Pahami Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

Pahami Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

Penulis: Umi Fatimah

Membuat bayi sendawa mungkin terdengar seperti hal sepele. Padahal tindakan ini merupakan bagian penting dari proses menyusui, baik Si Kecil diberi ASI maupun susu formula.

Saat bayi menyusu, Si Kecil cenderung menelan udara bersama dengan susu yang ditelannya. Udara yang terperangkap ini dapat menimbulkan kembung dan rasa tidak nyaman hingga mengakibatkan Si Kecil rewel.

Dengan membuat bayi sendawa, Anda bisa membantu membuang sebagian udara yang cenderung ditelan bayi saat menyusu. Pada artikel ini, kami memberikan panduan lengkap tentang cara tepat membuat bayi bersendawa, termasuk alasan mengapa hal itu penting dan kapan waktu yang tepat membuat bayi sendawa.

Kapan Harus Membuat Bayi Sendawa?

Pada dasarnya tidak ada aturan kapan Anda harus membuat bayi sendawa. Hal ini karena setiap bayi memiliki kebutuhan spesifik yang berbeda, ada bayi yang perlu bersendawa saat menyusu dan ada pula bayi yang perlu sendawa setelah menyusu.

Jadi, penting untuk memperhatikan sinyal yang diberikan oleh Si Kecil ketika sedang menyusu dan setelah menyusu. Jika bayi terlihat tidak nyaman saat menyusu, istirahatlah sebentar untuk membuat Si Kecil bersendawa. Namun, jika Si Kecil tampak baik-baik saja saat menyusu, tunggu hingga bayi selesai menyusu untuk menyendawakan Si Kecil.

Baca Juga: Perhatikan Jam Tidur Anak untuk Perkembangannya

Cara Tepat Membuat Bayi Bersendawa

Ada tiga cara dasar untuk membuat bayi bersendawa, yaitu digendong tegak, duduk dipangkuan, dan tengkurap di pangkuan Anda. Pilihlah salah satu yang paling nyaman dan efektif untuk membuat sendawa pada bayi Anda. Apapun posisi yang Anda pilih, letakkan kain sendawa di dekat mulut Si Kecil untuk berjaga-jaga jika Si Kecil gumoh.

1. Posisi Digendong Tegak

Posisi klasik untuk membuat bayi bersendawa adalah dengan menggendong bayi sehingga kepalanya berada di atas bahu Anda dan perutnya menempel pada Anda. Selain cocok untuk menyendawakan bayi yang tertidur saat menyusu, posisi ini juga berguna jika Anda perlu membangunkan bayi untuk melanjutkan menyusunya.

Mulailah dengan menggendong bayi dalam posisi tegak dengan kepala Si Kecil bertumpu pada bahu Anda. Topang/gendong bayi dengan meletakkan satu tangan Anda. Lalu, gunakan tangan Anda satunya lagi untuk menepuk punggung Si Kecil dengan lembut. Pastikan Anda menangkupkan tangan Anda sedikit saat menepuk punggung Si Kecil agar tepukan Anda tidak terlalu keras.

Ingatlah bahwa bayi gumoh saat bersendawa adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda memperhatikan otot-ototnya berkontraksi dan gumohnya lebih mirip muntah, pastikan untuk menghubungi dokter.

Jika Si Kecil belum bersendawa setelah langkah pertama ini, coba lakukan ke posisi lain.

2. Posisi Duduk Dipangkuan Anda

Dudukkan Si Kecil dipangkuan Anda. Saat menggunakan posisi ini, penting untuk memastikan kepala dan dagu Si Kecil tertopang, karena bayi belum siap untuk mengangkat kepalanya sendiri.

Dengan menggunakan satu tangan Anda, topang badan Si Kecil dengan memegang dagu dan dadanya. Selanjutnya, usap atau tepuk dengan lembut punggung Si Kecil dengan tangan Anda satunya lagi secara berulang-ulang hingga ia bersendawa.

3. Posisi Tengkurap Dipangkuan Anda

Sambil duduk, baringkan bayi dalam posisi tengkurap di pangkuan Anda. Sangga/topang dagu Si Kecil (jangan memberikan tekanan pada area tenggorokan bayi) dan posisikan kepalanya lebih tinggi dari badannya. Lalu, gunakan tangan Anda satunya lagi untuk mengusap atau menepuk punggung bayi dengan lembut.

4. Posisi Sambil Berjalan

Jika ketiga cara di atas belum dapat membuat bayi bersendawa, Anda bisa mencoba menyendawakan bayi sambil berjalan.

Gendong Si Kecil dalam posisi tegak dan sandarkan di dada Anda. Sambil Anda berjalan perlahan, tepuk atau usap punggung Si Kecil dengan lembut. Gerakan ini dapat merangsang terjadinya sendawa, terutama pada bayi yang diberi susu botol.

Perlu Anda ingat bahwa untuk mencegah perut kembung pada bayi, Si Kecil mungkin perlu berhenti menyusu beberapa kali agar bisa bersendawa. Mulailah dengan membuat Si Kecil bersendawa setiap kali Anda berganti payudara jika sedang menyusui atau setiap 60 hingga 90 mililiter jika Anda memberikan susu formula di botol.

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan, tetapi Si Kecil masih sulit sendawa atau perutnya terasa kembung, cobalah baringkan Si Kecil telentang dan pijat perutnya dengan lembut dengan gerakan memutar. Cara kedua, baringkan Si Kecil dan cobalah gerakkan kakinya ke depan dan ke belakang, seperti sedang mengendarai sepeda.

Jika kedua tips ini tidak berhasil, konsultasikan dengan dokter untuk memberi saran mengenai pilihan alternatif menyendawakan dan mengatasi kembung pada bayi.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Sering Kentut

Kapan Berhenti Menyendawakan Bayi?

Tidak ada usia pasti untuk berhenti membuat bayi bersendawa. Namun, seiring bertambahnya usia Si kecil dan sistem pencernaannya menjadi lebih matang, bersendawa tidak lagi menjadi suatu keharusan.

Anda mungkin akan melihat perubahan ini sekitar 4 hingga 6 bulan ketika Si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat atau MPASI. Oleh karena itu, jika Anda masih melihat Si Kecil mengeluarkan gas, lanjutkan dengan bersendawa dan teknik pereda gas lainnya sampai Anda merasa hal tersebut tidak diperlukan.

Kami berharap panduan di atas dapat membantu Anda membuat bayi Anda bersendawa selama waktu menyusu untuk memastikan Si Kecil lebih nyaman. Ingatlah bahwa setiap bayi mempunyai kebutuhan yang unik dan tidak semua metode berhasil untuk Si Kecil.

Penting untuk mengamati bayi Anda dan mencoba berbagai teknik menyendawakan bayi untuk mengetahui teknik mana yang paling nyaman bagi mereka. Selalu berkonsultasi dengan dokter anak jika Anda tidak yakin tentang teknik manapun atau jika bayi Anda tampak tidak nyaman, kolik, dan/atau terlihat kesakitan saat bersendawa.

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Gangguan Pencernaan pada Bayi

 

Sumber

Healthline. Illustrated Guide for Burping Your Sleeping Baby. healthline.com

Kids Health. Burping Your Baby. kidshealth.org

NHS. Burping your baby. nhs.uk

Unicef. Baby basics: How to burp your baby. unicef.org

Verywell Family. Everything You Need to Know About Burping Your Baby. verywellfamily.com