Nutrisi Penting bagi Ibu Hamil dan Manfaatnya

Image : www.happyfamilyorganics.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Jika Anda berada di fase awal kehamilan, pasti Anda akan segera mencari tahu nutrisi apa yang diperlukan untuk kesehatan ibu hamil, dan khususnya untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Apa yang Anda konsumsi selama kehamilan akan memengaruhi kesehatan Anda dan bayi Anda. Berbagai nutri penting perlu diperhatikan asupannya untuk memastikan Anda dan bayi tetap sehat. Nutrisi yang tepat juga membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel otak bayi Anda.

Berikut nutrisi – nutrisi penting yang perlu Anda perhatikan di masa kehamilan.

1. Nutrisi Pembentukan Otak

Nutrisi yang paling penting bagi janin adalah nutrisi untuk pembentukan otak, karena hal tersebut akan berfungsi jangka panjang seumur hidup Anak. Nutrisi ini perlu diperhatikan sejak bayi dalam kandungan hingga di dua tahun pertama kehidupan mereka.

Masa penting dalam pembentukan otak bayi adalah selama trisemester pertama kehamilan. Di bulan ke-3 kehamilan, sel saraf otak bayi dalam kandungan tumbuh cepat hingga mencapai 250.000 sel saraf baru per-menitnya. Di waktu inilah, nutrisi pembentukan otak menjadi sangat penting. Sebab ini akan membentuk cara berpikir, perasaan, kecepatan memproses informasi, memori, atensi, kemampuan belajar, kemampuan analitis dan multi-tasking.

Nutrisi yang penting untuk pembentukan otak janin yaitu asam folat, omega 3 (termasuk DHA), zinc, iron, vitamin, dan mineral.

Baca Juga : Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Bayi dalam Kandungan

2. Nutrisi untuk Pertumbuhan

Nutrisi yang juga penting yaitu untuk pertumbuhan atau kesehatan bayi sacara menyeluruh, yang juga berguna untuk mengurangi risiko abnormalitas dan risiko kelahiran prematur. Nutrisi tersebut dapat dikelompokan menjadi dua :

  • Nutrisi Makro : adalah nutrisi yang mengandung energi/kalori (karbohidrat, protein, dan lemak). Nutrisi makro yang paling penting untuk pertumbuhan janin adalah protein dan omega 3.
  • Nutrisi Mikro : adalah nutrisi tanpa kalori (vitamin dan mineral). Nutrisi mikro yang paling penting untuk pertumbuhan janin adalah asam folat, zinc, kalsium, choline, iron, iodine, vitamin D, Vitamin B6 dan B12.

3. Mencegah Abnormalitas

Nutrisi yang terjaga untuk pertumbuhan dan perkembangan otak, berarti otomatis juga sekaligus mencegah terjadinya abnormalitas yang disebabkan tidak sempurnanya pertumbuhan.

4. Kesehatan Ibu Hamil

Bukan sekedar untuk janin, nutrisi optimal dan pola makan yang baik juga diperlukan untuk kesehatan ibu hamil. Ibu yang sehat lebih berpotensi melahirkan bayi yang sehat.

Baca Juga : 5 Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Anak

Cara Mencukupi Nutrisi dan Energi Ibu Hamil

Pada trisemester pertama, makanlah sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Saat trisemester kedua tambahkan 300 – 350 kalori per hari. Pada trisemester ketiga tambahkan 400 – 450 kalori per hari. Namun, perhatikan juga nutrisi pada makanan ibu hamil.

Untuk mendapatkan protein, folat, zinc, iron, choline, iodine, dan vitamin caranya pastikan selalu ada menu daging, ikan laut, ayam, telur, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Jangan lupa juga untuk selalu minum susu Nutrisi omega 3 paling baik diperoleh dari ikan salmon, karena paling minim merkuri. Selain itu salmon juga lebih sehat karena ikan omega 3 lain seperti sarden, tuna dan makarel lebih tinggi merkuri dan banyak dijual dalam kemasan kaleng.

Ibu hamil juga harus memastikan makanannya segar dan dimasak matang untuk menghindari keracunan makanan dari bakteri dan parasit.

Baca Juga : Pengertian DHA & EPA, Apa Manfaatnya bagi Perkembangan Anak?

 

Sumber :
Health Line. Nutritional Needs During Pregnancy. www.healthline.com
Mayo Clinic. (2017). Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients. www.mayoclinic.org
Nutrition. Nutrition for Pregnancy. www.nutrition.org.uk