Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 8 Cara Ini!

Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 8 Cara Ini!

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Pengapuran tulang atau yang disebut sebagai osteoarthritis merupakan penyakit degenaratif. Umumnya pengapuran tulang menyerang bagian lutut, pinggul, punggung dan sendi kecil di jari. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pengeroposan tulang dapat terjadi seperti faktor usia, cedera sendi, dan obesitas. Jika Anda sedang mengalami pengapuran tulang, ada beberapa cara tepat mengatasi pengapuran tulang sebagai berikut:

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Meningkatkan Kepadatan Tulang

1. Aktif Bergerak

Hal paling sederhana yang bisa Anda mulai dari rumah adalah tetap aktif bergerak atau berolahraga. Anda bisa mulai melakukannya dengan membersihkan sekitar rumah untuk membuat tubuh Anda tetap aktif bergerak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dengan menjaga badan aktif bergerak dapat memperkuat otot dan tulang Anda serta membantu memperkuat sendi Anda fleksibel. Jika Anda ingin berolahraga, direkomendasikan untuk latihan aerobik supaya kalori terbakar yang akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi stres pada persendian yang menyakitkan.

2. Kurangi Berat Badan

Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, secara tidak sadar Anda telah memberikan tekanan yang luar biasa pada lutut dan pinggul yang memperburuk rasa sakit pengapuran tulang. Kelebihan berat badan menyebabkan ketegangan yang tidak semestinya pada sendi yang menahan beban seperti lutut, tulang belakang, pinggul, dan pergelangan kaki. Mengurangi berat badan bisa meredakan gejala radang sendi seperti pengapuran tulang. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan perubahan kecil dengan mengurangi porsi makan Anda.

3. Kompres Panas atau Dingin

Tidak hanya demam saja yang dapat diatasi dengan kompres. Pengapuran tulang juga bisa Anda atasi dengan kompres panas atau dingin. Salah satu jenis pengobatan alami ini disebut dengan termoterapi. Dengan meningkatkan aliran darah, kompres air panas dapat meredakan rasa sakit dan kekakuan, sedangkan kompres dingin mengurangi pembengkakan. Anda bisa mencoba keduanya untuk melihat mana yang paling coock untuk Anda.

4. Konsumsi Makanan yang Tepat

Terdapat berbagai nutrisi yang dapat membantu meringankan gejala pengapuran tulang. Makanan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan dan minyak ikan untuk meringankan rasa sakit. Anda harus melakukan diet yang seimbang. Pastikan menu Anda mencakup banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, pilihlah lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak sehat seperti minyak zaitun dan minyak kanola. Makanan-makanan tersebut telah diidentifikasi dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan, yaitu penyebab banyak rasa sakit yang terkait dengan osteoarthritis.

5. Terapi Pijat

Selain melakukan perawatan di rumah, terapi pijat atau massage ini telah terbukti menjadi pengobatan untuk pengapuran tulang dan meredakan nyeri serta kekakuan radang sendi. Otot-otot yang kejang di sekitar sendi pada osteoarthritis dapat ditenangkan dengan menggunakan terapi pijat.

Terapis pijat akan dengan ringan mengelus atau meremas otot sehingga mebuat area yang tertekan menjadi lebih hangat dan rileks. Pastikan Anda datang ke terapis pijat yang telah memiliki pengalaman merawat penderita osteoarthritis, karena bagian tulang sendi sangat sensitif dan harus ditangani dengan hati-hati. Selain itu, pijat juga dapat mencegah kejang otot di bagian tubuh lainnya.

6. Terapi Akupuntur

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengidentifikasi lebih dari 40 kondisi yang dapat diobati oleh akupuntur termasuk pengapuran tulang atau osteoarthritis. Praktik akupuntur asal Tiongkok kuno ini merupakan pengobatan untuk ostearthritis. Terapi ini dilakukan dengan cara penyisipan jarum setipis rambut ke dalam tiitk akupuntur tubuh.

Dipercaya untuk menyeimbangkan kembali aliran energi dalam tubuh. Penelitian menyatakan bahwa akupuntur lebih baik untuk pengobatan pengapuran tulang daripada tidak melakukan apa pun, tetapi mungkin tidak sebaik pengobatan lain.  

Baca Juga: Kenalilah Manfaat Akupuntur bagi Kesehatan

7. Salep dan Krim Topikal

Anda mungkin ingin mencoba salep dan krim topikal, gel dan krim ini mengandung aspirin atau analgesik untuk menghilangkan rasa sakit. Anda dapat menerapkannya langsung ke sendi yang sakit. Produk tersebut dapat bekerja dengan baik untuk area yang dekat dengan permukaan kulit misalnya bagian lutut Anda.

Obat rumah topikal lainnya adalah capsaicin. Capsaicin merupakan senyawa yang terbuat dari cabai pedas. Ini bekerja paling baik ketika Anda menerapkannya pada sendi yang menyakitkan. Untuk menghindari terkena mata, cuci tangan setelah menggunakannya. Atau Anda mungkin ingin mencoba salep lain seperti Tiger Balm atau obat gosok.

8. Obat-obatan

Terdapat beberapa obat-obatan yang dapat membantu meringankan gejala pengapuran tulang seperti asetaminofen yang telah terbukti membantu beberapa orang dengan osteoarthritis. Selain itu, obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas seperti ibuprofen dan naproxen sodium. Serta dulexetie yang biasanya digunakan sebagai antidepresan namun disetujui juga untuk mengobat nyeri kronis termasuk nyeri pada pengapuran tulang.

Baca Juga: Tips Memilih Makann untuk Tulang Kuat dan Sehat

Sumber

Halodoc. (2018). Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini. www.halodoc.com
WebMD. Osteoarthritis: 10 Tips for Self-Care at Home. www.webmd.com
EVERYDAY HEALTH. 13 Natural Treatments for Osteoarthritis. www.everydayhealth.com
Verywellhealth. Natural Osteoarthritis Pain Relief Remedies. www.verywellhealth.com
Mayo Clinic. (2019). Osteoarthritis. www.mayoclinic.org
Healthline. Natural Home Remedies for Osteoarthritis: What Works?. www.healthline.com



Add Your Comment