Mengobati Jerawat dengan Minyak Zaitun

Mengobati Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penulis: Devita | Editor: Ratna

Perlu perawatan dan perhatian khusus untuk mengatasi kulit berjerawat. Bekas jerawat seperti bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, dan bopeng yang ditinggalkan jerawat mungkin membuat Anda tidak nyaman. Jerawat yang meradang harus diredakan dan bekasnya yang mengganggu harus dihilangkan.

Salah satu yang bisa Anda coba untuk mengobati jerawat adalah minyak zaitun. Sejak zaman dahulu minyak zaitun berguna sebagai bahan makanan dan perawatan tubuh seperti produk kecantikan. Pengolesan minyak zaitun ke wajah dan rambut berguna untuk melembabkan dan melindungi kulit. Karena efek tersebut, minyak zaitun dijadikan salah satu bahan dalam sabun, scrub bibir, scrub kulit, dan lotion. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Fungsi Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

Selain membantu meredakan pertumbuhan jerawat sendiri, minyak zaitun juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk mengatasi bekas jerawat:

1. Meratakan Warna Kulit Setelah Jerawat Meradang

Minyak zaitun dapat membantu meratakan warna kulit yang biasanya lebih menggelap pada area yang radang karena jerawat. Perawatan wajah dengan bahan yang mengandung minyak zaitun dan niacinamide bisa mengoptimalkan pemerataan warna kulit.

2. Mengobati Bekas Jerawat yang Berlubang

Merawat bekas jerawat yang berlubang lebih sulit dibandingkan meratakan warna kulit sebab lubang tersebut harus tertutup agar tekstur kulit menjadi rata. Sebelum melakukan perawatan bekas jerawat berlubang menggunakan minyak zaitun, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Menggunakan minyak zaitun secara perlahan dapat mendukung perataan tekstur kulit.

3. Membantu Membersihkan Riasan Wajah

Minyak zaitun dikenal sebagai pembersih wajah yang baik untuk mengangkat sisa riasan di wajah. Cara penggunaan dengan menuangkan minyak zaitun ke kapas, kemudian oleskan ke wajah untuk membersihkan sisa make up. Setelah dirasa bersih, Anda bisa sambil memijat wajah Anda dengan lembut. Sifat minyak lebih baik untuk mengangkat riasan wajah dengan mudah. Biasanya produk pembersih make up membuat kulit kering, namun dengan menggunakan minyak zaitun, kulit akan menjadi lembap. Minyak zaitun sangat efektif untuk menghancurkan zat lilin seperti maskara dan eyeliner waterproof.

4. Melembapkan Kulit Wajah

Kulit yang sehat dan lembap bisa mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya jika kulit Anda kering bakteri dapat berkembang biak dan kulit yang kering dapat menutup pori-pori sehingga menyumbat minyak dan memicu jerawat. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan minyak zaitun ke wajah. Minyak zaitun yang kaya akan antioksidan dan vitamin E dapat menjaga kulit dari kekeringan sehingga meminimalisir timbulnya jerawat.

5. Mengandung Efek Antibakteri

Efek antibakteri pada minyak zaitun baik sebab bisa mencegah peradangan pada jerawat karena infeksi bakteri. Walau penelitian mengenai antibakteri pada minyak zaitun sedikit,  namun beberapa orang percaya asalkan tidak mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung pada saat jerawat masih meradang. Efek antibakteri ini lebih baik digunakan untuk pencegahan jerawat.

Fungsi Lain Minyak Zaitun untuk Kulit

  • Menjaga Kulit dari peradangan. Sifat antioksidan minyak zaitun melindungi sel-sel kulit peradangan.
  • Mencegah penuaan dini. Minyak zaitun kaya akan vitamin A, D, K dan E, serta squalene yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kulit yang merupakan penyebab percepatan penuaan kulit.
  • Menyembuhkan luka. Triterpen yang terdapat dalam banyak minyak tumbuhan dan khususnya minyak zaitun, membantu dalam reaksi biologis seperti yang diperlukan untuk penyembuhan luka: migrasi sel, proliferasi sel, dan deposisi kolagen. Selain itu, dapat meningkatkan perbaikan luka dengan mengurangi lamanya waktu untuk penutupan luka.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Sumber

Grapevine Birmingham. Olive Oil For Acne Scarring Is It Effective?. www.grapevinebirmingham.com

Healthline (2018). Can Olive Oil Treat Acne?. www.healthline.com

Medical News Today (2018). Is olive oil a good moisturizer for your face?. www.medicalnewstoday.com

Verywell Health (2019). Does Olive Oil Heal Acne Scars?. www.verywellhealth.com