Pahami Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

Pahami Cara Tepat Membersihkan Botol Susu Bayi

Penulis: Umi Fatimah

Menyusui bayi merupakan proses penting yang harus dilakukan setiap ibu setiap beberapa jam, terutama pada enam bulan pertama ketika bayi sepenuhnya bergantung pada susu. Baik itu ASI maupun susu formula, bayi cenderung menyusu secara teratur sepanjang hari, yang tentunya menjadi tantangan besar bagi orang tua baru.

Masyarakat umumnya beranggapan bahwa memberi susu botol kepada bayi itu mudah dan cepat, tetapi kenyataannya masih ada hal lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Saat memberi susu di botol, hal penting yang tidak boleh dianggap remeh adalah cara membersihkan botol susu bayi untuk menjaga kebersihan terbaik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara tepat yang perlu dilakukan dalam membersihkan botol susu bayi.

Baca Juga: Susu Formula untuk Bayi Prematur : Pemilihan Susu dan Perawatan Botol Susu

Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Botol Susu Bayi?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, Anda harus membersihkan dan mensterilkan botol susu bayi dan peralatan makan bayi lainnya setiap kali selesai digunakan. Hal ini penting untuk dilakukan terutama jika bayi Anda berusia di bawah 3 bulan, lahir prematur, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena suatu penyakit atau perawatan medis (seperti HIV, kanker, atau kemoterapi).

Selain itu, jika Si Kecil tidak menghabiskan susunya dalam 2 jam, sebaiknya buang sisa susu, karena formulasi susu berubah setelah kontak dengan udara selama beberapa waktu.

Jika Anda memberikan susu yang telah disimpan selama beberapa jam, Si Kecil dapat mengalami masalah dalam mencerna susu, yang menyebabkan nyeri kolik. Jadi, buatlah susu formula atau tuang ASI ke dalam botol susu bayi dalam jumlah cukup yang bisa dihabiskan Si Kecil sekaligus. Jika tersisa, buang sisa susu dan dan langsung cuci botol susu bayi.

Jangan menambahkan sisa susu dengan yang baru. Mengapa? Karena kuman dapat berkembang dengan cepat jika Anda menambahkan lebih banyak ASI atau susu formula ke dalam botol yang sudah digunakan atau jika Anda hanya membilas botolnya saja dan tidak membersihkannya dengan baik. Jadi, penting bagi Anda untuk mencuci botol susu bayi setelah digunakan.

Baca Juga: Pahami Bahaya Memberikan Air Putih pada Bayi

Panduan Tepat Mencuci Botol Susu Bayi Secara Manual

Langkah pertama dalam panduan membersihkan botol susu bayi adalah mencucinya secara menyeluruh setiap kali selesai digunakan. Disarankan untuk segera membersihkan botol setelah anak selesai menyusu. Berikut beberapa tips mencuci botol bayi yang sederhana dan tepat.

Cara mencuci botol susu bayi secara manual

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik.
  2. Pisahkan semua bagian botol, termasuk dot dari tutup ulirnya.
  3. Bilas seluruh bagian botol susu bayi dengan air mengalir.
  4. Tempatkan semua bagian botol di baskom atau wadah bersih yang hanya Anda gunakan untuk perlengkapan makan Si Kecil. Hindari mencuci botol bayi langsung di wastafel, karena kuman di wastafel dapat mencemari botol dan peralatan bayi lainnya.
  5. Isi baskom dengan air hangat dan sabun cuci piring hingga semua bagian botol terendam.
  6. Gosok semua bagian botol dengan sikat botol bersih (gunakan sikat yang hanya untuk membersihkan botol susu bayi). Anda juga bisa membalik bagian dalam dot, lalu sikat dengan air sabun.
  7. Setelah itu, bilas semua bagian botol dengan air mengalir.
  8. Letakkan semua bagian botol susu bayi di atas kertas bersih atau handuk dapur yang belum terpakai hingga kering. Jangan menggosok atau menepuk-nepuk bagian botol hingga kering, karena kuman dari handuk piring dapat berpindah ke bagian botol.

Cara mencuci botol susu bayi di mesin pencuci piring

  1. Pisahkan seluruh bagian botol.
  2. Bilas semua bagian botol dengan air mengalir.
  3. Tempatkan semua bagian botol tersebut di dalam mesin pencuci piring. (Masukkan ke dalam keranjang tertutup atau kantong cucian jaring untuk mencegahnya bagian kecil dari botol susu bayi jatuh ke dalam filter mesin pencuci piring).
  4. Nyalakan mesin pencuci piring menggunakan mode air panas.
  5. Setelah selesai, cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir. Lalu keluarkan semua bagian botol susu bayi dari mesin pencuci piring. Letakkan di atas tisu bersih dan biarkan hingga benar-benar kering (jangan digosok atau dikeringkan dengan handuk karena dapat menyebarkan kuman).

Pengeringan dan Penyimpanan Botol Susu Bayi

Langkah selanjutnya setelah membersihkan botol susu bayi adalah pengeringan dan penyimpanan. Anda sebaiknya mengeringkan setiap bagian botol susu bayi sepenuhnya sebelum digunakan dengan meletakkan botol yang sudah disterilkan di atas tisu bersih.

Setelah bagian-bagian botol susu benar-benar kering, simpanlah di tempat yang aman atau wadah tertutup untuk meminimalkan paparan udara.

Kapan pun Anda perlu menggunakan botol susu bayi, cuci tangan Anda hingga bersih lalu keluarkan semua bagian botol, rakit botol dengan benar, dan Anda siap menggunakannya.

Jangan lupa, Anda juga harus membersihkan sikat, wadah, dan rak yang Anda gunakan untuk membersihkan dan mengeringkan botol susu bayi, ya! Hal ini untuk menjaga semuanya tetap bersih dan bebas kuman.

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa Naik Pesawat?

 

Sumber

CDC. How to Clean, Sanitize, and Store Infant Feeding Items Frequently Asked Questions. cdc.gov

Family Doctor. Preparing for Parenthood: Cleaning bottles. familydoctor.org

Pregnancy Birth Baby. Cleaning and sterilising baby bottles. pregnancybirthbaby.org.au

Raising Children. Bottle-feeding: cleaning and sterilising equipment. raisingchildren.net.au