Musim Hujan Tiba, Cegah Demam Berdarah dengan 6 Langkah Berikut

Image : www.indiatimes.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Virus demam berdarah yang ditularkan nyamuk aedes aegypti menimpa jutaan orang setiap tahun. Gejala demam berdarah agak mirip dengan flu atau demam. Karena itu juga, banyak yang mengira hanya demam biasa. Infeksi virus demam berdarah dapat mengancam jiwa jika tidak diobati tepat waktu.

Penting untuk mewaspadai demam tinggi yang terjadi lebih dari 3 hari. Segera periksa ke dokter untuk mewaspadai demam berdarah. Jika penanganan terlambat, demam berdarah bisa menjadi fatal hingga bisa kehilangan nyawa.

Nyamuk aedes aegypti yang menyebarkan virus demam berdarah ini sebagian besar aktif di siang hari dan terutama pada pagi dan sore hari. Nyamuk ini juga berkembang biak dengan cepat saat musim hujan tiba.

Tindakan pencegahan yang benar harus dilakukan agar mencegah penyebarannya. Bagaimana pencegahannya? Berikut langkah-langkah mencegah demam berdarah saat musim hujan tiba.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Demam Biasa dengan Demam Berdarah

1. Tutupi Semua Wadah Berisi Air

Nyamuk dapat secara cepat berkembang biak jika terdapat tempat-tempat yang ada airnya. Jangan biarkan ada genangan air yang terbuka di mana pun, baik di dalam atau di sekitar rumah. Jentik-jentik nyamuk hidup di air yang tergenang.

Jika di rumah Anda terdapat bunga hidup yang ada di vas bunga dengan air, ganti air didalamnya setidaknya seminggu sekali agar nyamuk tidak dapat berkembangbiak disana. Tutup selalu bak mandi di dalam rumah Anda, dan jangan biarkan ada air menggenang di tempat cuci Anda.

2. Tutup Permukaan Tanah yang Berlubang

Saat hujan turun, air hujan akan menggenang di permukaan tanah atau jalanan yang berlubang. Hal ini tentu saja menjadi salah satu penyebab nyamuk dapat bertambah banyak.

Jika tanah di sekitar rumah Anda memiliki lubang atau cekungan, Anda dapat menutupnya dengan tanah atau menambalnya menggunakan semen. Intinya, hindari segala sesuatu yang dapat menampung air saat hujan turun.

3. Tutup Pintu dan Jendela Rumah

Nyamuk penyebab demam berdarah biasanya sangat aktif ketika pagi dan sore hari. Dengan menutup semua akses masuk nyamuk ke rumah Anda, hal tersebut dapat mencegah nyamuk masuk dan menularkan virusnya.

Namun, jika Anda khawatir kurangnya sirkulasi udara, pasang kelambu nyamuk di jendela kamar atau ruangan rumah Anda. Ini akan mencegah nyamuk masuk meski jendela terbuka.

4. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Kedua hal tersebut sangat efektif karena nyamuk tidak akan menggigit Anda untuk beberapa saat. Aroma dari anti nyamuk ini sangat dibenci nyamuk. Saat ini tersedia banyak sekali lotion anti nyamuk yang dijual, baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Ada baiknya selalu menggunakannya, karena saat musim hujan nyamuk penyebar virus demam berdarah sangat banyak.

5. Gunakan Baju Berlengan Panjang

Gunakan baju lengan panjang dan celana panjang karena dapat mencegah Anda digigit nyamuk, dan tentunya juga akan membuat Anda tetap hangat. Tapi perlu juga diingat, nyamuk sangat suka warna gelap, jadi gunakan pakaian berwarna cerah.

6. Gunakan Obat Nyamuk Bakar atau Aerosol

Aroma dan asap obat nyamuk bakar mungkin sedikit mengganggu keseharian Anda saat digunakan. Jangan menyalakan obat nyamuk bakar di dalam ruangan tertutup supaya tidak mengganggu pernafasan. Anda dapat menggunakan obat nyamuk bakar di depan pintu rumah Anda supaya asapnya tidak terus terjebak dalam rumah dan menghambat pernafasan.

Obat nyamuk aerosol juga bisa jadi alternatif yang lebih praktis. Saat ini obat nyamuk aerosol juga tersedia dengan aroma yang harum, sehingga tidak membuat ruangan berbau obat serangga.

Baca Juga : 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Diketahui

Dua produk tersebut terbukti dapat membunuh nyamuk secara efektif. Langkah-langkah ini semua akan membantu melindungi masyarakat dari bahaya penyakit demam berdarah.

Terlepas dari langkah-langkah tersebut di atas, tingkatkan juga kekebalan tubuh Anda dengan mengkonsumsi banyak vitamin untuk membantu Anda membangun daya tahan tubuh yang lebih baik terhadap penyakit.

Baca Juga : 9 Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

 

Sumber :
Hongkong Government Press Release. (2001). Precaution against dengue fever. www.gov.hk
Health Xchange. How to Protect Your Home From Dengue Mosquitos. www.healthxchange.sg
Government of South Australia. Dengue fever – including symptoms, treatment and prevention. www.sahealth.sa.gov.au
Apollo Clinic. (2017). Precautions You Must Take To Prevent Dengue. www.apolloclinic.com