Panduan Mensterilkan Botol Bayi Paling Mudah dan Aman

Panduan Mensterilkan Botol Bayi Paling Mudah dan Aman

Penulis: Umi Fatimah

Ketika memikirkan perawatan bayi, menjaga kebersihan botol susu bayi mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran orang tua, terlebih jika Anda merupakan orang tua baru. Namun, mensterilkan botol susu bayi adalah langkah penting untuk melindungi Si Kecil dari paparan bakteri berbahaya.

Bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang belum berkembang sempurna sehingga rentan tertular penyakit. Terlebih lagi, susu (baik ASI maupun susu formula) adalah media sempurna di mana bakteri dapat tumbuh. Meskipun botol susu bayi terlihat bersih, masih ada kuman yang menempel di dalamnya. Inilah mengapa penting untuk mensterilkan botol susu bayi.

Lantas, kapan saja waktu yang tepat Anda perlu mensterilkan botol susu bayi, dan bagaimana caranya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kapan waktu yang tepat mensterilkan botol susu dan memberikan panduan praktis untuk mensterilkan botol susu bayi.

Baca Juga: Pahami Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

Kapan Sebaiknya Mensterilkan Botol Susu Bayi?

Sterilisasi botol susu bayi memang penting untuk menjaga kesehatan Si Kecil, terutama mencegah infeksi pada bayi. Namun, sebenarnya sterilisasi botol susu tidak perlu dilakukan setiap selesai digunakan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mensterilkan seluruh bagian botol susu setidaknya sekali sehari hingga bayi berusia kurang 3 tahun.

Para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mensterilkan botol susu sebelum digunakan pertama kali. Dengan kata lain, jika Anda baru saja membeli botol susu baru, maka Anda harus mencuci secara menyeluruh dan mensterilkan botol susu terlebih dahulu sebelum digunakan pada Si Kecil.

Sterilisasi juga diperlukan dalam beberapa kondisi tertentu, termasuk:

  • Botol susu bekas atau pinjam dari orang lain
  • Bayi prematur atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Bayi sedang sakit
  • Lingkungan tempat tinggal Anda tidak memiliki akses terhadap air minum bersih.

Jadi, selain dari kondisi di atas, Anda hanya perlu mencuci botol susu dengan air hangat dan sabun hingga bersih untuk menghindari tumbuhnya kuman pada botol susu bayi.

Cara Tepat Mensterilkan Botol Susu Bayi

Sebelum disterilkan, Anda harus mencuci botol susu secara menyeluruh terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa susu yang mengering, karena bakteri dapat tumbuh pada sisa susu. Cucilah semua bagian botol dengan bersih menggunakan air sabun hangat. Setelah mencuci, bilas setiap bagian botol susu bayi dengan air bersih mengalir.

Setelah dicuci, Anda dapat mensterilkan botol susu bayi untuk mengurangi jumlah bakteri yang tersisa. Berikut beberapa cara mensterilkan botol susu bayi sehingga Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan mudah diakses.

Sterilisasi botol susu dengan merebus

Dengan merebus botol bayi, Anda dapat membunuh kuman berbahaya praktis dan murah. Temperatur yang tinggi tidak memungkinkan bakteri ini bertahan hidup dan membuat botol susu tetap bersih.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa botol mengandung plastik yang mungkin tidak tahan jika direbus. Oleh karena itu, Anda harus selalu membaca petunjuk kemasan pada botol Anda untuk memastikan apakah botol susu tersebut dapat disterilkan sesuai metode pilihan Anda.

Tak hanya itu, metode sterilisasi botol susu dengan cara merebus ini cenderung menyebabkan botol susu lebih cepat rusak. Jadi, periksalah secara teratur apakah dot dan botol susu tidak sobek, retak, berubah warna, atau rusak.

Berikut cara tepat mensterilkan botol susu bayi dengan cara merebus:

  • Didihkan air di panci. Pastikan panci yang Anda gunakan cukup besar untuk merendam seluruh bagian botol susu.
  • Pisahkan semua bagian botol susu bayi, termasuk dot dan tutup ulirnya.
  • Lalu, masukkan semua bagian botol ke dalam air mendidih tersebut. Rendam selama 5 menit.
  • Setelah selesai, keluarkan semua bagian botol dengan hati-hati menggunakan penjepit makanan yang khusus digunakan untuk membersihkan peralatan makan bayi dan letakkan di atas tisu/lap bersih. Biarkan semua bagian botol mengering dengan sendirinya. Jangan menggosok atau menepuk-nepuk bagian botol untuk mengeringkannya, karena kuman dari handuk dapat berpindah ke bagian botol.

Mensterilkan botol susu dengan UV steriliser

Alat sterilisasi UV menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri dan kuman, sehingga menjaga botol susu bayi tetap bersih dan aman.

Memilih alat sterilisasi UV memberikan beberapa manfaat bagi Anda sebagai orang tua. Pertama, alat ini cepat dan efisien dalam mensterilkan barang (terutama botol susu bayi).

Kelebihan lainnya adalah Anda tidak memerlukan air atau bahan kimia tambahan dalam mensterilkan botol susu. Namun, terdapat kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Harga alat sterilisasi UV ini lebih mahal dan Anda perlu melakukan perawatan rutin pada mesin, seperti mengganti lampu UV.

Sebelum menggunakan alat sterilisasi, penting untuk mengikuti instruksi penggunaan mesin. Pasalnya, durasi yang dibutuhkan untuk sterilisasi botol susu dapat berbeda-beda, tergantung pada alat sterilisasi uap yang Anda gunakan.

Berikut ini cara sederhana mensterilkan botol bayi menggunakan mesin sterilisasi UV:

  • Pisahkan semua bagian botol. Buka tutup bagian atas botol dan lepaskan dotnya, beserta cincin atau katupnya.
  • Tempatkan semua bagian botol susu tersebut ke dalam alat sterilisasi UV. Pastikan botol dan dot menghadap ke bawah di dalam mesin sterilisasi.
  • Nyalakan mesin sterilisasi dan tunggu hingga durasi yang disarankan pada instruksi penggunaan mesin.
  • Setelah sterilisasi selesai, tunggu hingga mesin dingin sebelum dibuka. Keluarkan semua bagian botol susu yang telah disterilkan menggunakan penjepit makanan bersih atau jika Anda ingin mengambilnya menggunakan tangan, pastikan Anda mencuci tangan lebih dulu untuk menjaga kebersihan botol.

Jika Anda ingin menyimpan botol susu yang telah disteril, rakit botol susu kembali dan simpan di dalam wadah di tempat wadah tertutup atau lemari yang bersih untuk mencegah kontaminasi.

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda masih memiliki kekhawatiran. Dokter dapat memberikan saran dan panduan tentang metode apa yang tepat untuk merawat bayi Anda.

Baca Juga: Seberapa Amankah Penggunaan Kotak Makan dan Botol Minum Plastik?

 

Sumber

CDC. How to Clean, Sanitize, and Store Infant Feeding Items Frequently Asked Questions. cdc.gov

NHS. Sterilising baby bottles. nhs.uk

Raising Children. Bottle-feeding: cleaning and sterilising equipment. raisingchildren.net.au

Verywell Family. How and When to Sterilize Baby Bottles. verywellfamily.com

WebMD. Should You Sterilize Your Baby’s Bottles?. webmd.com