Siwak: Pahami Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Siwak: Pahami Kandungan dan Manfaatnya untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Penulis: Devita | Editor: Handa

Kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor penting penunjang penampilan. Untuk menjaganya, tidak bisa hanya dengan sikat gigi. Anda perlu melakukan pengecekan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi , flossing gigi dengan dental floss, berkumur menggunakan obat kumur bahkan Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti siwak.

Siwak adalah ranting dari tanaman beraroma khas yang memiliki nama latin Salvadora persica. Tanaman ini umumnya dikenal sebagai arak di Arab. Berbagai manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut membuat siwak banyak digunakan.

Berdasarkan penelitian di Saudi Journal of Biological Science tahun 2020, siwak diteliti sebagai anti plak, anti gingivitis (radang gusi), serta anti kariogenik. Selain itu, siwak diketahui dapat membantu menyembuhkan luka pada gingiva, memberikan efek putih,mengawetkan rantai ortodontik dan menjaga kesehatan mulut.

Kandungan Siwak

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa siwak yang berbentuk batang kayu banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan apa saja yang terkandung di dalamnya?

Siwak mengandung kurang lebih 19 bahan aktif yang membantu memperkuat gigi dan menjaga kesehatan gigi serta mulut. Berbagai bahan alami tersebut, yaitu:

  • Alkaloid  Salvadorine dan trimethylamine yang memiliki efek antibakteri
  • Silika, sebagai abrasif alami yang mampu menghilangkan noda
  • Kalsium, klorida, dan florida. Penting untuk perawatan gigi. Florida membantu memperbaiki mineral pada struktur gigi.
  • Resin, mencegah karies dengan membentuk lapisan pelindung di atas enamel.
  • Tanin, berfungsi sebagai astringen alami, merangsang produksi air liu
  • Minyak atsiri: memberikan rasa dan keharuman yang ringan, merangsang produksi air liur, dan membantu meredakan perut kembung
  • Saponin
  • Flavanoid
  • Sterol
  • Sulfur
  • Vitamin C

Baca Juga : Doyan Makan Petai? Ketahui Manfaat Petai bagi Kesehatan

Manfaat Siwak

Berikut ini beberapa manfaat siwak untuk kesehatan mulut dan gigi:

1. Melawan Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi terjadi ketika penutup putih mengkilap pada gigi (enamel) rusak. Penyebabnya adalah kumpulan bakteri dari sisa makanan yang terkumpul di mulut.

Solusi efektif untuk melawan kerusakan ini adalah air liur. Air liur membantu mengatasi kerusakan pada gigi dengan mencegah penumpukan zat asam dan memberi waktu pada gigi untuk memperbaiki dirinya sendiri. Siwak telah dikenal sebagai bahan alami tambahan untuk membantu meningkatkan produksi air liur.

Selain itu, menggunakan siwak dapat membantu meningkatkan kekuatan enamel gigi karena manfaat kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat dan kalsium oksida yang terdapat pada siwak. Kandungan tersebut juga membantu pemutihan gigi.

2. Melindungi dari Plak dan Karang Gigi

Plak adalah lapisan tidak berwarna namun kadang kekuningan dari bakteri yang menempel pada sela gigi dan gusi. Penumpukan plak dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi yang bisa menjadi penyakit gusi dan kehilangan gigi di masa mendatang.

Cara termudah untuk mencegah penumpukan karang gigi dan plak adalah menyikat gigi secara teratur dan benar. Menggunakan siwak sebagai cara tambahan juga bisa membantu mencegah plak dan karang.  Siwak  bersifat antibakteri sehingga mencegah bakteri menumpuk di gigi dan gusi.

3. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Bau mulut secara medis dikenal sebagai halitosis, yaitu pertanda dari banyak masalah gigi seperti penyakit gusi, gigi berlubang, dan kurangnya produksi air liur. Aktivitas antibakteri pada siwak membantu  meningkatkan produksi air liur di mulut adalah obat yang efektif untuk bau mulut.

Selain itu, karena siwak merupakan bahan alami, penggunaan ranting beraroma ini  akan melepaskan senyawa tertentu yang menghasilkan aroma ringan khas siwak. Penggunaan siwak membuat mulut terasa bersih dan napas segar.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami

4. Melawan Bakteri dan Kuman Berbahaya di Mulut\

Menurut studi Jurnal Frontier in Microbiology tahun 2016, lebih dari 600 milyar bakteri bersarang di mulut. Bakteri tersebut terdiri dari bakteri baik dan buruk yang tersebar di gigi, lidah, langit-langit dan amandel.

Bakteri baik membantu pemecahan makanan dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan bakteri jahat akan secara aktif merusak gigi dan gusi, sehingga menyebabkan gigi berlubang, karang gigi, penyakit gusi, dan periodontitis.

Siwak mengandung sejumlah senyawa antibakteri aktif yang melawan pertumbuhan bakteri. Itulah mengapa seseorang yang sering menggunakan siwak jarang mengalami masalah pada gigi dan mulut.

5. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu menjaganya dalam kondisi baik. Kondisi apa pun yang mempengaruhi gigi juga terjadi di gusi.

Salah satunya penumpukan plak memengaruhi gusi, seperti halnya memengaruhi gigi. Siwak bermanfaat mencegah pembentukan plak dan karang gigi sehingga secara signifikan mengurangi kemungkinan radang gusi dan periodontitis, serta menjaga kesehatan gusi Anda.

Cara Menggunakan Siwak

Menggunakan siwak sangat mudah, Anda hanya perlu menganggapnya sebagai sikat gigi tambahan. Ikuti langkah-langkah berikut supaya Anda bisa menggunakan siwak dengan benar:

  • Potong siwak sekitar 1,5 cm dengan pisau
  • Kunyah siwak beberapa kali
  • Sikat gigi dengan siwak ke atas dan ke bawah
  • Jika siwak kering, rendam dalam air selama beberapa jam hingga lembab.

Jaga selalu kesehatan gigi Anda. Manfaatkan siwak sebagai cara tambahan perawatan gigi dan mulut Anda. Kesehatan dan kebersihan oral yang terjaga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk mencegah kerusakan gigi yang parah.

Baca Juga : 8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

Sumber

Saudi Journal of Biological Science (2020). Miswak and oral health: An evidence-based review. www.sciencedirect.com
Stylecraze (2020). 7 Amazing Health Benefits Of Miswak. www.stylecraze.com
Frontiers in Microbiology (2017). Porphyromonas gingivalis: An Overview of Periodontopathic Pathogen below the Gum Line. www.ncbi.nlm.nih.gov
Miswak Club. Simple Guide on How To Use Siwak. www.miswakclub.com