7 Obat Gatal Alami Efektif Redakan Ruam dan Gatal

7 Obat Gatal Alami Efektif Redakan Ruam dan Gatal

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Ada banyak penyebab kulit terasa gatal, bisa jadi akibat dari kondisi kulit, seperti eksim, herpes, psoriasis, atau bisa jadi merupakan tanda penyakit menular, seperti kudis atau kurap

Kulit gatal bisa membuat badan terasa tidak nyaman dan membuat frustrasi. Untungnya, banyak pengobatan alami dan rumahan yang dapat membantu meredakan gatal. Langkah-langkah berikut bisa Anda terapkan, namun sesuaikan juga dengan permasalahan dan kondisi kulit.

1. Gunakan Minyak Angin Mentol

Mentol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tanaman mint. Tanaman ini memiliki efek mendinginkan dan dapat membantu menghilangkan rasa gatal. 

Minyak mentol yang digabungkan dengan minyak angin akan memberikan sensasi dingin, dan berguna untuk mengurangi rasa gatal, khususnya karena gigitan serangga.

2. Es Batu

Mengompres bagian yang gatal dengan es batu yang dibalut handuk tipis atau air basah yang dingin selama 5-10 menit akan membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan rasa gatal. Kompres dengan es batu dapat menenangkan kulit yang gatal dan sensasi dinginnya akan membuat bagian kulit yang gatal menjadi lebih tenang

3. Mandi dengan Oatmeal

Kandungan avenanthramides dalam oatmeal dapat menenangkan kulit yang gatal dan  membantu menyegel kelembapan. Oatmeal juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya membantu mengurangi iritasi kulit.

Cara menggunakan oatmeal untuk perawatan kulit yang gatal yaitu dengan menghaluskan 250 gram oatmeal higga berbuntuk bubuk. Lalu larutkan dalam bak mandi berisi air hangat, dan aduk hingga larut. Gunakan larutan oatmeal untuk berendam selama 20 menit. Cara kedua, Anda juga bisa menambahkan sedikit air pada oatmeal hingga berbentuk pasta, kemudian gosok kulit seperti menggunakan scrub tubuh.

4. Minyak Kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa sangat baik untuk melembabkan kulit, dan juga bisa membantu menyembuhkan gatal. Minyak kelapa mengandung anti-inflamasi dan antihistamin. Kedua komponen ini membantu meredakan gatal pada kulit.

Baca Juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa bagi Kesehatan dan Kecantikan

5. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga membantu menyembuhkan berbagai jenis masalah kulit, termasuk permasalahan kulit gatal. Gel di dalam lidah buaya kaya akan vitamin E yang membantu melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Lidah buaya juga mengandung antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi tanda-tanda gatal.

6. Madu

Madu adalah obat rumahan yang efektif untuk melembabkan kulit kering, untuk mencegah infeksi kulit dan juga meredakan gatal karena mengandung humektan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

7. Minyak Biji Bunga Matahari 

Minyak biji bunga matahari adalah bahan pelembab lain yang biasa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit. Konsentrasi asam linoleatnya yang tinggi dalam minyak ini cukup efektif untuk meredakan gatal khususnya karena jamur.

Jika gatal Anda tidak hilang dengan obat alami di atas, konsultasikan dengan dermatologis atau dokter kulit untuk menemukan penyebabnya dan meredakan gatal yang dirasakan.

Baca Juga: Penting! Ketahui 7 Penyebab Miss V Terasa Gatal

 

Sumber

AAD. How to Relieve Itchy Skin. www.aad.org

Medical News Today. 2020. How to relieve itching. www.medicalnewstoday.com

EMediHealth. 2020. What Causes Itchy Skin. www.emedihealth.com

 



One Comment Hide Comments

Add Your Comment