseksual. Faktanya, dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pria tidak begitu terbuka tentang orientasi biseksualnya dibanding wanita.

Pria dan wanita sama-sama bisa menjadi biseksual, namun stigma masyarakat yang membuat seakan-akan hanya ada sedikit pria yang memiliki orientasi seks ini.

8. Menceritakan diri tentang orientasi seksual Anda kepada orang terdekat bisa memperkuat hubungan

Berdasarkan penelitian di Amerika, hanya sedikit orang yang mengatakan dirinya biseksual kepada orang tua dan saudara mereka. Sebab, orang-orang ini beranggapan bahwa hal tersebut tidak penting untuk dibicarakan. Alasan lainnya adalah karena mereka merasa takut jika orang tua mereka tak bisa menerima dan memahami biseksualitas anaknya.

Meskipun hampir semua orang kesulitan untuk bercerita kepada orang tuanya terkait orientasi seksualnya, namun beberapa responden penelitian mengaku mengalami hubungan yang lebih baik dengan orang tuanya setelah bercerita.

Cara membantu orang terdekat memahami biseksualitas

Siapapun yang ingin mengidentifikasi diri sebagai biseksual membutuhkan dukungan. Namun, Anda tak perlu mengatakan orientasi seksual Anda jika memang belum siap.

Jika Anda sudah memutuskan, Anda bisa membantu orang-orang terdekat Anda untuk memahami mitos dan fakta tentang biseksual. Jika orang terdekat Anda sudah paham, maka Anda tak perlu takut lagi untuk menjelaskan diri Anda.

Apabila Anda merasa kebingungan akan orientasi seksual Anda, atau merasa ada diskriminasi pada diri Anda, maka Anda bisa mencari bantuan kepada orang-orang yang bisa Anda percaya. Selain itu Anda juga bisa meminta pertolongan kepada komunitas LGBT yang ada di sekitar Anda.

Baca Juga: 6 Tanda Nonverbal Ketika Orang Lain Menyukai Kita

Sumber

American Psychological Association. Understanding Bisexuality. (2017). www.apa.org

Web MD. (2021). Bisexuality: What Does It Mean?. www.webmd.com

Healthline. (2018). What Is Bisexual? 17 Things to Know About Sex, Attraction, and More. www.healthline.com

Healthline. (2017). Cisgender: What Is It?. www.healthline.com

Healthline. (2019). Nonbinary: What Does It Mean?. www.healthline.com

Pew Research Center. (2013). Chapter 3: The Coming Out Experience. www.pewresearch.org