Pahami Tentang Operasi Penggantian Lutut

Pahami Tentang Operasi Penggantian Lutut

Penulis: Umi Fatimah

Jika lutut Anda rusak parah akibat radang sendi atau cedera, Anda mungkin kesulitan melakukan aktivitas sederhana, seperti berjalan atau menaiki tangga. Anda bahkan mungkin mulai merasakan sakit saat Anda sedang duduk atau berbaring.

Jika perawatan non-bedah seperti obat-obatan dan penggunaan alat bantu jalan tidak lagi membantu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan operasi penggantian lutut.

Operasi penggantian lutut merupakan prosedur pembedahan yang mengurangi rasa sakit dan memulihkan fungsi lutut pada pasien penderita radang sendi lutut yang parah. Operasi ini dilakukan dengan mengganti bagian sendi lutut dengan sendi buatan yang terbuat dari logam atau plastik.

Jika Anda sedang mencari pilihan pengobatan atau sudah memutuskan untuk menjalani operasi penggantian lutut, artikel ini akan membantu Anda memahami lebih banyak tentang operasi penggantian lutut.

Baca Juga: Waspadai Cedera Ligamen Lutut Anterior dan Cara Pengobatannya

Jenis Operasi Penggantian Lutut

Secara garis besar, ada dua jenis operasi penggantian lutut, yaitu:

1. Penggantian Lutut Total

Penggantian lutut total adalah jenis penggantian lutut yang paling umum dilakukan. Prosedur ini melibatkan sayatan berukuran 7–8 inci di atas lutut. Dokter akan mengganti 3 permukaan, yaitu ujung tulang kering, ujung tulang paha, dan bagian belakang tempurung lutut.

2. Penggantian Lutut Sebagian

Pada operasi penggantian lutut sebagian, hanya sebagian tulang dan sendi lutut yang mengalami peradangan yang diganti dengan sendi buatan. Operasi ini mirip dengan penggantian lutut total, tetapi luka pada lutut pasien akan lebih kecil dan pasien akan mendapatkan pemulihan yang lebih cepat.

Kondisi yang Ditangani oleh Operasi Penggantian Lutut

Pada dasarnya keputusan untuk menjalani penggantian lutut total merupakan pilihan “kualitas hidup”. Pasien biasanya mempertimbangkan prosedur ini ketika mereka tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari karena nyeri lutut.

Para ahli menyarankan bahwa pembedahan harus dianggap layak dilakukan hanya berdasarkan kriteria tertentu. Faktor penentunya mencakup:

  • Berusia di atas 65 tahun. Prosedur ini lebih sering terjadi pada lansia
  • Hasil rontgen menunjukkan arthritis stadium lanjut pada sendi lutut
  • Arthritis terjadi pada dua atau lebih area sendi lutut
  • Lutut tidak bisa bergerak dan terasa tidak stabil
  • Terus-menerus mengalami rasa sakit yang hebat.

Pahamilah bahwa tidak adanya karakteristik ini tidak berarti Anda tidak boleh menjalani operasi lutut dalam keadaan apa pun. Hal ini berarti bahwa mungkin ada solusi alternatif yang masih dapat dilakukan selain operasi penggantian lutut.

Baca Juga: Osteofit, Benjolan Tulang yang Tumbuh di Sekitar Persendian

Risiko Komplikasi Operasi Pengganti Lutut

Seperti prosedur bedah besar lainnya, operasi penggantian lutut dikaitkan dengan risiko medis tertentu. Meskipun jarang terjadi, komplikasi besar mungkin saja terjadi.

Komplikasi yang mungkin terjadi termasuk:

  • Infeksi
  • Pendarahan
  • Gumpalan darah
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Kerusakan saraf
  • Jaringan parut yang membatasi seberapa jauh Anda bisa menekuk lutut.

Kemungkinan risiko Anda mengalami masalah setelah operasi penggantian lutut bergantung pada tingkat keparahan masalah pada lutut dan juga kesehatan medis pasien secara keseluruhan.

