Olahraga Bisa Bantu Hilangkan Jerawat Membandel

Image: dietdoctor.com

Berjuang hilangkan jerawat memang tidak mudah. Kadang, segala upaya sudah dilakukan namun hasilnya belum terlihat maksimal.

Sekarang, coba anda mulai rutin berolahraga. Sebab selain baik untuk kesehatan tubuh, olahraga juga mempengaruhi kesehatan kulit dan bantu hilangkan jerawat. Terdengar aneh? Tentu tidak setelah anda pahami penjelasan berikut ini.

1. Olahraga Menurunkan Stres

Image: myhealthbeijing.com

Pernah anda perhatikan bahwa jerawat muncul di kala stres? Hal ini dikarenakan stres memicu hormon kortisol terbentuk. Kemudian hormon tersebut mendorong dihasilkannya sebum oil (minyak). Minyak itu akhirnya mengendap pada pori-pori, meradang, serta jadi tempat berkembangnya bakteri yang sebabkan jerawat.

Hal sebaliknya terjadi jika anda rutin untuk berolahraga. Alasannya saat olahraga, tubuh memproduksi hormon beta-endorphin. Hormon ini memicu rasa senang, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tingkat kecemasan dan gejala depresi.

Jadi dengan menurunnya tingkat stres, maka tingkat kortisol pun ikut menurun. Efeknya produksi minyak berlebih penyebab jerawat bisa dihindari.

Baca Juga: Olahraga Rutin untuk Hilangkan Stress Berlebih

2. Memperlancar Nutrisi Kulit

Image: Klaresca.com.au

Pada saat olahraga, jantung berdetak lebih kencang. Artinya peredaran darah ke setiap sel kulit jadi lebih lancar. Darah ini lah yang membawa oksigen ke sel kulit dan memelihara fungsinya.  Tidak lupa juga membuang kulit mati agar kulit tetap lembut serta sehat.

3. Olahraga Bantu Membersihkan Pori-Pori

Image: freeimage.com

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa jerawat disebabkan karena tersumbatnya pori-pori. Baik karena minyak, kulit mati, maupun bakteri.

Kabar baiknya keringat yang keluar saat berolahraga bisa bantu bersihkan kotoran atau minyak yang mengendap. Sehingga pori-pori bersih dan tidak berpotensi berjerawat. Supaya berhasil, disarankan untuk berolahraga sedang-berat (jogging, renang, badminton) selama 20 menit.

Terakhir, jangan lupa untuk segera cuci wajah dan badan setelah berolahraga. Sebab jika dibiarkan, malah keringat tersebut yang mengendap dan jadi biang jerawat.

Jadi mulai lah untuk rutin berolahraga supaya jerawat makin cepat hilang. Pastikan anda pakai sunblock jika berolahraga di luar ruangan. Kalau tidak, bukannya berkurang jerawat malah akan bertambah banyak!

Baca Juga: Apa Bedanya? Sunblock vs Sunscreen

Sumber:

10 Lifestyle Steps to Help Your Acne. (2014). www.webmd.com

All About Acne: Diet and Exercise. (2018). www.acne.org.au

How long Should I Exercise to Have Acne? (2017). www.livestrong.com

Can Exercise Get Rid of Acne and Scars? (2017). www.livestrong.com