Apa itu Akupresur dan Manfaatnya untuk Tubuh?

Apa itu Akupresur dan Manfaatnya untuk Tubuh?

Penulis: Lady | Editor: Umi

Mungkin Anda masih asing dengan istilah akupresur, perawatan ini menerapkan prinsip yang sama dengan akupuntur yaitu untuk meningkatkan relaksasi dan kesehatan tubuh Anda. Bedanya dengan akupuntur, akupresur tidak menggunakan jarum untuk terapi. Akupresur merupakan salah satu terapi pengobatan tradisional Tiongkok.

Selain untuk relaksasi, akupresur juga bertujuan untuk keseimbangan saluran energi tubuh dan mengatur kekuatan yang berlawanan dari energi negatif ke energi positif sehingga menjadi terapi yang sangat baik untuk pikiran, emosi dan jiwa Anda.

Pada saat melakukan akupresur, Anda harus berbaring dan terapis akan memijat secara lembut titik-titik tertentu pada tubuh Anda. Terapis akan menggunakan jari tangan, telapak tangan, siku, kaki atau alat khusus yang memberikan tekanan pada titik akupresur. Biasanya akupresur dilakukan sekitar satu jam, tetapi jika ingin hasil terbaik, Anda bisa melakukannya lebih dari satu jam.

Anda juga bisa melakukan akupresur sendiri dengan cara menekan jari dalam gerakan berputar atau gerakan naik turun selama beberapa menit. Tetapi sebelum melakukannya sendiri, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter atau terapis terlebih dahulu. Beberapa titik umum pada tubuh berikut ini bisa Anda lakukan akupresur sendiri, yaitu:

  • Usus besar 4 (LI 4): Titik ini terdapat diantara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Titik ini baik untuk menghilangkan stres, sakit kepala, sakit gigi, sakit pada wajah dan leher. Namun bagi ibu hamil, pijatan ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kontraksi.
  • Hati 3 (LR 3): Titik ini terletak di bagian atas kaki Anda, yaitu antara jempol kaki dan jari kaki berikutnya. Titik ini sangat baik untuk mengurangi stres, nyeri pada punggung, tekanan darah tinggi, nyeri tungkai, sulit tidur atau insomnia, dan gangguan emosi.
  • Limpa 6 (SP 6): Titik ini terdapat di sekitar tiga jari di atas pergelangan telapak kaki Anda. Titik ini sangat membantu Anda yang memiliki gangguan urologis dan panggul serta dapat menghilangkan rasa lelah dan insomnia. Pijatan pada titik ini juga tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang hamil.

Baca Juga : Penyebab Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Manfaat Akupresur untuk Tubuh

Akupresur memiliki sejumlah manfaat lain bagi tubuh Anda. Berikut ini adalah 9 manfaat akupresur yang bisa Anda peroleh.

1. Penghilang Rasa Sakit Alami

Dilansir dari The Good Body, akupresur dapat merangsang produksi endorfin yang membantu memblokir sinyal rasa sakit yang mencapai otak. Ketika tekanan diterapkan pada titik yang sesuai di area tubuh yang sakit (seperti dalam kasus sakit kepala), tubuh merespon dengan melepaskan penyumbatan sirkulasi darah di daerah tersebut sehingga membantu menghilangkan rasa sakit.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian di Taiwan pada tahun 2018 dilakukan untuk melihat dampak akupresur terhadap detak jantung dan tekanan darah. Hasil penelitian menunjukkan setelah 30 menit menyelesaikan perawatan, tekanan darah dan detak jantung secara signifikan lebih rendah.

3. Meringankan Cedera Olahraga

Penelitian yang dilakukan University of Otago menunjukkan bahwa akupresur bisa meredakan rasa nyeri yang diderita oleh atlet dengan cedera akut. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika mengalami cedera saat berolahraga yang memiliki akses terbatas ke perawatan medis.

4. Relaksasi Otot

Perawatan akupresur melibatkan stimulasi titik-titik tekanan dalam tubuh yang membantu pikiran Anda berfungsi lebih baik. Dalam kepercayaan pengobatan Cina, akupresur akan membuat meridian (energi Chi yang tersebar dalam tubuh) menjadi tidak terblokir yang membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga membantu menurunkan tingkat stres.

5. Sistem Kekebalan Tubuh

Akupresur dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi dapat dengan cepat diserap oleh tubuh dan dapat digunakan untuk fungsi metabolisme tubuh.

Selain itu, perawatan ini juga membantu dalam detoksifikasi dengan memungkinkan sistem limfatik (salah satu bagian penting dari imunitas tubuh) untuk mengalirkan cairan yang mungkin membawa limbah atau racun di dalam tubuh.

Baca Juga : 6 Tips Aman Olahraga di Masa Kehamilan

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Akupresur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dengan manfaatnya yang melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu tubuh menjadi lebih rileks. Cara ini juga dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki insomnia.

7. Perawatan wajah

Tekanan yang diberikan selama terapi akupresur dipercaya dapat mengencangkan otot-otot wajah, merangsang aliran darah, dan membantu memproduksi kolagen sehingga dapat mencegah wajah Anda dari penuaan dini. Akupresur bahkan digunakan dalam perawatan kecantikan untuk mengurangi munculnya keriput.

8. Mengatasi Mual

Hasil penelitian dalam Journal of Midwifery & Women’s Health menunjukkan, bahwa para wanita yang menerima perawatan akupresur mengalami mual¬†yang lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang tidak menerima akupresur. Bahkan akupresur dapat membantu meredakan nyeri haid yang melibatkan kram perut (dismenore).

9. Efektif Membantu Penyembuhan Lebih Cepat

Karena memiliki beragam manfaat, seperti melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan energi kekuatan tubuh, akupresur dapat membantu menyembuhkan penyakit. Bahkan melakukan akupresur secara teratur dapat memperbaiki ketidakseimbangan fungsional organ tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat secara alami.

Meskipun begitu, Anda harus memahami untuk tidak sepenuhnya mengganti perawatan medis dan metode yang disarankan oleh dokter. Hasil akupresur akan bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat keparahan kondisi, usia pasien, dan tingkat keahlian terapis.

Baca Juga : Wajib Tahu! Manfaat Akupuntur untuk Kesehatan

Sumber

WebMD. Acupressure Points and Massage Treatment. www.webdm.com
Explore Integrative Medicine. Acupressure for Beginners. www.exploreim.ucla.edu
Rogel Cancer Center Michigan Medicine. Acupressure. www.rogelcancercenter.org
Shape. Everything You Ever Wanted to Know About Acupressure. www.shape.com
Acupuncture Massage College. What Are the Benefits of Acupressure? www.amcollege.edu
Very Well Health. The Benefits and Uses of Acupressure. www.verywellhealth.com



Add Your Comment