Persiapan Operasi Penggantian Lutut

Pasien yang menjalani operasi penggantian lutut total akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan dan penilaian risiko bedah sebelum operasi.

Pasien juga perlu menjalani tes untuk memastikan kondisinya sehat untuk operasi. Tes-tes ini termasuk elektrokardiogram, rontgen dada, dan tes darah.

Prosedur Operasi Penggantian Lutut

Pertama, pasien akan mendapatkan anestesi umum agar tertidur selama operasi. Kemudian, dokter membuat sayatan di bagian depan lutut dan menggerakkan tempurung lutut pasien ke samping sehingga bisa mencapai sendi lutut di belakangnya.

Dokter mengangkat tulang rawan yang rusak dan sebagian tulang dari permukaan sendi lutut pasien. Setelah mengangkat tulang rawan dan tulang lutut yang rusak, dokter menempelkan sendi buatan ke tulang pasien.

Selanjutnya, tempurung lutut dipasang kembali pada tempatnya. Tahap terakhir, dokter menutup luka di lutut pasien menggunakan jahitan atau klip dan menutupnya dengan perban.

Setelah operasi, pasien akan tinggal di ruang pemulihan sampai benar-benar bangun. Pasien juga diberikan obat-obatan untuk mengatasi rasa sakit.

Operasi penggantian lutut biasanya menghabiskan waktu sekitar 60–90 menit, tetapi pasien harus berada di ruang operasi selama lebih dari 2 jam.

Pasca Operasi Penggantian Lutut

Setelah menjalani operasi penggantian lutut, beberapa pasien diperbolehkan pulang ke rumah pada hari yang sama ketika mereka menjalani operasi. Sementara beberapa pasien lainnya akan tinggal di rumah sakit beberapa hari.

Untuk membantu mencegah penggumpalan darah, kemungkinan besar pasien perlu mengonsumsi obat pengencer darah dan mengenakan penutup khusus pada kaki untuk waktu yang singkat setelah operasi.

Keberhasilan operasi sangat bergantung pada apa yang Anda lakukan di rumah untuk membantu pemulihan Anda. Ahli terapi fisik akan mengajari Anda latihan untuk membuat lutut Anda lebih kuat dan membantunya menekuk.

Penting untuk melakukan terapi tersebut secara teratur. Anda mungkin perlu menggunakan alat bantu jalan selama beberapa minggu setelah operasi.

Kebanyakan pasien yang mengikuti petunjuk pemulihan dapat kembali melakukan hampir semua aktivitas normal sehari-hari dalam waktu 3 hingga 6 minggu setelah operasi.

Berapa Lama Sendi Buatan Bertahan?

Sendi buatan diharapkan dapat berfungsi setidaknya selama 15 hingga 20 tahun pada 85% hingga 90% pasien. Namun, sendi buatan tersebut tidak bertahan selamanya.

Setelah 15–20 tahun, sendi buatan mungkin menjadi longgar atau aus. Tergantung pada pasiennya, hal ini mungkin tidak menimbulkan gejala, atau dapat menyebabkan nyeri, partikel implan yang lepas, ketidakstabilan lutut, atau infeksi.

Bila gejala tersebut muncul, dokter menyarankan untuk melakukan operasi revisi pada lutut yang sama. Secara keseluruhan, operasi revisi lutut hampir selalu dapat dilakukan dengan sukses. Namun, hasil revisi penggantian lutut biasanya tidak sebaik penggantian lutut pertama kali.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjalani operasi penggantian lutut, konsultasikan dengan dokter tentang risiko dan manfaatnya. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan apakah penggantian lutut tepat untuk Anda.

Baca Juga: Tips Atasi Nyeri Sendi Lutut di Rumah

 

Sumber

Cleveland Clinic. Knee Replacement. my.clevelandclinic.org

Medline Plus. Knee Replacement. medlineplus.gov

NHS. How a knee replacement is done. nhs.uk

OrthoInfo. Total Knee Replacement. orthoinfo.aaos.org

UW Medicine. Total Knee Replacement: A Patient’s Guide. orthop.washington.edu