Lidah Berwarna Putih? Ini 8 Cara untuk Mengatasinya

Lidah Berwarna Putih? Ini 8 Cara untuk Mengatasinya

Penulis: Opie | Editor: Handa

Lidah adalah organ berotot yang terletak di dasar mulut dan berfungsi sebagai alat bantu menelan, berbicara, serta mengunyah. Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda dengan lapisan putih tipis di atasnya.

Sebaliknya, jika Anda memiliki lapisan putih yang cukup tebal, atau bercak putih di lidah, maka Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk mengatasinya. Hal ini karena ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lidah berwarna putih. Berikut ini beberapa cara mengatasi lidah berwarna putih berdasarkan faktor penyebabnya:

1. Lidah Putih Akibat Kurang Menjaga Kebersihan

Lidah putih yang disebabkan oleh penumpukan kotoran di mulut dapat diobati dengan menjaga kebersihan mulut dengan teratur. Cara-cara sederhana untuk mengobati lidah putih meliputi:

  • Minum lebih banyak air, hingga delapan gelas sehari.
  • Sikat gigi menggunakan sikat gigi yang lembut.
  • Gunakan pasta gigi fluoride ringan — yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate (deterjen).
  • Gunakan obat kumur yang mengandung fluoride atau anti jamur.
  • Sikat lidah Anda atau menggunakan scraper lidah untuk menghilangkan lapisan putih. Jika Anda tidak memiliki alat pengikis lidah, Anda dapat menggunakan sendok.
  • Gunakan sedotan saat minum minuman dingin.
  • Hindari zat yang bisa mengiritasi lidah Anda seperti alkohol dan rokok. Hindari juga makanan dan minuman yang pedas, asin, asam atau bersuhu sangat panas.
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa resep jika Anda merasa tidak nyaman.

2. Kandidiasis Mulut

Kandidiasis mulut (oropharyngeal candidiasis) adalah keadaan medis yang disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans. Jamur jenis ini lazim berada di area mulut manusia, namun menjadi masalah ketika tumbuh terlalu banyak.

Kondisi tersebut menyebabkan ketidakseimbangan sistem imun, kehamilan, atau keadaan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda mungkin memerlukan obat anti jamur yang diresepkan oleh dokter.

3. Sifilis

Jika lidah putih yang terjadi pada Anda diakibatkan oleh sifilis, maka kondisi ini tidak bisa hilang dengan sendirinya. Bahkan jika tidak mendapatkan perawatan dengan tepat, kondisi ini dapat merusak sistem saraf Anda dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius.

Untuk mengobati sifilis, biasanya dokter akan memberikan suntikan antibiotik tunggal (penisilin). Namun, jika menderita sifilis selama lebih dari setahun, Anda mungkin memerlukan hingga tiga kali suntikan.

Baca Juga : 

4. Leukoplakia

Leukoplakia merupakan reaksi terhadap iritasi kronis pada hal-hal tertentu, seperti tembakau. Kondisi ini ditandai dengan adanya bercak putih atau plak yang menempel dalam area rongga mulut dan tidak dapat dihapus.

Sebagian besar kasus leukoplakia tidak mengancam dan cenderung sembuh setelah Anda membatasi asupan alkohol, berhenti merokok, dan membersihkan mulut secara rutin. Namun, jika keadaan ini tidak kunjung mereda, sebaiknya kunjungi dokter gigi untuk mengantisipasi risiko kanker mulut atau masalah serius lainnya.

5. Oral Lichen Planus (OLP)

OLP biasanya tidak memerlukan pengobatan secara khusus. Namun, jika dalam keadaan parah, dokter akan meresepkan steroid berbentuk semprot atau pembersih mulut dalam bentuk pil steroid yang dilarutkan ke dalam air.

6. Kanker Mulut

Jika Anda berisiko tinggi terkena kanker mulut, dokter kemungkinan akan menghilangkan bercak putih di lidah Anda dengan operasi. Dokter bedah Anda mungkin menggunakan pisau bedah, laser atau metode lain, seperti cryotherapy. 

7. Lidah Berbulu

Dokter Anda mungkin tidak akan langsung merawat lidah Anda yang berbulu, melainkan fokus pada perawatan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah. Pada kasus ini, biasanya dokter akan meresepkan obat antivirus, seperti valacyclovir atau famciclovir.

8. Lidah Geografis

Tidak ada perawatan khusus untuk mengobati lidah geografis. Namun, Anda perlu menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan Anda tidak nyaman.

Biasanya, obat jamur mulut dapat memberi sedikit kelegaan dari ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir, karena keadaan ini tidak berisiko menjadi kanker.

Baca Juga : 9 Penyebab Lidah Berwarna Putih

Sumber


Cleveland Clinic.White Tongue.www.my.clevelandclinic.
Emedihealth.2020.Self-Care Tips and Home Remedies to Treat a White Tongue.www.emedihealth.com 
Medicine Net. Thrush.www.medicinenet.com
Wijaya, R.E., 2015. Gambaran Lesi yang Diduga Leukoplakia Akibat Kebiasaan Merokok pada Sopir. Pharmacon, 4(4).www.unsrat.ac.id 
 



Add Your Comment