Gejala Tumor Otak dan Perawatannya

Gejala Tumor Otak dan Perawatannya

Penulis: Opie | Editor: Handa

Tumor otak adalah keadaan yang timbul karena adanya perkembangan jaringan yang tidak normal di dalam otak. Tumor ini relatif jarang terjadi jika dibandingkan dengan kanker payudara, paru-paru, prostat dan kolorektal. Walaupun begitu, tumor otak menyebabkan penderitaan yang cukup besar dan memiliki rasio fatalitas kasus yang juga tinggi.

Tumor otak dapat terjadi pada segala usia dan merupakan tumor yang paling umum terjadi pada anak-anak. Tumor otak juga merupakan penyebab kematian utama akibat penyakit neurologis di Inggris setelah penyakit stroke.

Gejala Tumor Otak

Tumor otak dapat menyebabkan gejala fisik dan mental. Walaupun begitu, gejalanya dapat berbeda tergantung pada jenis, lokasi, dan stadium tumor tersebut. Semakin awal mengenali gejala tumor otak yang Anda alami, semakin maksimal pula pengobatan yang dapat diberikan untuk Anda.

Secara umum, penderita tumor otak akan mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Masalah penglihatan
  • Melemahnya lengan atau kaki
  • Mual
  • Sulit berbicara
  • Sulit menelan
  • Sulit berjalan
  • Kesemutan di bagian tubuh tertentu
  • Kehilangan keseimbangan

Selain gejala fisik, tumor otak juga menimbulkan gejala psikologi atau mental, seperti:

  • Menurunya daya ingat atau mudah lupa
  • Mengalami gangguan tidur atau insomnia
  • Sulit konsentrasi
  • Perubahan suasana hati tanpa alasan yang jelas. Misalnya dari ceria menjadi sedih, depresi, atau mudah marah.
  • Sering merasa kebingungan
  • Perubahan perilaku dan kepribadian. Misalnya yang awalnya bersikap baik menjadi agresif dan mudah emosi.
  • Gangguan halusinasi

Baca Juga : Mengenal Penyebab dan Gejala Kanker Otak Glioblastoma

Perawatan Tumor Otak

Perawatan yang dilakukan untuk menghilangkan atau meringankan tumor otak, baik yang primer, metastasis, jinak maupun ganas, biasanya dengan penerapan berbagai macam tindakan. Berikut ini beberapa perawatan untuk mengatasi tumor otak:

1. Operasi

Tindakan operasi bertujuan untuk mengangkat keseluruhan atau sebagian tumor yang ada di dalam otak Anda. Pada umumnya, hal ini merupakan tindakan pertama untuk mengobati atau meringankan penyakit tumor otak tersebut.

Operasi juga seringkali menjadi satu-satunya tindakan yang dibutuhkan untuk mengatasi tumor otak tingkat rendah. Namun, operasi juga memiliki risiko yang dapat menyebabkan rusaknya fungsi neurological (seperti kemampuan berjalan, berbicara, dan lain sebagainya).

2. Terapi Radiasi

Terapi radiasi adalah terapi yang dilakukan menggunakan sinar-X berenergi tinggi dan partikel lain yang berfungsi untuk menghancurkan sel tumor. Dokter menggunakan terapi ini untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor otak.

Perawatan ini biasanya dilakukan setelah operasi dan kemungkinan juga dilakukan bersamaan dengan kemoterapi.  Walaupun begitu, dalam janga pendek, terapi ini memiliki efek samping, seperti rambut rontok, kelelahan, reaksi kulit ringan, atau sakit perut.

Baca Juga : 9 Jenis Tumor Otak yang Perlu Anda Ketahui

3. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan pengobatan yang dilakukan dengan obat-obatan yang berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor, sehingga sel-sel tumor tersebut tidak tumbuh, membelah, atau melipatgandakan diri. Efek samping dari kemoterapi tergantung pada individu dan dosis yang digunakan.

Secara umum, pengobatan kemoterapi memiliki efek samping, seperti kelelahan, risiko infeksi, mual dan muntah, rambut rontok, kehilangan nafsu makan dan diare. Walaupun begitu, efek samping ini biasanya hilang setelah perawatan selesai.

4. Laser Thermal Ablation

Laser Thermal Ablation adalah teknik terbaru untuk mengobati tumor berukuran kecil, terutama yang terletak di daerah sulit dijangkau oleh tindakan operasi sebelumnya. Penanganan ini melibatkan sebuah kateter  atau tabung kecil yang dimasukan ke dalam bagian otak untuk menemukan jaringan yang tidak normal.

Ketika Anda didiagnosa mengidap tumor otak, mungkin Anda merasa terpukul. Walaupun begitu, Anda tetap harus diskusi dengan dokter mengenai perawatan yang bisa dilakukan. Pasalnya dokter dan tenaga medis lainnya memiliki pengetahuan khusus untuk mendukung Anda dan keluarga Anda, baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga : Ketahui 9 Faktor Penyebab Tumor Otak

Sumber


American Association of Neurological Surgeons.Brain Tumors.www.aans.org 
Cancer.Net.Brain Tumor: Symptoms and Signs.www.cancer.net
Medical News Today.What are the early symptoms of a brain tumor?.www.medicalnewstoday.com
Rees, J H.2011.Diagnosis and treatment in neuro-oncology: an oncological perspective.The British journal of radiology vol. 84 Spec No. 2. www.ncbi.nlm.nih.gov
 



Add Your Comment