7 Tanda Kalau Nyeri Haid Normal Atau Tidak

Image: veywellhealth.com

Setiap bulan, wanita yang telah mengalami pubertas mengalami haid/menstruasi. Haid merupakan proses luruhnya lapisan dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi. Pendarahan melalui vagina pun terjadi akibat proses tersebut.

Apakah Wajar Nyeri Menjelang dan Saat Haid?

Nyeri dan kram pada bagian bawah perut, paha, serta pinggul menjelang dan saat haid disebut dismenore. Hal tersebut terjadi karena kontraksi otot rahim agar lapisannya meluruh. Kontraksi tersebut dipicu oleh hormon prostaglandins yang memang bertugas untuk kontraksi otot. Maka dari itu, semakin tinggi kadar prostaglandins, nyeri kram pun semakin parah.

Rasa sakit sendiri bersifat subjektif, artinya ketahanan setiap orang terhadap rasa sakit tersebut berbeda-beda. Namun, saat nyeri dan kram haid benar-benar mengganggu dan tidak dapat ditoleransi lagi, sebaiknya anda memeriksakan diri.

Berikut adalah cara membedakan nyeri haid normal dan tidak. Namun anda tidak diperkenankan melakukan self diagnosis. Pemeriksaan dan tes lebih lanjut diperlukan untuk deteksi suatu penyakit.

Cara Membedakan Nyeri Haid Normal dan Tidak

Normalnya nyeri haid tidak berlangsung lebih dari 2 atau 3 hari

Nyeri dan kram biasanya terjadi 1-2 hari sebelum haid dan berakhir di hari ke 2 atau 3.  Jika nyeri dan kram terjadi hingga akhir periode haid, tentu tidak normal.

Seperti yang diketahui, selama sebulan lapisan dinding rahim menumpuk untuk berikan tempat yang “empuk dan nyaman” bagi pembuahan sel telur.

Rasa nyeri diakibatkan oleh kontraksi otot untuk meluruhkan dan menekan pembuluh darah. Prostaglandin pun dilepaskan dan memicu respon peradangan.

Hanya saja tingkat nyerinya akan berkurang seiring habisnya lapisan dinding rahim tersebut. Jika nyeri serta kram konstan berlangsung selama haid (Dari awal hingga akhir), anda sebaiknya memeriksakan diri.

Nyeri haid yang sangat parah dan mengganggu bisa jadi tidak normal

Walaupun kram dan nyeri saat haid, normalnya tidak akan mengganggu aktivitas harian. Anda masih bisa bekerja, sekolah, maupun beraktivitas normal lainnya.

Bila kram buat aktivitas anda terhambat karena sangat nyeri, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Memang rasa nyeri dan kram juga dipengaruhi beberapa hal seperti usia (lebih memburuk ketika tua), fisik yang lemah, dan aktivitas fisik yang berat. Namun tetap saja anda punya batas hingga rasa sakit tersebut benar-benar tidak tertahankan.

Nyeri haid tidak normal saat obat tanpa resep tidak mempan

Beberapa wanita menekan rasa sakit dengan bantuan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas tanpa resep, misalnya ibuprofen dan acetaminophen. Cara tersebut sah saja selama masih dosis dan aturan yang tertera.

Jangan pernah menambah dosis obat dengan anggapan obat yang dijual bebas adalah aman. Tetap mengacu pada dosis tertera. Apabila obat tersebut tidak mempan, ada baiknya mulai waspada.

Banyak wanita menahan rasa sakit dan menganggapnya normal. Padahal dibalik rasa sakit berlebihan tersebut bisa jadi karena endometriosis. Namun mengira-ngira tidak akan berbuah hasil. Satu-satunya cara adalah konsultasi dengan dokter dan melakukan tes atau laparoskopi untuk hasil yang lebih pasti.

Baca Juga: 8 Tips Alami Atasi Nyeri Kram Haid Tanpa Obat

Demam, mual, muntah, diare, dan pusing berat terasa akan pingsan

Kram dan nyeri haid yang normal tidak akan sampai membuat anda demam atau pingsan. Terlebih jika disertai mual, muntah, dan diare hebat. Segera periksakan diri jika anda alami hal tersebut.

Hal yang akan ditanyakan dokter biasanya terkait siklus haid dan gejala yang dirasakan. Mungkin anda juga akan melakukan tes pelvis untuk ketahui penyebab secara pasti.

Kram menyakitkan dan pendarahan yang kental

Ketika menstruasi anda sangat sakit disertai pendarahan yang kental dan banyak, anda patut khawatir. Sebab hal tersebut sangat tidak lazim.

Segera konsultasi ke dokter, terutama jika ada riwayat penyakit rahim dalam keluarga seperti fibroid rahim. Dokter akan lakukan tes, pemeriksaan ultrasound, dan meresepkan obat penahan nyeri.

Jangan terlambat untuk deteksi dini dan kesehatan diri anda sendiri.

Nyeri dan kram pada daerah panggul walau tidak haid

Rasa tidak nyaman, nyeri, dan kram menjelang dan beberapa hari pertama haid memang normal. Tapi lain halnya jika berlangsung diluar periode haid.

Bisa jadi itu tanda adanya masalah.

Pasalnya semestinya tidak ada kontraksi di luar periode haid. Tanda lainnya adalah nyeri saat berhubungan seks. Hindari seks yang menyakitkan karena dapat sebabkan kram haid yang tidak normal

Tanda lain jika haid tidak normal adalah adanya bercak di antara hari haid, siklus tidak teratur, susah hamil, dan nyeri tidak tertahankan di salah satu sisi.

 

Sumber:
How to Know If your Period Cramps Are Normal. 2016. https://www.self.com/story/period-cramps-whats-normal
Health Check: Are painful Periods Normal? 2017. https://theconversation.com/
6 Reasons Your Period Cramps Hurt So Bad. 2018. https://www.womenshealthmag.com/health/Dysmenorrhea (Period Pain: Menstrual Cramps). 2018. https://www.myvmc.com/diseases/
6 SIgns Your Period Cramps Are Not Normal. 2018. https://www.verywellfamily.com/