Pahami Manfaat Terapi Air Putih Ala Orang Jepang

Pahami Manfaat Terapi Air Putih Ala Orang Jepang

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Terapi air putih Jepang konon mendapatkan namanya karena banyak digunakan oleh kalangan masyarakat Jepang dalam pengobatannya. Terapi ini hanya memerlukan minum air saat perut masih kosong setelah bangun tidur, yang dimaksudkan untuk membersihkan sistem pencernaan dan mengontrol kesehatan usus.

Terapi air putih ini meliputi langkah-langkah berikut yang harus dilakukan secara berulang setiap hari, antara lain:

  • Minumlah sekitar 3 sampai 4 cangkir sekitar 160 ml air dengan suhu ruangan, diminum dalam keadaan perut kosong saat bangun tidur, sebelum menyikat gigi, dan tunggu sekitar 45 menit sebelum sarapan.
  • Setiap kali makan, ambil waktu hanya 15 menit saja, dan tunggu selama 2 jam sebelum Anda kemudian ingin makan dan minum apa pun.

Menurut para pegiat terapi air ala Jepang, metode ini harus dilakukan pada periode  berbeda untuk mengatasi kondisi yang berbeda pula, berikut adalah beberapa contohnya:

  • Untuk sembelit, 10 hari.
  • Untuk tekanan darah tinggi, 30 hari.
  • Untuk Diabetes tipe 2, 30 hari.
  • Untuk kanker, 180 hari.

Meskipun minum lebih banyak air dapat membantu sembelit dan menurunkan tekanan darah, tidak ada bukti bahwa terapi air ala Jepang dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 atau pun kanker. Namun, dengan minum lebih banyak air dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Air Putih Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari

1. Peningkatan asupan air yang baik

Terapi air ala Jepang berarti mengharuskan Anda minum beberapa gelas air dalam sehari, sehingga memungkinkan Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang memadai dalam tubuh memiliki banyak manfaat, termasuk:

  • Aktivitas otak yang optimal.
  • Tingkat energi yang berkelanjutan.
  • Pengendalian suhu tubuh dan tekanan darah dengan baik.

Selain itu, minum lebih banyak air mineral dapat membantu Anda mencegah sembelit, sakit kepala, dan batu ginjal. Kebanyakan dari Anda memang akan merasa cukup dengan hanya minum untuk memuaskan dahaga saja. Namun, jika Anda sangat aktif, memiliki pekerjaan di luar ruangan, atau tinggal di iklim panas, Anda mungkin lebih perlu untuk minum lebih banyak air.

2. Asupan kalori lebih rendah

Mempraktikkan terapi air Jepang dapat membantu Anda menurunkan berat badan melalui pembatasan kalori. Terutama jika Anda mengurangi minuman yang mengandung pemanis seperti jus buah atau soda, maka asupan kalori Anda secara otomatis akan berkurang.

Selain itu, dengan mengikuti jendela makan yang teratur seperti hanya menghabiskan waktu 15 menit saja per makan, kemudian Anda dianjurkan untuk tidak makan lagi selama 2 jam. Hal ini dimaksudkan untuk dapat membatasi asupan kalori.

Dengan minum lebih banyak air juga dapat membantu Anda merasa kenyang. Penelitian tentang pengaruh asupan air pada penurunan berat badan sangat beragam, dalam beberapa penelitian ditemukan hasil yang positif, dan yang lain tidak memperlihatkan efek.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Organ terbesar Anda, yaitu kulit memiliki kandungan 30% air tubuh sehingga asupan air yang tepat dapat menjaga kulit tetap kenyal dan lentur, serta mencegah hilangnya kelembaban kulit.

Jika asupan air sangat rendah, kulit Anda akan kehilangan elastisitasnya. Agar tekstur dan warna kulit tetap sehat dan bercahaya, Anda dapat menjaga dan mempertahankan kesehatan kulit dengan menggunakan metode terapi air Jepang.

4. Membersihkan sistem dan membuang racun dari tubuh

Minum banyak air memungkinkan organ ginjal Anda untuk membuang kotoran yang ada dalam sistem tubuh Anda. Dan untuk mengeluarkan racun dari tubuh, ginjal membutuhkan cukup air. Organ tersebut membuang limbah dari aliran darah, sehingga darah yang bersih dan beroksigen diperoleh oleh ginjal Anda. Selain itu, kulit juga menerima nutrisi penting dan oksigen dari darah, yang membuat kulit Anda tampak bercahaya dan kenyal.

Efek Samping dan Pencegahan

Kemungkinan efek samping terkait dengan terapi air ala Jepang termasuk:

  • Ketika Anda minum air dalam jumlah berlebihan dalam waktu singkat, keracunan air atau overhidrasi dapat terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh hiponatremia dalam darah Anda, atau kadar garam yang rendah karena cairan berlebihan dapat mengencerkan garam dalam darah. Masalah kesehatan ini cenderung parah dan dapat mengakibatkan kematian, tetapi sangat jarang terjadi pada Anda yang memiliki ginjal yang sehat, karena organ tersebut dapat membuang kelebihan cairan dengan cepat.
  • Untuk Anda yang memiliki gangguan ginjal, atau pada atlet ketahanan, dan pada orang yang menyalahgunakan obat perangsang termasuk berisiko tinggi mengalami hiponatremia.
  • Agar lebih aman, sebaiknya jangan minum lebih dari 1 liter cairan setiap jam, karena ini merupakan jumlah maksimal yang dapat ditangani sekaligus oleh ginjal Anda yang sehat.
  • Kerugian lain dari terapi air ala Jepang ini adalah waktu yang sangat terbatas, karena peraturannya tentang waktu makan hanya dalam jarak waktu 15 menit.
  • Pembatasan kalori dapat menyebabkan menurunkan jumlah kalori yang tubuh Anda butuhkan untuk dibakar, sehingga memicu lonjakan hormon ghrelin (hormon pengatur rasa lapar), kondisi dimana meningkatnya sensasi lapar.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Putih yang Dikonsumsi dengan Rutin dan Cukup

Sumber

Healthline. (2020). Japanese Water Therapy: Benefits, Risks, and Effectiveness. www.healthline.com

Medicover Hospitals. (2021). Japanese Water Therapy. www.medicoverhospitals.in

NDTV FOOD. (2018). This Japanese Water Therapy is the Key to Losing Weight and Staying Healthy!. food.ndtv.com

Medical News Today. (2020). What happens if you drink too much water?.  www.medicalnewstoday.com