Mulut Terasa Pahit? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Mulut Terasa Pahit? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Penulis: Justina | Editor: Ratna

Anda tentu pernah merasakan sensasi rasa pahit yang muncul usai makan makanan pedas atau asam. Namun, jika rasa pahit ini bertahan lama atau terjadi secara tidak terduga, Anda harus waspada. Hal ini karena jika ada rasa pahit kronis yang terus menerus Anda rasakan di mulut, terlepas dari apa yang Anda makan atau minum merupakan hal yang tidak normal dan dapat menunjukkan salah satu dari beberapa kondisi gangguan kesehatan. Artikel ini akan membahas tentang penyebab mulut terasa pahit.

Penyebab Mulut Pahit

Mulut terasa pahit bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti berikut ini.

1. Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia terjadi saat mulut tidak dapat menghasilkan cukup air liur. Hal ini karena air liur berfungsi untuk membantu mengurangi bakteri pada mulut, sehingga jika produksi air liur berkurang maka akan ada lebih banyak bakteri pada mulut. Xerostomia juga bisa menimbulkan rasa lengket dan kering pada mulut, yang juga dapat disebabkan karena pengaruh obat-obatan atau penggunaan tembakau.

2. Masalah Gigi

Kebersihan gigi yang buruk dapat menimbulkan sensasi rasa pahit pada mulut. Tak hanya itu, hal tersebut juga meningkatkan risiko terjadinya infeksi, dan penyakit gusi.

3. Kehamilan

Rasa pahit seperti rasa logam pada mulut juga merupakan keluhan umum yang dirasakan wanita selama trimester pertama kehamilan. Hal ini karena hormon dalam tubuh mengalami fluktuasi selama kehamilan. Sensasi rasa pahit yang Anda rasakan pada mulut mungkin bisa mengganggu Anda, tetapi jangan khawatir karena biasanya kondisi ini akan hilang kemudian hari meski masih hamil atau setelah melahirkan.

4. Sindrom Mulut Terbakar

Sindrom mulut terbakar adalah suatu kondisi dimana terjadi sensasi terbakar dalam mulut. Sensasi akibat sindrom mulut terbakar ini bisa bervariasi pada beberapa orang, tetapi banyak yang menggambarkannya mirip seperti makan cabai pedas. Namun, ada beberapa orang yang mengalami rasa pahit atau tengik pada mulut.

5. Menopause

Saat menopause, para wanita juga bisa mengalami sensasi rasa pahit pada mulut karena kadar estrogen yang menjadi lebih rendah di dalam tubuh.

6. GERD

GERD dapat menimbulkan rasa pahit dan busuk pada mulut yang bisa bertahan bersama gejala lainnya. Hal ini terjadi karena otot atau sfingter pada bagian atas perut menjadi lemah lalu asam dari lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Kenali Tanda Asam Lambung Naik agar Dapat Penanganan Tepat

7. Sariawan

Infeksi akibat jamur yang terjadi pada mulut sering menimbulkan bintik-bintik putih atau bercak muncul pada lidah, mulut, atau tenggorokan. Hal tersebut dapat menimbulkan sensasi rasa pahit yang tidak enak sampai infeksi tersebut diobati.

8. Stres dan Cemas

Tingkat stres dan cemas yang tinggi dapat menimbulkan respons dalam tubuh yang mampu mengubah indera perasa seseorang. Kecemasan dapat membuat mulut jadi kering yang dapat menimbulkan rasa pahit dalam mulut.

9. Kerusakan Saraf

Indera perasa terhubung langsung ke saraf otak. Kerusakan saraf dapat menimbulkan perubahan cara seseorang untuk merasakan suatu rasa.

Cara Mengatasi Mulut Terasa Pahit

Apapun yang menyebabkan mulut terasa pahit, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba meminimalkan gejala yang timbul. Berikut cara pengobatan rumahan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mulut yang terasa pahit.

1. Minum Banyak Air

Mencukupi asupan cairan tubuh dapat membantu memperbaiki kondisi mulut yang kering dan meningkatkan buang air kecil. Anda juga bisa mengonsumsi jus lemon untuk membantu mengurangi rasa tidak enak dan pahit pada mulut.

2. Jaga Kebersihan Mulut

Cobalah untuk lebih disiplin menjaga kebersihan mulut dengan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur dan menggunakan obat kumur anti bakteri.

3. Kumur dengan Larutan Khusus

Beberapa orang ada yang merekomendasikan untuk berkumur menggunakan larutan yang dibuat dari setengah sendok teh garam ditambah satu sendok teh soda kue.

4. Kurangi Makan Pedas

Hindari masakan yang ada rasa pedas atau berlemak karena dapat memicu refluks asam. Bahkan, meski bukan disebabkan karena GERD, refluks asam lambung akan semakin memperburuk gejala yang Anda alami.

5. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan efek atau gejala yang timbul dari mulut yang terasa pahit.

Untuk perawatan jangka panjang, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter. Dokter akan menanyakan gejala yang Anda alami, riwayat kesehatan, obat-obatan yang diminum serta melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga bisa meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan uji kondisi yang mendasari seperti diabetes mellitus. Perawatan yang diberikan tentunya akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasari atau penyebab lain yang menimbulkan rasa pahit.

Baca Juga: Mulut Sering Terasa Pahit? Ketahui 9 Penyebabnya

Sumber

Healthgrades. (2021). Bitter Taste in Mouth. www.healthgrades.com

Healthline. (2019). What Causes a Bitter Taste in the Mouth?. www.healthline.com

Medical News Today. (2020). Why do I have a bitter taste in my mouth?. www.medicalnewstoday.com

Verywell Health. (2020). Causes of a Sour or Bitter Taste in the Mouth – Dygeusia. www.verywellhealth.com